JurusanProspek Kerja

10 Prospek Kerja Lulusan Teknik Kimia Beserta Gajinya

Tak perlu khawatir dengan prospek kerja lulusan Teknik Kimia, berkarir di bidang ilmu Teknik Kimia kamu akan memiliki masa depan yang cerah. Sepanjang hidup kita baik disadari maupun tidak, kita membutuhkan bahan-bahan kimia. Maka dari itu, akan selalu ada peluang karir untuk lulusan Teknik Kimia ini.

Teknik Kimia sendiri merupakan program studi yang mempelajari teknologi perancangan pabrik. Pabrik yang dirancang dapat berupa pabrik kimia, bioproses, makanan, dan masih banyak yang lainnya.

Bukan hanya perancangan pabrik, di jurusan ini kamu juga akan mempelajari bagaimana membuat proses kimia atau biologis menjadi lebih cepat dan efisien agar sesuai dengan yang diharapkan. Contoh sederhana yang sering kita temui adalah proses fermentasi, seperti pembuatan yoghurt, roti, keju, kecap dan lainnya.

Lantas apa sajakah prospek kerja jurusan Teknik Kimia ini yang menjanjikan masa depan cerah? Berikut beberapa prospek kerja yang bisa kamu pilih dan tekuni salah satunya.

1. Quality Control

Prospek kerja teknik kimia pertama yang bisa kamu pilih adalah menjadi quality control. Quality control bertujuan untuk memastikan bahwa produk atau layanan yang disediakan perusahaan sesuai dengan tujuan, konsisten dan memenuhi persyaratan eksternal dan internal. Hal ini termasuk kepatuhan perusahaan terhadap harapan pelanggan dan prosedur hukum yang berlaku.

Gaji Quality Control staff berkisar antara 3 sampai 4 juta rupiah per bulan. Untuk level yang lebih tinggi, gaji yang kamu dapatkan bisa mencapai 10 sampai 15 juta rupiah per bulan.

2. Industri Pangan

Opsi karir berikutnya untuk lulusan teknik kimia yaitu Industri pangan. Teknologi yang digunakan pada industri tersebut mempelajari sifat fisis, mikrobiologi, dan kimia dari bahan pangan dan proses pengolahannya. Maka dari itu, umumnya lulusan teknik kimia bekerja di bagian produksi, rekayasa proses, serta departemen pengolahan limbah.

Untuk jumlah gaji yang akan kamu dapatkan dengan profesi ini yaitu sebesar 5 juta rupiah hingga mencapai 20 juta rupiah per bulan.

3. Pebisnis

Jadi pebisnis? Kedengarannnya enak tuh. Ya prospek kerja Teknik Kimia selanjutnya adalah kamu bisa menjadi seorang pebisnis khususnya dibidang kimia. Enaknya menjadi pebisnis adalah kamu memiliki kebebasan dalam mengatur waktu kerja, bahkan menentukan penghasilanmu sendiri.

Gaji seorang pebisnis itu emang nggak bisa kita bandingkan seperti pekerja kantoran sebab setiap bulannya pasti berubah-ubah. Seorang pebisnis bisa terlihat santai namun punya gaji besar. Tapi gaji yang akan kamu peroleh tetap sesuai dengan besarnya usahamu.

4. Project Engineer

Opsi karir yang satu ini adalah menjadi seorang project engineer di sebuah perusahaan. Seorang Project engineer bekerja melintasi batas-batas antara teknik dan manajemen proyek, memimpin tenaga teknis yang berkontribusi terhadap suatu produk.

Jumlah gaji yang akan kamu terima mulai dari 5 juta rupiah per bulan dan bisa terus meningkat. Besarnya gaji ini sangat bergantung pada perusahaan tempatmu bekerja.

5. Environment Risk Accessor

Profesi berikutnya adalah environment risk accessor atau disebut juga dengan penilaian resiko kesehatan lingkungan. Profesi ini memiliki tugas untuk mengetahui resiko yang mungkin terjadi di lingkungan sekitar pabrik atau industri. Karena sebuah pabrik pasti mengolah bahan baku dan menyisakan limbah yang tidak terpakai dan kemungkinan bisa mencemari lingkungan.

