Info KampusPTNRanking Universitas

10 Daftar PTN Terbaik Indonesia Versi Dikti 2020

Kampusimpian.com – Saat sudah hampir menyelesaikan Pendidikan di bangku SMA/sederajat, beberapa dari kita sudah memikirkan untuk berkuliah. Namun problemnya sering kali merasa bingung dalam menentukan Perguruan Tinggi untuk berkuliah. Karena rata-rata kebanyakan anak SMA/sederajat belum mengetahui dengan baik soal Kualitas, Peringkat, Akreditasi, dari sebuah Universitas.

Baca Juga: 6 Tips Masuk Universitas Terbaik Indonesia di Tengah Wabah Covid-19

Faktanya banyak pelajar yang memilih kampus sembarangan, karena dengan alasan kuliah murah. Sehingga tidak mempertimbangkan apakah Program studi yang dimiliki oleh Kampus tersebut layak atau tidak.

Baca Juga: 5 PTS (Perguruan Tinggi Swasta) Terbaik Versi QS Asia Ranking

Tentunya kamu tidak ingin, karir kamu kedepan  terhambat gara-gara kualitas pendidikan yang tidak sesuai. Sehingga pada pertemuan kali ini, kita dari Kampus Impian berbagi mengenai 10 PTN Terbaik di Indonesia di tahun 2020 ini.

Baca Juga: 10 Perguruan Tinggi Terbaikversi QS Asia Ranking

Ada standar tertentu yang menjadi penilaian kenapa PTN tersebut dikategorikan sebagai Universitas yang berkelas. Dari Kemenristek Dikti pun, melihat sebuah Perguruan Tinggi berdasarkan 4 komponen penting:

  1. kualitas sumber daya alam yang dimiliki
  2. kualitas kelembagaan
  3. kualitas kegiatan kemahasiswaan
  4. dan juga kualitas penelitian serta publikasi ilmiah

Data mengenai Peringkat Universitas terbaik ini adalah resmi dari Kementrian Riset, Teknologi. Berikut ini daftar PTN yang masuk dalam klaster 1 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia versi Dikti:

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB merupakan salah PTN yang ada di Bandung. Didirikan pada 2 Maret 1959. Kampus Ini sudah mendapat Akreditasi “A” serta memiliki 27 program studi yang sudah terakreditasi secara Nasional.

ITB merupakan salah satu PTN yang banyak mencetak orang-orang hebat dan penting di Indonesia, seperti bapak Soekarno, B, J, Habibie, Ridwan Kamil, dan masih banyak lagi.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM merupakan PTN yang berada di Yogyakarta. UGM masuk dalam kategori PTN tertua didirikan di Indonesia, yaitu pada 19 Desember 1949. Merupakan PTN yang tidak hanya masuk dalam kategori Top Level Indonesia, namun juga masuk dalam kategori Top Dunia. UGM juga menempati posisi  401-450 peringkat dunia versi QS Word Rank university 2020.

3. Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB merupakan PTN yang terletak di di Bogor, Jawa Barat. Kampus ini didirikan pada 1 September 1963. Universitas dengan Motto “Inspiring Innovation with Integrity” sudah mendapat Akreditasi A. IPB juga memiliki 5 Kampus yang tersebar di beberapa lokasi.

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

ITS Merupakan PTN yang di Surabaya, Jawa Timur.  Didirikan pada 10 November 1957. ITS sangat dikenal dengan bidang sains dan teknologinya. ITS memiliki 10 Fakultas, dan didukung dengan beberapa Fasilitas Lainnya. Dan merupakan PTN Favorit di Kota Surabaya.

5. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia dengan motto “Veritas, Probitas, Lustitia”, merupakan salah satu PTN Terbaik dan Favorit di Indonesia yang berada di Kota Depok. Kampus ini didirikan pada 1849, serta mendapat

 Peringkat dunia ke  277 versi QS World University Ranking.

6. Universitas Diponegoro (UNDIP)

UNDIP merupakan PTN yang ada di Semarang, Jawa Tengah. Kampus dengan motto “Wiyata Hangreksa Gapuraning Nagara” ini memiliki 11 Fakultas dengan 21 Program Studi Diploma III (D3), 51 Program Studi Sarjana (S1), 35 Program Studi Magister (S2), 18 Program Pendidikan Dokter Spesialis, 3 Program Profesi dan 13 Program Studi Doktor (S3).

7. Universitas Airlangga (UNAIR)

UNAIR menjadi salah satu PTN Terbaik di Surabaya. Kampus ini didirikan pada 10 November 1954. UNAIR sendiri memiliki 3 kampus yakni Kampus A, Kampus B, dan Kampus C yang tersebar di beberapa titik di Kota Surabaya. Kampus ini memliki 14 Fakultas dengan 1 sekolah pascasarjana.

8. Universitas Hasanuddin (UNHAS)

UNHAS, merupakan salah satu PTN terbaik yang ada di kota Makassar , Provinsi Sulawesi Selatan. Kampus ini didirikan pada 10 September 1956.

9. Universitas Brawijaya (UB)

UB merupakan PTN yang ada di Kota Malang. Kampus ini didirikan pada 5 January 1963. Tentunya kampus ini sudah mendapat Akreditasi A.

10. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

UNPAD merupakan PTN yang ada di Bandung. Kampus ini didirikan pada 20 Oktober 2014. Sudah mendapat Akreditasi A dari BAN-PT serta memiliki 16 Fakultas didukung dengan Fasilitas yang lengkap.

Demikianlah informasi mngenai 10 Universitas Terbaik yang ada di Indonesia Versi Dikti 2020. Semoga informasi ini menambah wawasan kamu, dan jangan lupa share ke teman-teman juga ya!

Back to top button
error: