close
Pengembangan Diri

Dampak Negatif Penggunaan Media Sosial Yang Dapat Merusak Hidupmu

Oke guys, pada artikel kali ini kita bakal bahas beberapa dampak negatif dari penggunaan media sosial yang bisa merusak hidupmu. Saat ini, dengan berkembangnya teknologi yang semakin pesat, maka semakin banyak juga manfaatnya di berbagai aspek kehidupan manusia, salah satunya Media Sosial. Dengan adanya media sosial, maka kamu dapat berinteraksi dengan semua orang di seluruh dunia secara online dan tak terbatas. Akan tetapi, media sosial juga dapat memberikan dampak negatif bagi kehidupanmu. Maka dari itu, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui dampak negatif apa aja yang bisa merusak hidupmu dan harus dihindari.

Nah, berikut ini ada beberapa dampak negatif yang wajib kamu ketahui dan dihindari ya guys. 

  1. Munculnya rasa malas

Dampak negatif yang pertama adalah akan munculnya rasa malas yang berlebihan. Rasa malas ini muncul karena kamu keseringan bermain media sosial dengan waktu yang tak wajar dan tidak melakukan aktivitas apapun, sehingga kamu hanya fokus dengan media sosialmu saja dan malas untuk bergerak. Dampak tersebutlah yang sangat berbahaya bagi kamu yang masih muda dan mulai masuk usia produktif saat ini. Maka dari itu, mulai saat ini kurangilah bermain media sosial dan perbanyaklah melakukan kegiatan-kegiatan atau aktivitas-aktivitas bermanfaat yang dapat menunjang produktivitasmu agar terhindar dari rasa malas.

  1. Terpengaruh oleh berita atau kabar hoax

Dampak negatif yang kedua adalah munculnya berita atau kabar hoax (palsu). Perlu kamu ketahui, sampai saat ini masih maraknya orang-orang yang tidak bertanggungjawab memanfaatkan media sosial sebagai tempat untuk menyebarkan berita atau kabar hoax. Penyebarannya tidak hanya di media sosial saja, melainkan juga di internet. Maka dari itu, sebagai user (pengguna) kamu harus bisa membedakan mana berita yang valid dan juga berita yang hoax dengan cara mencari sumber berita tersebut dan menelitinya terlebih dahulu secara baik, agar kamu tidak terpengaruh dengan berita/kabar hoax.

Baca Juga  Ada Apa Dengan Perasaan Manusia (Emosi Manusia)?
  1. Membuang-buang waktu yang bermanfaat

Dampak negatif yang terakhir adalah membuang waktu yang bermanfaat. Tanpa kamu sadari, dengan seringnya bermain media sosial hanya dapat membuang-buang waktumu saja yang seharusnya bisa kamu gunakan waktu tersebut dengan hal-hal atau kegiatan yang bermanfaat (seperti beribadah, belajar, berolahraga, dll). Maka dari itu, mulai saat ini pergunakanlah waktu luangmu dengan hal-hal atau kegiatan yang positif dan bermanfaat, kurangi bermain media sosial dengan cara mengatur waktunya se-efektif mungkin.

Oke guys, sekian artikel tentang beberapa dampak negatif dari penggunaan media sosial yang bisa merusak hidup dan mengganggu produktivitasmu. Tetaplah bijak dan manfaatkan media sosial untuk hal-hal yang positif ya guys.. Terima kasih dan semoga bermanfaat 😉

Safrido Ahmad Perdana

Lulusan S1-Sistem Informasi dari Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jakarta STI&K tahun 2022. Saya memiliki keahlian, ketertarikan serta minat di bidang IT, Desain Grafis, dan Sosial Media. Saya memiliki kepribadian orang yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi mengenai hal-hal atau keahlian baru, memiliki daya kreatifitas yang baik, dan memiliki semangat dalam menghadapi tantangan baru kedepannya.

Artikel Terkait

Back to top button
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.