close
Pengembangan Diri

Apakah Kuliah Tidak Penting???

Apakah Kuliah Tidak Penting  – Berkaca dari Mark Zuckerberg, Founder Facebook yang memutuskan untuk berhenti kuliah dan masih banyak lagi orang-orang sukses yang tidak kuliah. Pertanyaannya mereka yang tidak selesai kuliah aja bisa sukses dan bahkan menguasai dunia? Lalu, buat apa kita kuliah? Mungkin ada dari kalian yang berpikiran seperti itu. Atau bahkan kalian yang saat ini sedang kuliah tapi lagi jenuh-jenuhnya dan rasanya pengen berhenti aja?

Baca Juga: 3 Tips Mengatasi Masalah Keuangan dan Biaya Kuliah

Mereka yang memutuskan untuk putus kuliah dan mengejar mimpinya itu sudah memiliki visi yang jelas dan memiliki passion yang jelas dan mereka memutuskan untuk menekuninya. Sebenarnya kuliah bisa diartikan tidak penting kalo kamu memang memiliki otak yang jenius, punya visi yang bisa mengarahkan hidupmu ditambah lagi dengan skill yang mumpuni, apalagi kamu seorang anak sultan. Wah kalo seperti itu rasanya dunia digegagamanmu walaupun tidak kuliah. Tapi sayangnya dunia tidak semulus itu. Akan ada tantangan yang menghadang didepan sana disetiap tikungannya.

Baca Juga: 6 Hal yang Harusnya Kita Pelajari di Sekolah

Mereka yang sukses tanpa kuliah pun jangan kamu pikir hidup mereka mulus-mulus aja seperti air mengalir gitu. Tidak banyak yang tahu seberapa besar perjuangannya untuk belajar berbagai hal secara otodidak. Bagaimana mereka harus berusaha lebih keras agar bisa “survive” dalam kehidupan ini. Tidak semua orang juga memiliki kelebihan tersebut, itulah mengapa diperlukannya kuliah sebagai wadah untuk meng-upgrade diri.

Sederhana nya, kalau yang sudah kuliah dapet gelar S1 aja masih nganggur, apalagi yang nggak punya title. Dari situ kamu bisa mengartikan kenapa kuliah itu penting.

Baca Juga  7 Tips Agar Mendapatkan Beasiswa saat Kuliah

Sejauh ini masih ada yang bingung dan belum bisa mengartikan kuliah penting atau tidak? Well, biar makin yakin dengan pilihan kamu, berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan semasa kuliah.

1. Memiliki Pola Pikir Kritis Dan Rasional

Dunia perkuliahan akan menuntut kamu untuk berpikir kritis, terbuka, dan rasional. Mulai dari tugas-tugas kuliah yang segunung, saat presentasi didepan banyak orang, hingga tugas akhir atau skripsi. Selain kegiatan kuliah, kamu juga akan mengikuti kegiatan di luar kuliah seperti organisasi yang mana kamu juga akan terbiasa berpikir kritis demi menjalankan semua tanggungjawab yang kamu emban apalagi jadi seorang aktivis kampus, dan komunitas yang akan menuntutmu untuk berpikir demikian juga. Kemampuan semacam ini akan mempermudah jalanmu untuk keluar dari berbagai kesulitan di masa depan dengan keputusan yang tepat.

2. Peluang Kerja Dan Gaji Lebih Besar

Perusahaan tentunya ingin mendapatkan pekerja yang paling berkompeten pastinya. Tak jarang banyak perusahaan yang menerima lulusan S1 atau D3. Bukan bermaksud mengecilkan lulusan SMA, namun lulusan pendidikan tinggi diyakini memiliki kompetensi yang lebih baik. Dari segi penghasilan pun tentu lebih besar. Apalagi buat kalian yang mau menjadi dokter, pengacara, dan sebagainya , kuliah itu penting!

3. Hidup Mandiri

Berbicara mengenai mandiri tidak terlepas dari anak rantau. Nah kuliah akan mengajarkanmu untuk hidup mandiri. Apalagi kalau kuliahmu jauh dari rumah. Tentu kamu akan merasakan menjadi anak kos yang harus mengelola keuangan gimana supaya kamu bisa survive di perantauan, dan merasakan hidup sendiri, semuanya serba sendiri. Ketika kuliah kamu juga harus pintar mengatur waktu dengan baik. Bahkan, ketika kamu memasuki semester akhir kuliah maka kamu akan merasakan mandiri sepenuhnya, mengurusi skripsi bolak-balik ke kampus sendiri. Dengan terbiasa hidup mandiri kamu akan terlatih untuk siap memasuki dunia kerja dan hidup yang sebenarnya .

Baca Juga  Ketika Kamu Dikhianati dan Disakiti Orang Lain

4. Pengalaman Dan Relasi Baru

Dunia perkuliahan itu sangat luas. Kamu akan bertemu banyak orang baru yang dapat kamu gunakan untuk membangun relasi. Mungkin, relasi kurang berdampak saat kamu kuliah tetapi ketika sudah lulus kamu akan merasakan manfaatnya. Tidak hanya relasi, kamu juga akan mendapatkan pengalaman baru baik itu dari teman seangkatanmu atau dari senior yang bisa kamu jadikan tempat bertanya mengenai tugas kuliah atau pengalaman dia di organisasi yang dapat kamu jadikan motivasi, hingga teman-teman jurusan lain. Intinya, jangan buang kesempatan untuk aktif ya! Tidak menutup kemungkinan juga siapa tahu kamu bertemu pujaan hatimu di masa-masa kuliah?

Buat kalian yang masih berpikir kuliah itu penting atau nggak, coba tanyakan pada diri kalian sendiri. Tapi ingat, selagi kalian memiliki kesempatan untuk kuliah jangan sia-siakan. Masih banyak di luar sana yang berjuang mati-matian untuk kuliah. Kamu yang sudah menginjakkan kaki di dunia perkuliahan justru males-malesan. Jangan selalu melihat keatas, terkadang perlu untuk menengok kebawah untuk senantiasa bersyukur. Sebuah penegasan yang menunjukkan bahwa satu-satunya yang dapat menjamin masa depanmu adalah usaha dan kerja keras yang kamu lakukan.

Dengan kuliah tentu saja kita mendapatkan banyak pengetahuan, koneksi, relasi, dan dapat membangun karakter kita. Namun kuliah tidak pernah mengajarkan cara menjadi sukses kecuali kamu harus mencari caranya sendiri.

Renita Safitri

Membacalah untuk mengenal Dunia dan Menulislah untuk Dikenal Dunia. Keep Skyward and Keep Grounded.

Artikel Terkait

Back to top button
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.