Pengembangan Diri

Mental Orang Sukses yang Wajib Kamu Ketahui

Jangan jadi dirimu apa adanya tapi teruslah berkembang jadi dirimu yang terbaik, seperti momen dimana Derek Redmond dan Gregory Campbell yang sudah cedera tapi masih tetap berjuang yang terbaik untuk menyelesaikan perjuangannya.

Gimana sih cara nya jadi dirimu yang terbaik? Pertama kamu harus menerima diri kamu secara keseluruhan dari hal baik sampai buruknya diri kamu. Setelah itu jangan sampai stuck disitu, tapi terus kembangkan diri asah skill yang ada pada diri kamu, terus belajar, sampai kamu mampu melakukan sesuatu yang dulunya kamu anggap “bukan bakat saya”.

Baca Juga: 4 Langkah Untuk Kamu Agar Sukses Lebih Cepat

Terkadang kamu perlu jadi dirimu sendiri dalam artian kenali diri kamu, kelemahan dan kelebihan kamu, sehingga kamu bisa tau nih yang mana yang harus ditonjolkan. Kamu bisa jadi apa saja, itu benar, tapi apa sih yang paling kamu passion-in itu yang harus kamu kejar. Steve Jobs punya passion di dunia komputer dan dia nggak jadi penyanyi padahal katanya kita bisa jadi apa aja, hal ini karena dia mengejar passionnya. Orang akan berubah setiap tahunnya itu pasti. Hidup itu dinamis. Jadilah versi diri sendiri yang lebih baik sesuai passion kamu. Ibarat kata “Cinta nggak bisa dipaksakan tapi kalau terpaksa akhirnya cinta juga”. Dari situ kita bisa paham nih orang yang bekerja tidak sesuai passionnya, tapi karena terpaksa akhirnya kerjaan itu jadi passion.

Sebenarnya diri kita dari tahun ketahun akan terus berubah, misalnya aja diri kamu setahun yang lalu sudah pasti berbeda sama yang sekarang, maka sudah jelas jika diri kita berubah-ubah. Nah ketika diri kita bisa berubah-ubah kita juga sebenarnya bisa punya andil dalam memilih diri kita itu mau diubah kearah yang mana. Kemampuan untuk mengubah diri ini dipengaruhi oleh konsep growth mindset yang dikemukakan oleh seorang professor ilmu psikologi dari Stanford University, Carol Dweck. Konsep ini akan sangat berpengaruh ke perubahan diri kita.

Baca Juga: 20 Prinsip Hidup Sukses Untuk Kamu

Growth mindset adalah pola pikir bertumbuh dimana kamu meyakini bahwa pemahaman dan kemampuan seseorang dapat berkembang seiring waktu dengan kerja keras, sehingga menjadikan mereka jadi lebih pintar, cerdas, dan berbakat. Mereka memandang bila kemampuan dan kecerdasan dapat dikembangkan demi mencapai kesuksesan yang dinginkan. Ini sangat berbeda jauh dengan lawannya yaitu fixed mindset. Fixed mindset cenderung beranggapan bahwa karakter, intelijensi dan kreativitas kita adalah bakat alami yang tidak bisa dikembangkan. Misalnya kamu ingin pintar kimia tapi kamu nggak mau belajar karena kamu tahu bahwa bakat kamu bukan di pelajaran kimia. Fixed mindset lebih banyak condong pada keyakinan tentang kecerdasan dan bakat tidak dapat diubah. Sehingga mereka terkesan menerima apa adanya kemampuan bawaan mereka.

Beda dengan mereka yang memiliki growth mindset, mereka percaya bahwa kekurangan dan kesalahan di masa lalu bisa diperbaiki. Bahkan dengan usaha keras dan kemauan belajar, kualitas dan keterampilan individu bisa diraih. Contoh pola pikir ini memang sangat pantas untuk dimiliki orang-orang yang ingin meraih kesuksesan. Itulah mengapa growth mindset ini biasa disebut sebagai pola pikir orang sukses. Mengapa demikian? Karena mereka yakin bahwa kemampuan dan keterampilan setiap orang bisa berubah setiap saat, yang mana setiap individu bisa mengubah dan memperbaiki perilaku dan meningkatkan kemampuan mereka.

Baca Juga: Harga Dari Suatu Kesuksesan yang Sebenarnya

Nah dari sini kamu pasti sudah paham kenapa growth mindset perlu dimiliki oleh mereka yang ingin sukses. Jadi lah versi terbaik diri kamu dengan terus menggali potensi dalam diri kamu.

Fixed mindset cenderung akan membuatmu merasa diri paling sempurna karena bakat yang telah dimiliki. Sementara, pola pikir growth mindset akan membuatmu tidak berhenti untuk mengeksplor kemampuan diri, terus belajar, dan berusaha. Jadi, bila kamu ingin mencapai kesuksesan. Pastikan kamu mulai menerapkan pola pikir growth mindset.

Namun sebenarnya tidak ada salah antara fixed mindset dengan growth mindset. Karena orang bisa jadi hebat kalau bisa mengkombinasikan dua hal yang saling berseberangan.

Jika ingin mencapai kesuksesan, maka hal yang harus kamu lakukan adalah memiliki dan mengembangkan mindset atau pola pikir yang tepat. Pasalnya, pola pikir yang tepat tidak hanya mempengaruhi caramu melihat dunia, tapi juga membentuk respon dan tindakan bahkan yang tidak kamu sadari.

Back to top button
error: