Tips

10 Tips Memilih Kampus Setelah Lulus SMA Atau SMK

Tentu banyak diantara kamu yang ingin melanjutkan ke dunia perkuliahan. Terutama bagi siswa yang masih ingin merasakan belajar di perguruan tinggi. Banyak alasan kenapa bagi sebagian orang ingin melajutkan ke pendidikan tinggi.

Alasan paling umum sih, ingin mendapatkan pekerjaan yang layak serta meraih mimpi yang lebih besar. Nah kalau kamu kira-kira ingin kuliah karena apa?

Di Indonesia banyak sekali tempat kuliah yang dapat kamu pilih, ada yang namanya Universitas, Institusi, Sekolah Tinggi, Akademi, maupun Politeknik. Bagi yang belum tau perbedaannya, silakan membaca artikel itu terlebih dahulu ya.

Karena kuliah nanti tidak sebentar loh, standarnya orang kuliah itu 4 tahun atau 8 semester. Jadi jangan sampai kamu tidak nyaman di kampus yang kamu pilih nantinya.

Biar bisa menemukan kampus yang benar-benar cocok untukmu, kali ini ada beberapa tips yang dapat kamu terapkan sebelum kuliah. Agar dapat menemukan tempat kuliah yang tepat.

1. Mencari Informasi Secara Lengkap

Saat ingin kuliah langkah awal yang harus kamu lakukan adalah mencari info yang benar-benar detail tentang kampus. Kamu bisa mengunjungi situs resmi dari kampus yang ingin kamu tuju. Termasuk program studi apa saja yang ditawarkan.

2. Tujuan Masa Pendidikan

Kamu juga harus memperhatikan tujuan yang ingin kamu capai di kampus tersebut. Karena ada kampus yang terfokus pada teori dan ada yang pada praktek. Misalkan saja kamu lebih suka dengan praktik, maka Politeknik lebih direkomendasikan. Namun bukan berarti Universitas dan Institusi tidak memiliki praktek, hanya saja implementasinya yang cukup berbeda. Dan berbeda lagi jika kamu masuk di Akademi.

Baca Juga  8 Tips Agar Kamu Lulus dan Berhasil di SNMPTN 2020

3. Pilih Beberapa Universitas Pilihan

Kamu juga jangan terfokus dengan satu kampus saja. Namun kamu juga harus menyiapkan beberapa pilihan kampus lain. Agar kamu dapat menyeleksi dengan tepat dan membandingkan dari beberapa kampus yang kamu pilih.

Karena dengan membandingkan beberapa kampus yang kamu pilih, kamu dapat melihat gambaran dari masing-masing kampus tersebut. Dan itu bisa membuat kamu lebih bijak dalam memilih nantinya.

4. Perhatikan Reputasi Universitas Yang Dipilih

Hal terpenting yang harus kamu perhatikan juga, saat ingin kuliah adalah tentang Akreditasi kampus tersebut. Karena Akreditasi ini sangat penting dalam pembuatan ijazah kamu nantinya. Jikalau kampus yang kamu tuju, tidak memiliki akreditasi yang baik. Hal ini bisa menyulitkan kamu dalam mencari pekerjaan nantinya. Tidak hanya Akreditasi kampus saja yang harus kamu lihat, namun akreditasi dari jurusan yang kamu pilih juga harus diperhatikan.

5. Pertimbangan Lokasi

Lokasi juga harus menjadi pertimbangan kamu, dalam memilih kampus. Karena lokasi akan mempengaruhi biaya kuliah yang akan kamu habiskan disana nantinya. Kamu juga harus berdiskusi dengan orang tua mengenai lokasi ini, karena kamu juga tidak bisa memutuskan sendirinya terhadap pilihanmu.

6. Fasilitas Universitas

Fasilitas juga harus kamu perhatikan di masing-masing kampus. Karena dengan fasilitas yang mewadai, itu akan membantu kamu dalam meningkatkan kualitas diri kamu nantinya. Jangan sampai sudah mendapat gelar sarjanah, namun kamu tidak mendapatkan skill apa-apa. Tentu ini merugikan banget untuk kamu.

7. Biaya Kuliah

Biaya kuliah juga harus kamu pertimbangkan dengan baik. Biaya kuliah ini adalah biaya yang wajib kamu bayarkan di kampus tersebut. Jangan sampai biaya ini menganggu kelancarkan kamu, saat kuliah nantinya. Ini juga harus kamu diskusikan dengan orang tuamu.

Baca Juga  4 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Berangkat Mengikuti UTBK

8. Daya Tampung

Kamu juga harus melihat peluang kamu masuk di kampus tersebut. Cari kampus yang kamu memiliki peluang besar untuk lolos disana. Terutama kamu yang ingin masuk di SNMPTN, ataupun SBMPTN kamu harus benar-benar memperhatikan dengan baik mengenai kuota tersebut. Kamu juga harus melihat kemampuan diri kamu, jangan terlalu memaksakan diri.

9. Konsultasi Dengan Orang Terdekat

Saat kamu ingin kuliah di kampus manapun, jangan lupa untuk membicarakannya dengan orang tua atau kerabat terdekat kamu yang sudah berpengalaman. Sangat bagus jika di kampus yang kamu tuju itu, sudah ada orang yang kamu kenal dan bisa kamu ajak diskusi.

10. Berpikir Realistis

Saat hendak kuliahpun kamu harus berpikir rasional. Mungkin diantara banyak kampus yang kamu pilih, ada satu kampus yang benar-benar kamu inginkan. Namun jangan lupa untuk mempertimbangkan matang-matang sesuai dengan kemampuan diri sendiri baik sisi finansial dan akademik.

Demikianlah beberapa tips yang dapat kamu terapkan, untuk mendapatkan kampus yang benar-benar cocok untukmu.

Back to top button

Matikan Adblock Terlebih Dahulu!

Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini..Sistem kami mendeteksi penggunaan aplikasi pemblokir iklan (Ad block), atau web browser yang memblokir iklan.

Refresh Page