close

Kamu Suka Menunda? Ini Solusinya

Kamu Suka Menunda? Ini Solusinya – Tahukah kamu? Kebiasaan menunda – nunda merupakan suatu perilaku yang sangat buruk.

Mengutamakan hal yang lebih menyenangkan memang asik dan seru, terlebih lagi hanya demi hal tersebut kamu akan menunda pekerjaan atau tugas yang seharusnya kamu kerjakan disaat itu juga. Yap, jika kamu terlalu sering menunda seperti ini maka, menunda melakukan sesuatu akan menjadi kebiasaanmu yang sulit dihilangkan. Orang yang suka menunda – nunda pekerjaan atau suatu tugas demi melakukan hal yang lebih menyenangkan baginya meskipun itu hanyalah hal sepele disebut Procrastinator.

Baca Juga: 2 Cara Ampuh Mengatasi Stres

Menghilangkan kebiasaan menunda – nunda adalah kebiasaan yang memang terbilang sulit untuk dihilangkan, untuk memerangi kebiasaan menunda – nunda kamu perlu melakukan suatu aksi nyata agar kebiasaan tersebut tidak melekat terus pada diri kamu. Kebiasaan menunda tidaklah hanya sekedar merugikan kamu saja misalnya, kamu menunda mengerjakan tugas sekolah hingga deadline pengumpulan tiba kamu baru hendak mengerjakan., kemudian memberikan dampak buruk kepada orang lain disaat ada suatu pekerjaan yang berkaitan denganmu dalam penyelesaiannya sedangkan kamu menunda untuk itu. Ya, padahal jelas saja hal itu adalah hal penting yang harus kamu kerjakan tetapi kamu malah beralih mengerjakan hal lain yang sama sekali tidak ada pentingnya.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Menemukan Passion Diri Kamu

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Ya, melalui artikel ini akan dijelaskan solusinya. Simak dengan baik ya! :)

Doing Self Regulation (Regulasi Diri)

Regulasi diri adalah salah satu cara yang sangat sederhana untuk kamu lakukan. Tetapi, saya definisikan terlebih dahulu regulasi diri itu apa? Oke, regulasi diri adalah mengatur diri atau mengontrol diri dalam emosi dan perubahan perilaku terhadap suatu kondisi agar bisa mencapai tujuan yang seharusnya. Mungkin terdengar rumit untuk dipahami secara istilah, jangan khawatir! Disini saya akan menjelaskan caranya melakukan regulasi diri dengan suatu strategi yang baik agar maksimal regulasi diri yang kamu lakukan.

1. Planning

Kamu harus membuat perencanaan pada target yang ingin kamu capai. Pertanyakan dalam hati kamu, ”Apa yang sebenernya ingin aku capai?”. Lalu, perhatikan durasi yang kamu butuhkan berapa lama untuk mencapainya? Dan jangan abaikan hal – hal apa saja yang pasti menghambat tujuanmu ini. Nah, kamu perlu mencatat semua perencanaan tersebut di notes kamu, mungkin itu di hp, komputer atau media reminder lainnya.

2. Eksekusi dan Monitoring Rencanamu

Setelah kamu membuat perencanaan, kamu lakukan langkah kedua ini yaitu, eksekusi atau lakukan apa yang telah kamu rencanakan. Kemudian, disaat kamu telah atau sedang melakukan rencanamu itu maka, kamu perlu memantau strategi yang telah kamu buat pada rencanamu itu. Lalu, jangan sampai lupa untuk memperhatikan hal – hal yang akan memicu tertundanya rencanamu. So, rencanamu itu bukan hanya sekedar melakukan apa yang seharusnya kamu lakukan saja. Tetapi, juga mengenai tidak melakukan hal yang seharusnya tidak kamu lakukan. Misalnya, ada teman kamu yang sepulang sekolah mengajakmu untuk pergi main sambil belajar, kemudian kamu ingat lagi rencana yang sudah kamu buat bahwa kamu harus mengerjakan tugas dan belajar di rumah. Lagian tugas dan belajar juga lebih efektif jika dikerjakan sendiri di rumah tanpa sambil bermain dengan teman, karena pasti tidak akan selesai.

3. Refleksi

Jika kamu sudah dengan rutin dan terus – menerus melakukan apa yang sudah kamu rencanakan maka, kamu memasuki fase yang ketiga ini yaitu refleksi. Di fase ini kamu bisa mulai untuk menilai tingkat keberhasilan disetiap rencana yang telah kamu lakukan. Kamu perlu menilai sejauh mana pencapaianmu, lalu apa saja yang masih harus kamu ubah dan perbaiki,  kemudian analisa strategi yang kamu lakukan efektif atau belum. Contohnya, rencana kamu adalah menurunkan berat badan sebanyak 20kg dan kamu berhasil melakukannya. Tetapi, setelah kamu evaluasi terdapat hal yang efektif dan tidak efektif dalam rencanamu saat diet tersebut. Ya, kamu suka jogging dan kamu lakukan itu terus – menerus sedangkan pada rencanamu tercantum olahraga lain yaitu, futsal dan hanya saja kamu kurang suka sehingga hanya beberapa kali saja kamu melakukannya. Maka, terlihat bukan? Bahwa futsal tidak efektif kamu lakukan dan yang harus kamu lakukan adalah menghilangkannya dari daftar rencanamu.

Kita tidak bisa mengatur semua hal dalam hidup, tetapi pasti bisa mengatur diri sendiri. Karena pengaturan diri adalah kunci dari kesuksesan”

-Jan Mckingley Hilado

Sebetulnya, dengan regulasi diri bukanlah suatu solusi yang dapat secara instan membawa perubahan. Tetapi, secara perlahan jika kamu membiasakannya maka akan berfungsi melakukan regulasi diri untuk menghilangkan kebiasaan menunda.

Oh ya, jika kamu melakukan ketiga hal yang saya jelaskan tadi dikeseharianmu. Pasti kamu akan merasakan efeknya yang bermanfaat dan kamu dapat berpikir secara lebih rasional dalam mempertimbangkan suatu hal. Sehingga, kamu dapat menentukan hal mana yang lebih baik dilakukan dan yang sebaiknya tidak dilakukan.

Semoga bermanfaat, Arigatou :)

Back to top button

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Silakan untuk Menonaktifkan Adblocker ya, agar bisa mengakses semua layanan ini secara gratis!