close

2 Cara Ampuh Mengatasi Stres

2 Cara Ampuh Mengatasi Stres – Hidup didunia ini memang tak bisa terhindar dari suatu masalah sejenak saja. Berdasarkan esensinya semua orang pasti memiliki masalah – masalah tersendiri yang tidak kamu ketahui hingga menjadikannya stres. Terkadang stres memang menyiksa batin kita, tapi adakalanya stres membawa dampak positif ialah dengan menjadikan kamu lebih produktif. Tetapi, jika stres itu berkepanjangan akan berbahaya sekali untuk kesehatan mentalmu.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Mengelola Stress

Terlebih lagi, jika kamu tergolong aktivis entah itu aktivis kantor, atau kampus dan lainnya. Sering kali terjadi drama – drama di dunia kerjamu karena laporan ABCD sudah menunggu, jika kamu mahasiswa maka drama – drama tugas kuliah yang tiada berkesudahan sedangkan tugas satu belum selesai tetapi, tugas yang selanjutnya terus berdatangan. Ohya, belum lagi masalah pribadimu yang mungkin saja kamu dengan kekasihmu sedang mengalami perselisihan. Benar – benar hal tersebut membuatmu harus menghadapinya dibawah tekanan, dan ancaman. Karena beban pikiran yang membuat kamu merasa putus asa, ingin marah tapi tak terlampiaskan, yang pada intinya rasa campur aduk kalut dalam pikiran dan perasaanmu. Rasa stres seperti ini sering kali dialami oleh anak kuliahan yang mana mereka sering stress secara berlebihan sampai benar – benar down. Anak kuliahan lebih rentan stress karena didukung juga dari segi kehidupan dimasa kuliah itu yang memang cukup menekan.

Baca Juga: 5 Ciri Seseorang Sedang Mengalami Depresi

Tentunya, rasa stress membawa dampak buruk yang teramat berbahaya bagi kamu seperti; pekerjaanmu tak kunjung dimulai, tidak ada kemajuan apapun dari yang kamu lakukan, kamu akan sering termenung memikirkan semuanya, bahkan kamu menjadi tidak ramah dengan sekitarmu. Oke, Fix pada kondisi seperti ini kamu butuh solusi untuk mengendalikan stres agar kamu dapar menjadi lebih baik.

Untuk solusi agar kamu bisa mengendalikan stress kamu yang terasa begitu heavy tidak seperti stress yang pernah kamu hadapi pada kehidupan sebelumnya. Mengatasi stress dalam bahasa psikologi adalah coping stress, biasanya setiap orang mempunyai cara yang berbeda – beda dalam coping stress ini; ada yang stress langsung makan, ada yang stress langsung shopping, ada yang stress tidur seharian dan masih banyak lagi.

Cara mengatasi stress disini terbagi menjadi dua jenis. Mari kita simak.

1. Emotion Focus Coping

Jenis coping ini merupakan coping yang merujuk pada penanganan emosi yang kamu miliki. Nah, pada fokus ini kamu lebih menaruh perhati pada penanganan emosi kamu yang membuatmu stress. Tetapi, jika dengan menggunakan pendekatan penanganan emosi seperti ini kurang berdampak baik bagi dirimu. Karena kamu bukan menyelesaikan masalahnya, kamu lebih pada penyelesaian emosimu saja. Secara jangka panjang akan lebih membuat kamu menjadi stress.

Misalnya, kamu mendapat musibah dimana saat itu salah satu orang terdekatmu meninggal dunia. Kamu merasa begitu sedih dan membuat kamu kepikiran akan banyak hal, terlebih lagi kamu banyak berasumsi akan berbagai penyesalan dalam diri kamu sendiri karena kamu merasa belum melakukan suatu hal yang membuat dia senang. Jadi, hal ini memicu emosional kamu memuncak dan kamu menjadi stress. Tetapi, kamu melakukan emotion coping stress ini untuk meredakan stress kamu, dan hanya saja coping ini tidak menyelesaikan masalah utama dari stress nya kamu.

2. Problem Focus Coping

Dapat jelas dilihat perbedaan antara emotion focus coping dan problem focus coping. Jika, problem coping ini lebih berfokus pada penanganan masalah utama penyebab kamu stress. Dengan pendekatan ini kamu langsung pada intinya, kamu langsung men cari solusi pada masalah yang membuatmu stress ini. Kemudian, secara perlahan menggunakan pendekatan ini rasa stress kamu akan lebih terkendali dan stress kamu akan berkurang secara alamiah. Kontras perbedaanya dengan emotion focus coping kamu terlihat seperti menghindari masalah atau lari dalam masalah.

Well, teruntuk kamu yang mengalami stress alangkah baiknya jika menyikapi dengan bijak stress nya kamu.  Jangan berlama – lama dengan stress mu itu, karena akan sangat tidak baik bagi kamu.

Semoga bermanfaat, Arigatou J

Back to top button

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Silakan untuk Menonaktifkan Adblocker ya, agar bisa mengakses semua layanan ini secara gratis!