close
Pengembangan Diri

Tips Mengurangi Perilaku Buruk Pada Dirimu Menjadi Lebih Baik

Oke guys, pada artikel kali ini kita bakal bahas beberapa tips untuk mengurangi perilaku buruk yang ada pada dirimu. Setiap orang mungkin memiliki perilaku buruk yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain. Perilaku yang dilakukan secara berulang-ulang cenderung akan sulit ditinggalkan, apalagi perilaku tersebut dilakukan dengan tidak sadar. Mengurangi perilaku buruk lebih mudah diungkapkan karena banyaknya orang yang tahu bahwa kita perlu berubah, namun tak kunjung melakukan perubahan. Maka dari itu, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui tips-tips apa aja yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi perilaku buruk.

Nah, berikut ini ada beberapa tips yang wajib kamu ketahui dan ikuti ya guys. 

  1. Jauhilah hal-hal yang dapat memicu perilaku burukmu

Tips yang pertama adalah akan jauhi semua hal-hal yang bisa mendorong kamu untuk melakukan perilaku buruk. Banyak hal-hal negatif di sekitar kita yang bisa mengakibatkan kita untuk melakukan perilaku buruk. Sebagai contohnya adalah di lingkungan sekolah atau kampus kamu ada teman yang mengajakmu untuk minum minuman keras dan mungkin karena kamu masih awam dan merasa tidak enak menolak ajakan temanmu hingga akhirnya kamu pun meng-iyakan ajakan tersebut. Nah, dari contoh tersebutlah yang tidak boleh kamu tiru karena efek dari hal negatif akan mengakibatkan munculnya perilaku buruk pada dirimu yang bahkan bisa merusak masa depanmu. Maka dari itu, mulai saat ini jauhilah hal-hal yang bersifat negatif yang bisa menumbuhkan perilaku buruk pada dirimu.

  1. Fokuslah dengan tujuan hidupmu

Tips yang kedua adalah fokuslah dengan tujuan dan cita-citamu yang ingin dicapai. Untuk mencapai suatu tujuan dan cita-cita yang kamu inginkan, pastinya akan ada masalah-masalah yang harus kamu hadapi dan tidak selamanya berjalan dengan lancar. Sebagai contohnya adalah kamu ingin menjadi orang yang produktif dan sukses, tapi kamu terlalu banyak memikirkan hal-hal yang menghambatmu untuk mencapai tujuan itu (seperti, takut untuk memulai, malas untuk belajar dan berusaha, dll). Nah, dari contoh tersebutlah yang tidak boleh kamu tiru karena jika terlalu banyak berfikir hal-hal yang belum tentu terjadi dan merasa takut untuk memulai akan menjadi perilaku buruk yang nantinya bisa menghambat tujuan hidupmu. Maka dari itu, mulai saat ini fokuslah pada tujuan hidupmu, nikmati prosesnya, dan jauhkan dari fikiran-fikiran buruk yang menghambatmu.

Baca Juga  5 Tips Mengatasi Sifat Pemalu dalam Hidup
  1. Carilah perilaku alternatif yang bersifat positif dan bermanfaat

Tips yang terakhir adalah carilah dan lakukanlah perilaku-perilaku atau kegiatan-kegiatan alternatif yang positif dan bermanfaat. Mungkin selama ini, kamu merasa sudah banyak melakukan perilaku atau kegiatan yang positif, namun ternyata ada beberapa kegiatan alternatif yang lebih positif dan bermanfaat bagimu. Sebagai contohnya adalah  awalnya kamu sering menonton video di youtube tentang makanan atau travelling, video tersebut mungkin bermanfaat bagimu sebagai rekomendasi makanan atau tempat wisata akan tetapi lebih baik lagi jika kamu menonton video ceramah atau kajian tentang motivasi hidup dan pengembangan diri sebagai motivasi kamu agar terhindar dari perilaku buruk. Maka dari itu, mulai saat ini carilah aktivitas-aktivitas atau kegiatan-kegiatan alternatif lainnya yang lebih positif dan bermanfaat.

Oke guys, sekian artikel tentang beberapa tips untuk mengurangi perilaku buruk yang ada pada dirimu menjadi lebih baik. Tetaplah produktif dan positive thinking dalam menjalani kehidupan dan mencapai cita-citamu ya.. Terima kasih dan semoga bermanfaat 😉

Safrido Ahmad Perdana

Lulusan S1-Sistem Informasi dari Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jakarta STI&K tahun 2022. Saya memiliki keahlian, ketertarikan serta minat di bidang IT, Desain Grafis, dan Sosial Media. Saya memiliki kepribadian orang yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi mengenai hal-hal atau keahlian baru, memiliki daya kreatifitas yang baik, dan memiliki semangat dalam menghadapi tantangan baru kedepannya.

Artikel Terkait

Back to top button
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.