Pengembangan Diri

5 Tips Mengatasi Sifat Malas pada Diri Sendiri

Rasa malas sebenarnya adalah hal yang normal, tetapi sebaiknya tidak dibiarkan berlarut-larut karena bisa mengganggu aktivitas sehari-hari kamu.

Fase merasa kehilangan motivasi atau keinginan untuk melakukan sesuatu yang produktif terkadang menghambat aktivitas dan pekerjaan. Maka, perasaan malas meskipun manusiawi tidak boleh dipelihara terlalu lama. Karena hal tersebut akan membawa kerugian bagi diri kamu sendiri dalam mencapai tujuan, membuat kamu menjadi tidak fokus, dan merasa kurang bahagia.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Rasa Malas Kamu dengan Metode Woop

Dampak rasa malas yang berlarut-larut tidak boleh disepelekan. Jika tidak segera diatasi, bisa membuat kamu menjadi tidak fokus, menurunkan kinerja, dan pada akhirnya memengaruhi kesehatan dan kehidupan kamu secara keseluruhan.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi rasa malas yang mudah dilakukan agar kamu menjadi lebih produktif:

1. Cari Tahu Penyebabnya

Kemunculan rasa malas memang sulit dibendung. Kamu sebaiknya mencari tahu apa penyebab di baliknya terlebih dahulu.

Luangkan sedikit waktumu untuk introspeksi diri agar kamu bisa tahu pasti faktor yang memicu rasa malasmu. Rasa lelah, kewalahan, atau bahkan takut mungkin saja menjadi faktor di balik rendahnya motivasimu untuk beraktivitas.

Kamu bisa memulai proses tersebut dengan mencatat aktivitas harian yang kamu lakukan. Aktivitas ini akan membuatmu lebih mudah mendeteksi kegiatanmu dan menemukan pola yang mungkin menjadi celah kemalasanmu.

Apabila rasa malas muncul karena rasa lelah, beristirahatlah sejenak dan fokuskan diri untuk rileks. Dan jika penyebabnya adalah kewalahan karena terlalu banyaknya tugas, ada baiknya kamu mundur sesaat guna mengatur prioritasmu dan mengatasinya satu per satu.

2. Mengatur Jadwal

Selain menghilangkan celah untuk bermalas-malasan, cara menghilangkan rasa malas selanjutnya juga dapat dilakukan dengan mengatur jadwal untuk rutinitas harianmu. Biasakan diri untuk membuat catatan agar kamu bisa lebih disiplin dan terorganisir.

Bila perlu, berikan batas waktu atau deadline pada diri sendiri dalam menyelesaikan suatu kegiatan maupun pekerjaan. Contohnya  berapa lama waktu yang kamu habiskan untuk makan atau menelusuri sosial media. Dan hari ini kamu mau ngapain, besok kamu harus kemana dan melakukan hal ini, aturlah jadwalmu dengan baik. Terkadang rasa malas muncul karena kita tidak tau harus melakukan apa di hari ini besok dan lusa.

3. Hindari Mengeluh Dan Hargai Pekerjaanmu

Sebagian besar orang mungkin merasa bahwa pekerjaannya kurang cocok dengannya atau bahkan bukan profesi impiannya. Anggapan ini tidak jarang mampu mengikis semangat dan menjadi sumber kemalasan.

Apabila pengalaman tersebut mendatangimu, hindarilah mengeluh berkepanjangan tentang keburukan dalam pekerjaanmu dan belajarlah untuk bersyukur. Kamu bisa memulainya dengan mencatat keuntungan yang kamu dapatkan dari pekerjaan atau bagian dari pekerjaanmu yang kamu nikmati. Ikuti alurnya dan nikmatilah prosesnya sampai kamu lupa rasa malas itu, dengan menikmati hidup maka harimu akan lebih produktif.

4. Beri Penghargaan Atas Pencapaian Diri

Salah satu cara menghilangkan rasa malas adalah dengan memberikan suatu penghargaan untuk diri. Karena, ketika kamu menantikan sesuatu imbalan dari yang kamu lakukan itu dapat menghentikan rasa malas. Kamu justru secara tidak langsung memotivasi diri untuk fokus pada apa yang kamu lakukan demi reward di akhir jalan.

Ada banyak cara untuk menunjukan penghargaan diri atas pekerjaan yang kamu lakukan dengan baik. Tentukan tujuan dan tetapkan penghargaan yang sesuai. Misalnya dengan memberi hadiah jalan-jalan untuk dirimu karena telah selesai megerjakan deadline pekerjaan atau selesai mengerjakan ujian.

5. Remotivasi

Terkadang, kamu akan kesusahan mengatasi rasa malasmu, walaupun telah melakukan sejumlah cara menghilangkan malas sebelumnya. Hal itu tentu akan membuatmu merasa putus asa. Bahkan, kamu pun jadi merasa bahwa sejumlah cara menghilangkan malas tersebut tak ada gunanya untuk dilakukan. Walau begitu, kamu tak perlu khawatir. Pasalnya, dengan remotivasi atau memotivasi kembali dirimu, kamu bisa lebih termotivasi kembali untuk menghilangkan rasa malasmu, meski kamu sempat gagal dan putus asa. Kamu bisa melakukan remotivasi dengan cara mengingat-ingat kembali goals yang hendak kamu capai atau mengingat-ingat kembali apa saja manfaat dibalik menghilangkan rasa malas.

Cara menghilangkan malas satu ini juga bisa kamu lakukan dengan cara self talk atau memberikan sugesti positif ke dalam diri. Contohnya, dengan mengatakan ke diri sendiri, “aku yakin kamu bisa menghilangkan rasa malas di dirimu. Kamu hanya perlu bersabar dan terus berusaha.”

Mengatasi rasa malas memang tidak mudah. Perlu disiplin dan proses maupun usaha yang kontinyu agar kamu senantiasa dapat mengusirnya. Ingatlah bahwa cara menghilangkan rasa malas harus mulai dari diri sendiri.

Back to top button
error: