FinansialPengembangan Diri

3 Tips Mengatasi Masalah Keuangan dan Biaya Kuliah

3 Tips Mengatasi Masalah Keuangan dan Biaya Kuliah – Permasalahan dalam finansial memang sudah menjadi permasalahan secara internal setiap orang, tak heran jika banyak sekali kita temui bahwa orang – orang memiliki masalah yang cukup memusingkan yaitu dari segi finansial.

Baca Juga: 3 Cara Untuk Mulai Mengelola Keuangan Pribadi yang Baik

Realistisnya saja, jika kita butuh apa – apa yang pastinya dengan uang, dan apapun itu dengan uang. Terlebih lagi untuk kamu yang hendak ataupun sedang didunia perkuliahan sudah pasti memikirkan, “bagaimana aku bisa kuliah sedang saja orang tuaku tidak punya biaya dan aku tidak punya biaya serupiah pun”. Nah, begitu bukan yang kamu khawatirkan? Iya, begitulah yang seringkali kita khawatirkan sehingga menyebabkan kita tidak ingin melanjutkan kuliah hanya karena terkendala biaya.

Baca Juga: 6 Hal yang Harusnya Kita Pelajari di Sekolah

Baiklah, disini saya akan memberikan beberapa opsi yang memungkinkan dapat menjadi solusi.

1. Manfaatkan beasiswa

Nah, sudah pastinya kamu familiar dengan apa itu beasiswa. Beasiswa adalah bantuan finansial dari pihak pemerintah atau swasta. Adanya banyak beasiswa yang beredar seperti Beasiswa Bakti BCA, Beasiswa Bank Indonesia, Beasiswa Sampoerna Foundation, Beasiswa Djarum, Beasiswa PPA, dan masih banyak lagi yang tentunya diperuntukkan untuk kita yang butuh karena mempunyai kendala dalam finansial. Oh hei, adapula beasiswa untuk kamu yang hendak masuk kuliah dan ini sifatnya fully funded sampai kamu tamat kuliah, yaitu beasiswa bidikmisi. Yups, dengan beasiswa bidikmisi ini kamu bisa masuk kuliah tanpa perlu memikirkan bayaran UKT kuliahmu, dan disisi lain kamu juga akan diberi uang saku yang lumayan. Sehingga bisa untuk kamu survive semasa kuliah.

Mendaftarlah beasiswa, dan jangan pernah merasa gengsi bahwa kamu kuliah dengan beasiswa, tapi berbanggalah karena kamu kuliah tidak dengan memberatkan orang tua karena kamu memiliki beasiswa. Lalu , janganlah malas untuk mendaftar beasiswa dan malas mengurus peradministrasiaannya. Karena segala sesuatu membutuhkan usaha jika kita menginginkannya

2. Manfaatkan Dana Usaha

Jika dalam dunia organisasi tentu tidak asing lagi dengan danus atau dana usaha, karena dengan danus suatu organisasi dapat mempunyai income. Nah, begitu pula dengan kita, kita dapat memiliki pemasukan dengan mencoba danus ini. Bagaimana? Ya, dengan cara kita membeli suatu hal ringan yang entah itu snack atau merchandise. Lalu, kita jual uang dengan harga yang berbeda dan pastinya kamu akan memiliki keuntungan yang bisa menjadi uang sakumu, sedangkan modalnya akan kembali kamu putarkan untuk membeli produk yang akan kamu jual dihari berikutnya. Cukup menarik bukan sebagai sumber penunjang semasa kuliah.

3. Kerja Ringan

Disini, yang saya maksudkan kerja adalah kerja yang tidak akan mengganggu waktu kuliahmu. Oh ya, kerja seperti ini sering juga disebut sebagai kerja part time. Karena dengan kamu menjadi part timer, kamu akan mendapatkan penghasilan yang lumayan. Ada beberapa kerja ringan yang bisa kamu coba.

Pertama adalah menjadi guru les, untuk pekerjaan ini kamu mungkin bisa mengajar les anak sekolah yang mungkin butuh bimbingan belajar khusus sesuai dengan bidang kamu kuasai. Misalnya, bahasa inggris, matematika, atau jika untuk anak SD kamu bisa mengajarinya membaca, menulis dan berhitung.

Kemudian yang kedua yaitu membantu dosen atau menjadi asisten dosen, pada pekerjaan ini tentunya siapa yang tidak mau. Begitu seru jika kamu bisa bekerja dengan membantu dosenmu sendiri, mungkin saja kamu akan dimintanya untuk membantu dalam presentasi suatu materi atau membuat makalah, dan bahkan menggantikannya masuk kelas jika beliau sedang sibuk. Tentunya, nanti kamu akan diberikan imbalan dari hal yang kamu lakukan tersebut.

Dan yang ketiga yaitu untuk kamu yang sudah tergolong mahasiswa tingkat akhir, mungkin kamu sudah bisa memulai untuk mencoba beberapa pekerjaan yang cukup menantang seperti bekerja sama dengan dosen dalam membantunya melakukan penelitian, atau membantu sebar kuisioner, melakukan survei.  Dari hal yang kamu lakukan tersebut, beliau akan memberikanmu imbalan yang sesuai.

Nah, ketiga solusi kendala dalam keuangan yang  telah saya sampaikan. Ada satu hal yang perlu kamu terapkan sebelum menerapkan ketiga solusi diatas, yaitu teknik budgeting atau anggaran. Kamu perlu membuat anggaran dana agar kamu dapat mengetahui anggaran kamu perhari, perminggu dan bahkan perbulannya agar kamu bisa memantau pemasukan dan pengeluaran kamu. Sehingga kamu tidak akan mengeluarkan uang hanya sekedar untuk hal yang sia – sia.

Semoga bermanfaat, Arigatou J.

Back to top button
error: