Pengembangan Diri

Tips Atur Keuangan Kamu Agar Tidak Miskin Diakhir Bulan

Sering ga sih kamu mengalami miskin di akhir bulan? Setiap kali tiba akhir bulan kamu selalu miskin tiba – tiba karena uang sudah habis, ketika baru mendapat uang rasanya cepat sekali uang habis untuk bayar listrik, bayar cicilan, beli ini itu, bayar kosan dan masih banyak lagi. Yang pastinya uangmu seperti tidak terkontrol dan dompet seperti memiliki lobang tersendiri yang membuat uang jebol habis dengan begitu mudahnya tak terasa. Tentu saja, keadaan seperti ini sering terjadi pada kamu yang masih lajang dan coba kamu pikirkan bagaimana jika kamu sudah berkeluarga dan punya anak, suami atau istri yang harus kamu penuhi kebutuhannya. Pastinya, kamu tidak bisa dong terus – terusan untuk miskin setiap akhir bulan, kamu harus belajar untuk save money agar tidak miskin diakhir bulan.

Baca Juga: 3 Tips Mengatasi Masalah Keuangan dan Biaya Kuliah

Maka, kamu perlu mempelajari prinsip dasar agar keuanganmu dapat stabil. Pada artikel kali ini saya akan membahasnya. Mari baca dengan seksama!

“Perkecil pengeluaran, Perbesar pemasukan”

Dalam mengatur keuangan, kamu perlu memahami satu prinsip dasar dalam keuangan dan ini benar – benar dasar untuk kamu pelajari dan terapkan yaitu dalam mencapai stabilitas keuangan kamu harus memperhatikan bahwa uang yang kamu keluarkan harus lebih sedikit dari uang yang kamu masuk kedompet kamu. maka, kamu perlu memperhatikan uang yang kamu keluarkan, kamu harus punya perencanaan uang yang kamu keluarkan perharinya berapa. Mungkin cukup terdengar begitu mudah prinsip ini untuk dilakukan, hanya saja pada nyatanya sulit untuk diterapkan. Karena sudah pasti beberapa dari tidak memperhatikan keuanganmu yang keluar berapa dan yang masuk berapa. Jika, prinsip dasar dalam keuangan ini saja tidak kamu terapkan maka, kamu akan menjadi seseorang yang tidak peduli dengan keuangan yang kamu keluarkan hingga pada suatu ketika keuanganmu mulai menipis, kamu jadi memaksa diri kamu untuk hemat dan menyebabkan dirimu tertekan tidak bisa membeli hal yang kamu butuhkan.

Baca Juga: 3 Cara Untuk Mulai Mengelola Keuangan Pribadi yang Baik

Nah, untuk itu tips yang dapat kamu lakukan untuk meminimalisist kemungkinan kamu miskin diakhir bulan dengan melakukan tips sebagai berikut.

1. Budgeting

Cara ini sebetulnya sudah sangat umum, tetapi kamu pasti sangat malas untuk melakukannya. Padahal ini sangatlah simple dan bermakna sekali, coba kamu lakukan budgeting pada keuanganmu. Kamu hitung pendapatanmu itu perbulan dan tentukan berapa pengeluaranmu, dan setelah itu kamu dapat menelaah pengeluaranmu dengan prinsip dasar seperti yang saya jelaskan diawal tadi, kecilkan nominal pengeluaran dibandingkan dengan nominal pemasukan. 

Menggunakan cara budgeting ini kamu dapat mengetahui pola pengeluaranmu seperti apa, dan kamu bisa minimalisir pengeluaranmu yang besar jika itu adalah hal yang kurang berguna. Misal, uang untuk nongkrong, jajan, shopping, dll.

2. Value Of Spending

Hal kedua yang dapat kamu lakukan untuk kegiatan ini adalah value of spending agar kamu dapat mengurangi pengeluaranmu dalam jangka panjang. The of this point adalah pengeluaran < dari pemasukan, dan mengeluarkan uang dengan memperhatikan value of spending, yang artinya jika kamu ingin mengeluarkan uang membeli sesuatu ya kamu harus memperhatikan nilai dari yang ingin kamu beli, jika tidak terlalu penting lebih baik tidak usah dibeli, dan beli saja yang sekiranya itu sangat penting. Dengan lebih memperhatikan value of spending dalam menggunakan uang akan lebih membuat kamu pandai dalam memangkas hal – hal yang tidak penting untuk kamu beli.

Nah, dengan melakukan dua tips yang saya jelaskan tadi keuanganmu akan  lebih terkontrol baik itu dalam jangka pendek ataupun jangka panjang. Tetapi, jangan salah tanggap dengan tips ini. Tips ini mengajarkanmu hemat yang mana hematnya bukan berarti memangkas diri kamu dari membeli hal apapun yang kamu inginkan, hanya saja lebih membuat kamu tau untuk membeli hal yang lebih penting untuk kamu bertahan dan membuat kamu bahagia. Jika kamu memaksa untuk berhemat mati – matian maka, langkah ini salah sekali. Karena hal dengan kamu berhemat seperti itu membuat diri kamu jadi tertekan serta tidak produktif.

Well, that’s all the tips of managing money. Semoga Bermanfaat, Arigatou Subete.

Back to top button
error: