close
Pengembangan Diri

3 Tips Agar Kamu Menjadi Disiplin

Terkenal jadi orang yang suka ngaret? Karena terlalu sering terlambat dan tidak tepat waktu. Kalau kuliah atau sekolah masuk jam 7 kamu bangunnya jam setengah 7, ketika ada janji pertemuan dengan teman jam 2 kamu datangnya jam 3. Ya, begitulah budaya warga Indonesia yang sangat konsisten dilakukan meskipun hal ini adalah buruk dan bukan hanya kita atau di negara Indonesia saja yang melakukan. Tidak disiplin, terlebih lagi sudah mencapai taraf suka ngaret yang cukup keterlaluan ini sudah lumrah dialami semua orang di dunia ini. Bahkan, kamu yang membaca artikel ini juga merupakan orang yang suka ngaret atau setidaknya pernah mengalami ngaret betul, bukan?.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Sifat Malas pada Diri Sendiri

Namun, perlu kamu ketahui bahwa ngaret memiliki banyak dampak buruk bagi kamu ataupun sekitarmu yang mendapatkan pengaruh jika kamu ngaret seperti demikian. Kamu kehilangan waktu yang sangat berharga, kamu dapat kehilangan kepercayaan dari orang lain dan kamu bisa kehilangan suatu kesempatan yang sangat berharga dalam hidupmu hanya karena kamu ngaret beberapa menit saja. Nah, untuk itu kamu harus segera hentikan kebiasaan suka ngaret ini, jika kamu masih saja suka ngaret  maka dapat kamu atasi dengan cara mengubah diri kamu menjadi disiplin. Alangkah indahnya jika menjadi orang yang tepat waktu dan disiplin, ya.

Baca Juga: 4 Tips Mencapai Apapun dalam Hidup

Penting untuk diketahui terlebih dulu bahwa disiplin merupakan kemampuan dalam menahan godaan, jika kamu disiplin itu artinya kamu mampu menahan dirimu dari banyak godaan yang membuat kamu menjadi tidak disiplin. Kedisplinan seseorang dapat pula dipengaruhi oleh beberapa faktor; faktor internal dan faktor eksternal. Jika faktornya adalah internal yaitu berasal dari gen, keturunan sangat mempengaruhi tingkat kedisiplinanmu. Apabila kamu terlahir dari keluarga yang sangat disiplin, kamu dapat memiliki tingkat kediplinan tersebut dan begitu pula sebaliknya. Kemudian, faktor eksternal yaitu dari lingkunganmu yang mana lingkunganmu sangat berpengaruh bagi tingkat kedisiplinanmu terutama teman. Gen tidak menjadi patokan kedisiplinan seepenuhny karena sudah termanifestasi dalam kehidupan dan lingkungan yang harus berperan penting dalam mendukung kedisiplinanmu menjadi lebih baik.

Baca Juga  Harga Dari Suatu Kesuksesan yang Sebenarnya

Artikel kali ini akan memberikan tips bagi kamu agar dapat menjadi lebih baik untuk terhindar atau berhenti dari kebiasaan ngaret. Mari disimak!

1. Tetap Berpikir Jangka Panjang

Kamu harus menjadi pemikir jangka panjang, kamu harus membayangkan kehidupanmu dalam waktu sepuluh tahun kedepan dan kamu catat semua poin – poin penting yang ingin kamu capai dalam jangka waktu itu. maka, ketika kamu mendapatkan godaan untuk mengacaukan apa yang telah kamu fokus dan targetkan kamu dapat mengingat dan membaca poin – poin capaian yang kamu inginkan. Dengan demikian kamu dapat menjadi lebih disiplin secara bertahap.

2. The 10 Minute Trick

Trik 10 menit ini merupakan trik yang memanfaatkan kemalasanmu untuk hal yang lebih baik. Misalnya, kamu lagi kepengen beli baju baru tetapi malas ke toko baju, alhasil  kamu memanfaatkan online shop saja. sedangkan kamu lagi berada pada fase krisis moneter tanggal tua, sehingga kamu jatuhnya sedang miris keuangan. Nah, kamu dapat menunda terlebih dahulu selama 10 menit. Apa faedahnya? Biasanya keinginan seperti itu hanya akan berlangsung sebentar, sehingga kamu dapat lebih terkontrol untuk membeli apa yang kamu inginkan padahal kamu sedang krisis keuangan. Pada intinya kamu hanya perlu menunda hal – hal yang tidak penting.

3. Jalani Hidupmu Secara Fokus

Fokus merupakan hal yang sangat penting dalam memicu kita untuk berhasil pada suatu hal. Maka, kamu perlu menjalani hidupmu secara fokus dan hindari banyak distraksi yang tidak penting agar kamu bisa lebih baik dalam berproses menjalani hidupmu.  Dengan kamu fokus pada hidup dan apa yang ingin kamu capai. Kamu dapat lebih terobsesi pada hal – hal yang lebih positif.

Baca Juga  4 Tips Untuk Kamu yang Akan Kuliah di Luar Negeri

Semangat menjalani hidup menjadi lebih baik dengan disiplin. Sehingga, hidupmu dapat menjadi jelas dengan tujuan yang sudah kamu tetapkan.

Semoga Bermanfaat, Arigatou 🙂

Rahma HF

Author, Writing Addict | Painter | "Semua orang punya takdir sukses dengan cara yang berbeda, hanya butuh segumpal usaha agar maksimal :)". -Manage your time as well, don't forget to be happy.

Artikel Terkait

Back to top button