Soal gaji kamu juga tidak perlu cemas karena penawaran gaji yang diberikan sangat menarik. Kamu bisa mendapat gaji mulai dari angka 5 juta rupiah per bulan.

6. Industri Kosmetik

Sebagai lulusan teknik kimia kamu juga bisa berkarir di industri kosmetik. Didukung dengan Indonesia kini sedang mengalamai perkembangan dalam bidang kosmetik. Perkembangan ini didasari oleh permintaan pasar yang semakin meningkat. Tugas yang akan kamu lakukan adalah mengomposisi atau meracik produk kulit yang ramah manusia serta lingkungan. Tentunya untuk meracik produk kecantikan, maka kamu harus memahami kandungan yang ada di setiap bahan.

Gaji yang ditawarkan mulai dari 3 juta rupiah per bulan dan akan terus bertambah sesuai dengan jabatan kamu.

7. Peneliti

Prospek kerja teknik kimia yang berikutnya adalah kamu juga bisa nih bekerja sebagai peneliti. Profesi yang satu ini pastinya akan sangat cocok buat kamu yang ingin mendalami dan menganalisis di bidang ini. Profesi ini bisa jadi peluang buat kamu untuk berinovasi ditambah lagi dibidang yang kamu sukai. Bekerja sebagai peneliti akan membuat kamu aktif menemukan hal-hal baru.

Untuk soal gaji kamu gak perlu khawatir karena kamu akan mendapatkan rata-rata gaji yang lumayan besar loh. Sebagai seorang peneliti kamu bisa mendapatkan gaji berkisar 5 juta rupiah sampai 6 juta rupiah per bulan hingga sampai puluhan juta rupiah.

8. Industri Manufaktur Kimia

Lulusan teknik kimia juga dibutuhkan dalam industri manufaktur yang berhubungan dengan kimia seperti pembuatan sabun, cat, pestisida dan sebagainya. Jika bekerja di bidang ini, kamu akan bertanggung jawab memastikan peralatan pabrik telah berfungsi sesuai standar. Dengan kata lain kamu akan menjadi bagian dari staf yang bertugas memastikan kualitas, keamanan pabrik, serta produk hasil secara keseluruhan.

Gaji yang akan kamu peroleh bekerja di industri manufaktur kimia sangat tinggi tergantung perusahaan tempat kamu bekerja mulai dari 5 juta rupiah per bulan hingga puluhan juta.

9. Wiraswasta

Sebagai lulusan Teknik Kimia kamu bisa mulai bekerja sebagai wiraswasta. Kamu bisa membuka usahamu sendiri jika kamu menguasai teknik kimia. Usahamu bisa dimulai dari usaha kecil terlebih dahulu. Carilah peluang usaha yang sekiranya belum banyak di bangun pada lingkunganmu.

Untuk gaji, kamulah yang menentukannya sendiri. Seberapa besar pendapatanmu ditentukan oleh kegigihan dan dibutuhkan usaha yang konsisten.

10. Research And Development

Pilihan prospek kerja yang terakhir adalah Research And Development. Seorang yang terjun dalam RnD bertugas mulai dari merencanakan, melaksanakan dan juga melaporkan kegiatan yang berkaitan dengan penelitian dan pengembangan. Tanggung jawab lebih spesifik yaitu melalukan riset produk dan juga riset pasar. Seorang RnD juga harus bisa mengembangkan sebuah produk baru yang lebih baik dari sebelumnya. Untuk melaksanakan tugas tersebut kamu harus memiliki cara berkomunikasi dengan baik.

Gaji yang didapatkan dari profesi ini mulai dari 4 juta rupiah per bulan dan bisa meningkat sejalan dengan pengalaman kamu.

Itulah beberapa prospek kerja jurusan Teknik Kimia dengan gaji yang tentunya sangat menarik perhatian. Bagi kamu yang mendambakan gaji tinggi silahkan masuk jurusan Teknik Kimia. Namun tentunya jika ingin punya masa depan yang cerah tidak terlepas dari usaha yang kamu lakukan.

Back to top button