Info KampusPTN

10 Perguruan Tinggi Terbaik 2020 versi QS Asia Ranking

Kampusimpian.com – Setiap orang ingin mendapatkan pendidikan yang terbaik untuk dirinya. Dan setiap orang juga menginginkan untuk masuk di Universitas Favorit mereka. Sebenarnya pendidikan itu bukan berfungsi untuk membentuk calon pekerja, namun mengubah pola pikir menjadi lebih luas. Kamu juga dapat melihat 10 PTN yang Memiliki Peminat SNMPTN terbanyak di 2020 versi Kampusimpian

Pola pikir inilah nantinya yang membuat kamu berkembang menuju karir impianmu. Pendidikan ini benar-benar penting untuk masa depan kamu. Untuk itu kamu perlu memberikan pendidikan terbaik untuk dirimu ya. Sedikit banyak Pendidikan yang kamu tempuh juga berpengaruh terhadap karir kamu nantinya. Untuk itu kamu tidak boleh pilih sembarangan kampus untuk berkuliah. Ada 10 Tips Memilih Kampus Setelah Lulus SMA Atau SMK yang juga dapat kamu coba.

Di Indonesia sendiri Perguruan Tinggi ini dibagi menjadi 2 yaitu ada:

  • Perguruan Tinggi Negeri (PTN)
  • Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Keduanya sama saja. Tinggal kamu bagaimana mengoptimalkan diri kamu disana natinya. Kamu juga dapat melihat 5 Perbandingan Kuliah di Universitas Negeri dengan Swasta, agar lebih dapat gambaran perbedaan keduanya.

Indikator Penilaian

Berikut ini Terdapat 10 indikator yang menjadi acuan penilaian universitas terbaik di Asia. Penilaian itu meliputi:

  1. Reputasi akademik
  2. Lulusan
  3. Jaringan penelitian internasional
  4. Pertukaran pelajar
  5. Makalah per fakultas
  6. Mahasiswa asing
  7. Fakultas internasional
  8. Staf pengajar dengan PhD
  9. Kutipan
  10. Publikasi ilmiah.

Tentang QS Asia Ranking

Tahukah kamu bahwa QS Asia University Ranking ini juga merupakan acuan resmi pemerintah untuk mengukur kualitas kelembagaan perguruan tinggi Indonesia di tingkat dunia. QS Asia University Ranking 2020 telah melakukan penilaian terhadap 550 universitas yang ada di Asia.

Sebenarnya QS World University Rankings merupakan publikasi tahunan peringkat universitas yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds (QS). QS World University Rankings sebelumnya dikenal dengan nama THE-QS World University Rankings dan bekerja sama dengan majalah Times Higher Education (THE) untuk menerbitkan tabel liga internasional dari tahun 2004-2009. Lalu keduanya mengumumkan versi mereka sendiri.

Quacquarelli Symonds (QS) Asia University Ranking juga telah merilis peringkat universitas di Asia. Terdapat 10 universitas terbaik di Indonesia yang masuk dalam daftar peringkat perguruan tinggi terbaik di Asia.

Daftar Perguruan Tinggi Terbaik Asia

Kira-kira Perguruan Tinggi mana aja ya yang masuk dalam kategori ini? Berikut ini kami telah merangkumnya untuk kamu. 10 Daftar Kampus Negeri Terbaik yang ada di Indonesia versi QS Asia Ranking.

UI (Universitas Indonesia)

Ke-1 ada Universitas Indonesia mendapat posisi peringkat ke 59 di Asia dengan total skor 58,9. Peringkat UI tak berubah dari tahun lalu.

ITB ( Institut Teknologi Bandung)

Ke-2 ada Institut Teknologi Bandung mendapat posisi peringkat ke 66 di Asia dengan total skor 56,9 . Peringkat ITB Meningkat dari peringkat 73.

UGM ( Universitas Gadjah Mada )

Ke-3 ada Universitas Gadjah Mada mendapat posisi peringkat ke 70 di Asia dengan total skor 55,6.

IPB ( Institut Pertanian Bogor )

Ke-4 ada Institut Pertanian Bogor mendapat posisi peringkat ke 132 di Asia.

UNAIR ( Universitas Airlangga )

Ke-5 ada Universitas Airlangga mendapat posisi peringkat ke 171 di Asia.

ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)

Ke-6 ada Institut Teknologi Sepuluh Nopember mendapat posisi peringkat ke 198 di Asia.

BINUS (Bina Nusantara)

Ke-7 ada Bina Nusantara mendapat posisi peringkat ke 234 di Asia.

UNPAD (Universitas Padjadjaran)

Ke-8 ada Universitas Padjadjaran mendapat posisi peringkat ke 236 di Asia.

UNDIP (Universitas Diponegoro)

Ke-9 ada Universitas Diponegoro mendapat posisi peringkat ke 281-290 di Asia.

UB (Universitas Brawijaya)

Ke-10 ada Universitas Brawijaya mendapat posisi peringkat ke 301-350 di Asia.

Demikianlah informasi tentang daftar Perguruan Tinggi yang masuk dalam kategori 10 Top Asia versi QS Asia Ranking. Semoga bermanfaat, dan tunggu update kami lainnya.

Tags

Tim Redaksi

Kampusimpian.com adalah Platform online seputar info kampus, Bimbel Online, beasiswa, jurusan kuliah, motivasi, terkait dunia perkuliahan. Layanan ini dapat membantu Pelajar, Calon Mahasiswa, Mahasiswa, Guru, dan Orang Tua Pelajar untuk mendapatkan informasi tentang perkuliahan. #SalamLiterasi #MasukKampus #PejuangKampus #SahabatKampus

One Comment

  1. Artikelnya bagus kak. Dan sangat bermanfaat. Saya bisa nggak menerima notifikasi d email saya jika ada artikel terbaru ?? 😊😁🙏

Back to top button
Close

Adblock Detected

Mohon Menonaktifkan Adblock Anda, untuk dapat Membaca Artikel Kami. Terimakasih