close

Tips-Tips Bagi Kamu Dalam Menghadapi Sifat Overthinking

Oke guys, pada artikel kali ini kita bakal bahas masalah overthinking dan tips-tips apa aja yang bisa kamu terapin untuk mengatasi atau menghadapinya.

Nah, sebelumnya kamu udah tahu atau belum nih overthinking itu apa? Jadi, overthinking itu suatu kondisi dimana seseorang terlalu banyak memikirkan suatu hal secara berlebihan dan belum tentu terjadi. Di saat seseorang mengalami kondisi tersebut, maka akan menghambat dalam menyelesaikan masalah bukan menemukan solusinya.

Sampai saat ini, penyebab overthinking masih belum diketahui secara pasti. FYI, kondisi ini ternyata banyak dialami oleh orang-orang yang mengidap penyakit psikis, seperti gangguan kecemasan atau depresi lho guys.

Ciri-Ciri Overthinking : 

Tanpa kita sadari, pasti kita pernah mengalaminya. Akan tetapi, kita belum tahu nih apa aja sih ciri-ciri atau tanda-tanda orang yang overthinking? Nah, berikut ini adalah ciri-ciri orang yang suka overthinking : 

1. Sering menyalahkan diri sendiri ketika berbuat salah

Ciri yang pertama adalah kamu sulit untuk move on dari kesalahan yang telah diperbuat dan sering menyalahkan diri sendiri. Bukannya belajar dari kesalahan dan melanjutkan rutinitas, kamu malah terlalu memikirkan beberapa kemungkinan yang bisa saja terjadi jika kesalahan tersebut memang fatal.

2. Munculnya rasa cemas yang berlebihan.

Ciri yang kedua adalah jika kamu sering terlalu overthinking akan membuatmu merasa cemas karena otak terus bekerja. Terlebih lagi pada saat kamu akan tidur, pasti tidak akan bisa tenang dan sulit untuk memejamkan mata

3. Sulit dalam mengambil keputusan

Ciri yang terakhir adalah kamu pasti akan sulit mengambil suatu keputusan karena terlalu terpaku dalam menganalisis permasalahan yang dihadapi. Akibatnya, tidak dapat menemukan keputusan yang tepat dan hanya membuang waktu saja.

Nah, dari beberapa ciri-ciri atau tanda-tanda yang sudah dijelaskan atas, apakah kamu pernah mengalaminya? 🤔

Tips-Tips Untuk Menghadapi Overthinking : 

Setelah kita tahu ciri-ciri atau tanda-tanda orang yang overthinking, ternyata berbahaya dan berdampak pada kesehatan juga ya guys. Nah, kira-kira ada engga ya tipsnya biar kita bisa hadapi overthinking? Pastinya ada dong! Ibarat penyakit pasti ada obatnya hehe 😅. Nih ya, kita kasih tahu tips-tips nya apa aja buat hadapi sifat overthinking :

1. Mulai Menyadari Kalo Kita Lagi Overthinking

Tips yang pertama adalah FYI, tanpa kita sadari menjadi orang yang overthinking bisa jadi suatu kebiasaan. Maka, kamu perlu menyadari apa yang sedang kamu lakukan atau pikirkan. Jika kamu masih terus menyesali atau mengkhawatirkan hal-hal yang belum tentu terjadi, dapat disimpulkan bahwa itu hanyalah sia-sia dan membuang waktumu saja. 

2. Jangan Terlalu Reaktif Tapi Jangan Sampai Diabaikan

Tips yang kedua adalah mulailah tenangkan dirimu dan renungkan apa yang sudah kamu katakan atau lakukan ketika dalam kondisi cemas dan khawatir. Jika sudah mulai tenang, cobalah berfikir apakah hal yang kamu khawatirkan itu ada di dalam atau di luar kendalimu. Perlu diingat, bahwa kamu tetap bisa mengendalikan keputusan apa yang ingin diambil dan bagaimana kamu akan merespon kejadian tersebut.

3. Mulai Bertanyalah Pada Diri Sendiri Seberapa Besar Kemungkinan Buruk Itu Akan Terjadi

Tips yang terakhir adalah kamu pasti sering memikirkan kemungkinan sesuatu terburuk yang akan terjadi pada suatu hari nanti, padahal kenyataannya tidak seburuk yang dibayangkan. Maka dari itu, jangan hanya mengikuti mood saja tapi kamu perlu mengumpulkan data dan bukti agar bisa berfikir logis. Dari data dan bukti tersebut, nantinya akan membantu kamu menyadari bahwa mood mu cenderung berlebihan. Oleh karena itu, mulai sekarang tulis dan analisa semua kemungkinan-kemungkinan buruk yang akan terjadi dan juga catatlah solusi yang bisa lakukan sebagai jalan keluar dari permasalahan-permasalahan atau kemungkinan buruk tersebut.

Oke guys, sekian artikel tentang overthinking dan tips-tips atau cara untuk menghadapinya yang telah kita bahas.Tetaplah positive thinking dan produktif demi mencapai tujuan dan cita-citamu ya.. Terima kasih dan semoga bermanfaat 😉

Back to top button

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Silakan untuk Menonaktifkan Adblocker ya, agar bisa mengakses semua layanan ini secara gratis!