Info KampusPTS

5 PTS (Perguruan Tinggi Swasta) Terbaik 2020 Versi QS Asia Ranking

Kampusimpian.com – Semua kampus pada dasarnya sama saja. Mungkin ada yang bilang bahwa PTN lebih baik dari PTS! Padahal keduanya sama saja, masing-masing perguruan tinggi mempunyai kelebihan dan kekurangan. Namun peluang untuk maju dan sukses, itu ditentukan oleh kamu nya lagi dalam melangkah. Lebih jelasnya udah pernah dijelasin di  5 Perbandingan Kuliah di Universitas Negeri dengan Swasta.

Jadi jangan berkecil hati jikalau tidak masuk PTN, banyak juga ko PTS yang miliki kualitas dan fasilitasnya sama atau melebihi PTN dan juga sebaliknya. Kamu juga bisa membaca 10 Tips Memilih Kampus Setelah Lulus SMA Atau SMK agar kamu tak salah pilih jurusan.

Sebelumnya kita udah bahas Daftar 10 Perguruan Tinggi Terbaik 2020 versi QS Asia Ranking. Sebagai lanjutannya juga, disini mimin akan membahas tentang 5 PTS yang juga masuk dalam kategori Kampus Top Asia.

Tentang QS Asia Ranking

QS Asia University Ranking ini juga merupakan acuan resmi pemerintah untuk mengukur kualitas kelembagaan perguruan tinggi Indonesia di tingkat dunia. QS Asia University Ranking 2020 telah melakukan penilaian terhadap 550 universitas yang ada di Asia.

Sebenarnya QS World University Rankings merupakan publikasi tahunan peringkat universitas yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds (QS). QS World University Rankings sebelumnya dikenal dengan nama THE-QS World University Rankings dan bekerja sama dengan majalah Times Higher Education (THE) untuk menerbitkan tabel liga internasional dari tahun 2004-2009. Lalu keduanya mengumumkan versi mereka sendiri.

Daftar Perguruan Tinggi Terbaik Swasta

Kira-kira PTS mana saja ya yang masuk kategori Top Asia versi QS World University Rankings . Berikut ini kami rangkum 5 Universitas Swasta tersebut:

UBINUS (Universitas Bina Nusantara)

Ke -1 ada Universitas Bina Nusantara yang menempati peringkat ke 234. Universitas Bina Nusantara, atau juga dikenal dengan Binus University, merupakan salah satu universitas swasta yang berlokasi di Jakarta, Indonesia. Berawal dari sebuah institusi pelatihan komputer Modern Computer Course pada 21 Oktober 1974, dan berkembang dan akhirnya berubah menjadi Universitas pada 8 Agustus 1996, Universitas Bina Nusantara.

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Ke -2 ada Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya yang menempati peringkat ke 451-500. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya atau disingkat Unika Atma Jaya adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Jakarta yang didirikan oleh Yayasan Atma Jaya pada tanggal 1 Juni 1960. Kampus utama Unika Atma Jaya memiliki tiga (3) lokasi yaitu Kampus 1 Semanggi, Jakarta Selatan, Kampus 2 Pluit, Jakarta Utara, dan Kampus 3 BSD, Serpong, Banten.

Unika Atma Jaya dipandang sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi swasta yang tertua dan bergengsi di Indonesia. Menurut survei terbaru dari Majalah Globe Asia (2008) Unika Atma Jaya mendapat ranking 3 di antara seluruh universitas swasta di Indonesia . Survei itu juga didukung oleh survei yang dilakukan Pusat Data dan Analisis Tempo (PDAT) terbaru (2010)yang di tingkat nasional berada di urutan keempat sebagai universitas swasta terbaik menurut persepsi calon mahasiswa dan orang tua. Dalam survey terbaru PDAT di 2011, Unika Atma Jaya masuk dalam 5 besar universitas swasta terbaik di Indonesia menurut persepsi para pengguna lulusan/kalangan dunia kerja..

Universitas Katolik Parahyangan

Ke -3 ada Universitas Katolik Parahyangan yang menempati peringkat ke 451-500 . Pendirian Universitas Katolik Parahyangan pada mulanya diawali dengan dibangunnya Akademi Perniagaan oleh Keuskupan Bandung yang merupakan kerjasama antara uskup Bandung Mgr.P.M.Arntz,OSC. (alm) dengan uskup Bogor Mgr.Prof.Dr.N.J.C.Geise,OFM. (alm), pada tanggal 17 Januari 1955, Selanjutnya, Akademi Perniagaan tersebut ditingkatkan menjadi Perguruan Tinggi Sosio-Ekonomi Parahyangan yang sekarang menjadi Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan.

Pembangunan fakultas Unpar terus berlangsung secara bertahap hingga pada tahun 1961, terbitlah Undang-undang Nomor 22 tahun 1961 tentang Perguruan Tinggi, sehingga nama Perguruan Tinggi Katolik Parahyangan diganti menjadi Universitas Katolik Parahyangan.

Telkom University

Ke -4 ada Telkom University yang menempati peringkat ke 451-500 . Universitas Telkom atau yang lebih dikenal sebagai Telkom University (Tel-U) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia yang terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tel-U merupakan pengembangan dari kampus STT Telkom yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 24 Maret 1994. Tel-U terbentuk atas penggabungan empat institusi yang berada di bawah badan penyelenggara Yayasan Pendidikan Telkom (YPT), yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom). Untuk informasi lebih lanjut dari masing masing institusi dapat dilihat pada infografis.

Jika melihat lebih dalam pada sejarah dari masing-masing institusi yang belum bergabung menjadi Tel-U, maka dapat dilihat bahwa Institut Teknologi Telkom dulunya merupakan Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (STT Telkom). Dikarenakan PT Telkom sangat berkepentingan terhadap institusi dan industri ini, maka pada tahun 1991 dan 1992 para mahasiswa STT Telkom mendapat beasiswa penuh dan ikatan dinas. Namun, karena terjadi perubahan iklim industri telekomunikasi, maka beasiswa penuh dan ikatan dinas tersebut dihentikan, dan STT Telkom berubah menjadi perguruan tinggi yang mandiri.

Universitas Islam Indonesia

Ke -5 ada Universitas Islam Indonesia yang menempati peringkat ke 451-500 . Universitas Islam Indonesia disingkat UII adalah perguruan tinggi swasta nasional tertua di Indonesia yang terletak di Yogyakarta. UII semula bernama Sekolah Tinggi Islam (STI) yang didirikan di Jakarta pada hari Ahad tanggal 27 Rajab 1364 H bertepatan dengan tanggal 8 Juli 1945 M. Dengan lokasi kampus yang tersebar di beberapa wilayah, seperti Kampus Terpadu terletak di Jalan Kaliurang KM 14,5 Kabupaten Sleman, dekat daerah wisata Kaliurang dan berjarak 20 KM dari puncak Gunung Merapi. Kampus Fakultas Ekonomi terletak di Jalan Ringroad Utara, Condongcatur, Kabupaten Sleman. Kampus Fakultas Hukum di Jalan Tamansiswa, Kota Yogyakarta dan Kampus lainnya di Jalan Cik Dik Tiro, Kota Yogyakarta dan Demangan Baru, Kabupaten Sleman.

Dalam pemeringkatan 4 International College and Universities (4ICU) maupun Webometrics pada Januari 2012 menempatkan UII sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) peringkat pertama di Kopertis Wilayah V dan peringkat ke-2 PTS secara nasional.

Demikianlah informasi tentang 5 PTS Terbaik 2020 Versi QS Asia Ranking.

Sumber Referensi:

  • Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Menurut QS Asia University Ranking 2020. https://bit.ly/2yoks8B
  • Universitas Bina Nusantara, Binus University. https://binus.ac.id/2016/01/universitas-bina-nusantara-binus-university/
  • Universitas Atma Jaya Jakarta. https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Atma_Jaya_Jakarta
  • Profil Kampus – Universitas Katolik Parahyangan (Unpar). https://www.tribunnewswiki.com/2019/08/21/profil-kampus-universitas-katolik-parahyangan-unpar
  • Menilik Lebih Dalam Sejarah Telkom University. https://aksarapers.com/menilik-lebih-dalam-sejarah-telkom-university/
  • Universitas Islam Indonesia. https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Islam_Indonesia
Tags

Alek Sander

Founder Kampusimpian.com | Penulis | Programer “You do not need to be great to start something. Do it now and do not ever put off because the chance may not come twice.”
Back to top button
Close

Adblock Detected

Mohon Menonaktifkan Adblock Anda, untuk dapat Membaca Artikel Kami. Terimakasih