Pengembangan Diri

Tips Mudah Mengubah Pola Pikir Agar Terhindar Dari Kesalahan Berpikir

Tips Mudah Mengubah Pola Pikir Agar Terhindar Dari Kesalahan Berpikir – Hidup di era yang penuh akan teknologi saat ini bukanlah suatu hal yang asing lagi. Dari sekian banyak teknologi, salah satu teknologi yang sangat besar perubahannya adalah media penyebar informasi. Di masa yang seperti sekarang ini, dapat kamu ketahui sendiri bahwa informasi begitu cepat menyebar dalam satu kali kedipan mata saja. Hal apapun akan kamu dapatkan, dan dari sederetan informasi sudah pasti ada yang berdasarkan fakta dan ada yang hanya sekedar opini belaka. Semuanya bergantung pada kamu yang harus pandai dalam mencermatinya.

Baca Juga: 2 Alasan Penting Berpikir Kritis dan Rasional

Terlebih lagi, bukan hanya sekedar informasi yang tersampaikan kepada kamu. Tetapi, informasi itu ada pula yang datang bersamaan dengan dampak negatif bagi kamu jika kamu tidak mencermatinya dengan seksama terlebih duhulu. Well, informasi yang seperti apa? Tentunya, infomasi yang tidak bermutu. Karena informasi yang seperti ini juga ikut tersebar dengan cepat , disinilah titik permasalah besar yang harus kamu cermati dengan baik. harus kamu hindari betul untuk percaya terhadap sembarang informasi tanpa meninjaunya kembali dengan benar, karena hoax bertebaran dimana – mana.

Baca Juga: Cara Mengetahui Apa Itu Sesat Berpikir (Logical Fallacy)

Tanpa perlu kamu teliti lagi, sudah banyak manusia didunia ini yang menjadi korban hoax. Secara tanpa sadar saja terdapat bias dari informasi yang diperoleh. Bisa terjadi bias terhadap informasi tersebut karena logika kamu dalam mengolah informasi yang didapat kurang tepat. Maka, kamu dapat dengan mudah terpengaruh pada isu hoax yang beredar tersebut. Hoax membawa dampak buruk yang sangat besar karena benar – benar dapat mengubah persepsimu terhadap dunia.

Untuk menanggapi hal ini, sekaligus mengubah pola pikirmu agar tidak terjadi kesalahan dalam berpikir. Saya akan memberikan solusinya sebagai berikut.

1. Amatilah dari Berbagai Sudut Pandang yang Berbeda

Seperti pada artikel sebelumnya mengenai critical thinking, penting untuk kamu mengkritisi suatu informasi dengan cermat dan temukan bukti – bukti kuat yang memang benar adanya mendukung informasi tersebut. Amati dari banyak sudut pandang yang berbeda, amati apakah informasi ini dari media B seperti ini, apakah dari media C seperti ini, dan jika kamu tidak menemukan kejanggalan sekaligus memiliki bukti yang menjadi pendukung untuk informasi tersebut maka, dapat disimpulkan informasi tersebut valid fakta bukan sekedar karya opini.

Apabila kamu menemukan kejanggalan pada informasi tersebut maka, kamu harus lebih mencermatinya lagi. Temukan kejanggalan lainnya sampai memang benar menyatakan bahwa informasi tersebut hanya sekedar opini atau hoax. Eits, jangan sampai kamu terburu – buru dalam menanggapi suatu informasi ya. Pentingnya kamu mengamati suatu informasi dari berbagai sudut pandang agar kamu tidak menjadi orang yang subjektif dalam menanggapi suatu informasi dan menjadi bias.

2. Sadari Faktor Lain yang Pengaruhi Pola Pikirmu

Pada suatu kondisi kamu sedang mengalami trauma karena pernah ditinggalkan sampai sebegitu sakitnya kamu. Lalu, kamu men-generalisasikan bahwa semua wanita adalah penggoda saja. Nah, kamu memikirkannya seperti ini pada otakmu hanya berdasarkan pengalamanmu saja, karena kamu secara subjektif menyimpulkannya dan ini betul merusak pola pikirmu karena kamu men-generalkan satu objek untuk objek lainnya juga. Ya, pada faktanya tidak semua wanita adalah penggoda, masih banyak diluar sana yang lebih  baik.

Nah, agar kamu tidak mengalami kesalahan berpikir seperti ini cobalah untuk lebih mencermati dan menelaah dengan seksama hal itu. Perhatikan apakah yang kamu pikirkan adalah benar? Apakah make sense yang kamu pikirkan itu? Jangan sampai kamu bias pada diri kamu sendiri. Lebih perhatikan fakta yang ada jika kamu mendengar suatu informasi. Misalnya, pada contoh tadi kamu mengklaim bahwa semua wanita itu penggoda. Yap, tanya lagi pada dirimu apakah ini benar atau salah? Apakah faktanya seperti ini? Tentunya, lebih objektiflah dalam memikirkan dan menyimpulkan suatu hal agar kamu tidak salah dalam memikirkan sesuatu.

Overall, itulah mengenai tips agar kamu terhindar dari kesalah dalam berpikir dan dapat mengubah pola pikirmu menjadi lebih baik lagi. Jangan malas untuk berpikir agar tidak terjerumus pada informasi – informasi yang mengandung hoax.

Semoga bermanfaat. Arigatou J.

Back to top button
error: