Pengembangan Diri

6 Hal yang Harusnya Kita Pelajari di Sekolah

Pendidikan yang kurang baik sering dianggap jadi sumber berbagai permasalahan. Setiap ada permasalahan yang menyerang Indonesia, jika diperhatikan ujung-ujungnya balik ke pendidikan lagi. Tapi kalau memang ada yang salah dengan pendidikan kita, sebenarnya apa sih yang harus diperbaiki atau diubah?

Baca Juga: Cara Ampuh Meningkatkan Motivasi Belajarmu

Ada beberapa hal sederhana namun luput diajarkan dalam sistem pendidikan kita. Ini bukan tentang pelajaran fisika rumit yang tidak dipungkiri banyak dihindari orang. Tapi tentang bagaimana pendidikan sepatutnya membentuk anak-anak Indonesia jadi sebaik-baiknya manusia.

Baca Juga: 10 Tips Memilih Kampus Setelah Lulus SMA Atau SMK

Dengan demikian, pertanyaan yang wajib diajukan kenapa kita tidak pernah diajarkan ilmu yang penting dan itu pasti digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti manajemen konflik, cara mengatur keuangan, pendidikan media sosial, literasi digital, manajemen emosi, hingga manajemen diri. Semua itu nyata dipakai dalam kehidupan sehari-hari dan memang sangat penting.

Apa saja hal yang seharusnya diajarkan di Sekolah?

1. Personal Finance

Karena kita harus bisa mengelola keuangan kita sendiri, kita harus bisa dasar-dasar masalah keuangan. Yang dimaksud dengan personal finance pada dasarnya adalah ilmu untuk mengatur uang atau keuangan. Aktivitas yang satu ini melibatkan semua keputusan finansial dan berbagai aktivitas yang dilakukan oleh seorang individu atau keluarga. Misalnya bagaimana memperoleh pendapatan, teknik menabung, cara berinvestasi dan juga membelanjakan uang atau harta benda yang dimiliki.

2. Relationship

Kita ini makhluk sosial, oleh karena itu masalah-masalah relationship biasanya ngaruh ke kehidupan sehari-hari. Misalnya kita pasti pernah dengar orang yang ngeluh tentang temannya yang ingkar janji atau bahkan pacarnya yang selingkuh. Perlu ditekan kan ini sebenarnya memang masalah yang umum dan sedikit pribadi tapi penting dipelajari agar tidak terulang lagi ibarat kata jangan sampai jatuh kelubang yang sama.

3. Karir

Pasti banyak banget diluar sana yang masih bingung milih jurusan kuliah. Apa sih jurusan yang cocok untuk saya? Itu pertanyaan yang selalu muncul pada saat ingin melanjutkan ke bangku kuliah. Begitu juga pada saat ingin masuk SMA masih banyak yang bingung ingin ambil jurusan IPA atau IPS. Ini adalah masalah-masalah karir yang berujung ke masa depan dan seharusnya penting banget di pelajari di sekolah namun justru malah pengetahuan tentang ini minim kita dapatkan di sekolah.

4. Critical Thinking dan Logical Reasoning

Berpikir kritis dan logis. Ini juga penting diajarkan karena didunia yang serba digital ini kita benar-benar overload informasi, dengan berpikir kritis dan logis kita harus pintar-pintar memilah dan memfilter informasi yang bermanfaat, bukan mudah termakan hoax. Tapi sayangnya ini juga tidak diajarkan disekolah.

5. Sejarah Agama dan Aliran Filsafat

Terkdang masih ada yang tidak tau sejarah agamanya sendiri, apalagi sejarah agama orang lain. Ini penting untuk dipelajari karena kita akan selalu bertemu orang yang berbeda diluar sana yang mana agama dan filosofi hidupnya beda dengan yang kita anut, dari perbedaan itulah kita perlu diajarkan yang namanya toleransi.

6. Self-Awareness dan Self-Control

Kesadaran tentang diri kita sendiri itu penting. Ketika kita sadar tentang kelemahan dan kelebihan diri kita, kita sadar apa yang kita lakukan itu baik atau buruk, dan dari sanalah kita bisa mengontrol diri dan perilaku kita menjadi lebih baik. Karena banyak orang yang salah jalan akibat pergaulan yang tidak baik.

Itulah hal yang perlu dipejari di sekolah. Kita juga sadar sebagaimana dunia maya telah menjadi media yang bisa dimaksimalkan untuk belajar apalagi dengan kondisi sekarang yang mengharuskan kita lebih banyak belajar mandiri. Maka perbanyaklah berselancar didunia maya secara cerdas. Semoga bermanfaat.

Back to top button
error: