close

11 Formasi CPNS 2023 ini, Cocok untuk Kamu Semua Lulusan S1

Pendaftaran CPNS 2023 untuk lulusan S1 dari semua jurusan akan segera dibuka dalam waktu dekat. Pastikan Kamu mencatat daftar formasi yang tersedia untuk lulusan S1 dalam CPNS 2023.

Para calon pejuang CPNS 2023 diharapkan untuk segera mempersiapkan diri. Pendaftaran akan dibuka pada bulan Juni melalui portal SSCASN. Dengan adanya daftar formasi CPNS 2023 untuk lulusan S1 semua jurusan, ini menjadi kabar baik bagi mereka yang jurusannya tidak tercakup dalam formasi-formasi CPNS sebelumnya.

Jumlah formasi yang membutuhkan kualifikasi pendidikan S1 dari semua jurusan adalah sebanyak 5% dari total formasi yang ada. Tidak perlu menunggu lama, segera periksa daftar formasi yang bisa dilamar oleh lulusan S1 dari semua jurusan.

Terdapat total 11 formasi yang tersedia untuk lulusan S1 dari semua jurusan, berikut adalah daftar lengkap beserta penjelasan tugasnya.

1. Analisis Kebijakan

 Individu yang memiliki tugas menganalisis isu-isu kebijakan yang terkait dengan berbagai bidang, seperti ekonomi, politik, sosial, dan lingkungan. Tugas tambahan mereka meliputi analisis data, memberikan rekomendasi, dan ikut berperan dalam merancang kebijakan terkait bidang-bidang tersebut.

2. Penyuluh Sosial 

Bertanggung jawab memberikan informasi dan bimbingan kepada masyarakat. Fokus posisi ini adalah memberikan edukasi terkait aspek sosial, pendidikan, dan kesehatan kepada masyarakat di daerah tertentu sesuai dengan lokasi tugasnya.

3. Auditor

 Salah satu formasi yang dapat diikuti lulusan S1 dari semua jurusan dalam seleksi CPNS 2023. Tugas utamanya adalah mengevaluasi kepatuhan terhadap aturan dan prosedur yang berlaku. Dalam melakukan pemeriksaan, Auditor akan memeriksa adanya potensi kecurangan dan memberikan rekomendasi untuk memperbaiki sistem jika ditemukan kesalahan.

4. Widyaswara 

Sebutan untuk instruktur atau pengajar yang akan ditempatkan di lembaga kepemerintahan untuk memberikan pelatihan dalam suatu program pelatihan. Tugas utama mereka adalah menyampaikan materi pelatihan kepada peserta.

5. Pekerja Sosial 

Salah satu formasi CPNS 2023 yang dapat diikuti oleh lulusan S1 dari semua jurusan. Posisi ini memiliki tanggung jawab menangani masalah-masalah sosial seperti kemiskinan dan penanggungan, serta memberikan layanan dan konseling sosial.

[irp]

6. Penggerak Swadaya Masyarakat

 Posisi yang bertugas membantu kegiatan sosial, program pemberdayaan masyarakat, dan berpartisipasi dalam gerakan sosial lainnya.

7. Seorang Pemeriksa

Memiliki tugas untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap dokumen atau barang. Mereka harus melaporkan keaslian dokumen atau barang tersebut sesuai dengan prosedur yang berlaku. Selain itu, Pemeriksa juga memberikan saran dan rekomendasi terkait penyimpanan dan perawatan dokumen atau barang tersebut.

8. Pengawasan Penyelenggara Urusan Pemerintahan Daerah

Salah satu formasi CPNS 2023 yang dapat diikuti oleh lulusan S1 dari semua jurusan. Posisi ini memiliki tanggung jawab melakukan evaluasi, pemantauan, dan pengawasan terhadap kinerja penyelenggara urusan pemerintah daerah.

9. Seorang Perekayasa 

Tugasnya membangun, merancang, dan mengembangkan sistem teknologi dan infrastruktur. Mereka juga bertanggung jawab dalam melakukan pengkajian dan penerapan ilmu pengetahuan serta teknologi untuk menciptakan inovasi dan layanan teknologi.

10. Posisi Perencana

 Jabatan fungsional yang bertugas memantau dan merancang perkembangan suatu organisasi atau proyek yang sedang atau akan dilaksanakan. Perencana bertanggung jawab menyusun kebijakan dan rencana pembangunan secara teratur dan sistematis pada instansi pemerintah, serta melakukan pengendalian, pemantauan, dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan.

11. Sebagai Peneliti di ranah ASN

 Tanggung jawabnya adalah melakukan riset terkait bidang pengetahuan dan teknologi. Peneliti akan melakukan penelitian untuk menghasilkan informasi dan pengetahuan yang relevan untuk kepentingan instansi pemerintah.

Terdapat 11 formasi CPNS 2023 untuk lulusan S1 dari semua jurusan. Hal ini memastikan bahwa semua jurusan memiliki kesempatan untuk mendaftar. Fokus saat ini adalah mempersiapkan diri dengan memenuhi syarat lainnya dan belajar untuk menghadapi tes seleksi.

Dengan beragam formasi CPNS 2023 yang terbuka untuk lulusan S1 dari berbagai jurusan, kesempatan bagi para calon pejuang CPNS semakin luas. Setiap formasi memberikan peluang berkontribusi dalam berbagai bidang, mulai dari analisis kebijakan, penyuluh sosial, hingga perekayasa dan peneliti. Semoga informasi mengenai formasi-formasi CPNS ini memberikan inspirasi dan motivasi bagi semua calon pendaftar untuk mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi seleksi. Jadilah pejuang yang siap berkontribusi dalam mewujudkan perubahan positif bagi negara dan masyarakat. Sukses dalam perjalanan menggapai cita-cita sebagai abdi negara!

Back to top button