MahasiswaTipsTips Pilihan

8 Tips Mendapat Nilai Tinggi dari Dosen

8 Tips Mendapat Nilai Tinggi dari Dosen- Ada yang bilang kuliah itu beda banget yah dengan SMA? Ada juga yang bilang kuliah itu sulit? Atau bahkan ada yang bilang kalau kuliah itu biasa-biasa aja? Hhhmmm… jadi bingung kan?

Nah disini gue bakalan ngasih tau nih kalau kuliah itu sebenernya susah-susah gampang, dibilang susah nggak, dibilang mudah juga nggak. Kenapa gue bilang gitu? Karena berdasarkan pengalaman gue pribadi susah dan mudah itu ada semua di dunia perkuliahan, tinggal gimana cara kita aja buat nyikapin hal itu. terus, diantara jadi mahasiswa aktif dan IPK gede mana yang lebih penting kak?Jawaban gue, dua-duanya penting.

Baca Juga: 7 Tips Agar Publik Speaking Lancar


Saat kuliah gue banyak nemuin mahasiswa yang kesulitan belajar dalam mata kuliah tertentu, ada juga yang takut buat nanya atau ngehubungi dosen, ada yang gak masuk sama sekali, ada yang hanya fokus sama UKM dan ada juga yang cuma nerima-nerima aja apa yang udah di dapetin sehari-harinya. Sebenernya masalah ini sepele loh, tapi bisa jadi bumerang juga buat lo kalau terus di biarin. Jadi langsung aja kita bahas gimana caranya menjadi mahasiswa aktif yang memiliki IPK gede di dunia perkuliahan. Simak-baik-baik yah :)
Let’s go!

1. Mencintai Mata Kuliah Yang Ada

Buat temen-temen di semua jurusan yang ada di PTN/PTS di seluruh indonesia mencintai mata kuliah yang ada di masing-masing jurusan kalian adalah point paling penting dan wajib yang harus lo lakuin, karena saat lo mulai mencintai mata kuliah yang lo pelajari maka akan timbul rasa penasaran dan keingintahuan lo terhadap mata kuliah yang di pelajari, ini juga bisa jadi modal awal buat lo.

2. Memperhatikan Dengan Baik Penjelasan Dosen

Saat dosen salah satu mata kuliah lo sedang menyampaikan materi, pastiin lo memperhatikan dengan baik, jangan sesekali lo melewatin penjelasannya cuma untuk main hp atau sekedar ngobrol sama temen sebelah. Kalaupun lo mau mainin hp pastiin yang lo buka adalah materi yang sedang di sampaikan dosen mata kuliah lo, jadi saat dosen menjelaskan lo bisa perhatiin penjelasan yang di sampein, sekaligus ngebaca apa yang lo cari di hp lo mengenai materi tersebut. Dengan begitu lo gak cuma dapet materi dari kelas tapi juga dapet pengetahuan tambahan, apa yang gak ada di kelas bisa lo cari di google, dan apa yang gak ada di google bisa lo dapetin di kelas jadi gak cuma terpaku dengan 1 sumber, melainkan banyak sumber yang lo baca.

3. Bertanya Mengenai Materi Yang Belum Dimengerti

Saat dosen menyampikan mata kuliah yang sedikit sulit dan ada beberpa hal yang belum lo pahami. Pastikan lo bertanya mengenai hal itu. Eeiittss.. tapi nanya nya jangan saat dosen lagi ngomong yah, tapi saat dia memberi kesempatan buat mahasiswanya bertanya. Pastiin juga lo paham terhadap jawaban dari pertanyaan yang lo ajukan, kalau lo masih gak paham, bisa banget tuh kalau mau lo tanyain lagi dengan catatan jangan mengulangi pertanyaan yang pertama melainkan menanyakan kembali jawaban atas pertanyaan lo yang belum jelas.

4. Menjawab Pertanyaan Yang Diajukan

Kalau di point ke tiga gue bahas lo yang harus bertanya, dipoint ke empat giliran lo nih yang harus menjawab. Saat semua mahasiswa dikelas lo gak ada lagi yang nanya, dosen akan menganggap bahwa semua mahasiswanya sudah mengerti dengan semua penjelasan yang dia sampaikan, karena itu dosen bakalan ngajuin beberpa pertanyaan yang berhubungan dengan apa yang udah dia jelasin sebelumnya.

Baca Juga: 7 Tips Agar Mendapatkan Beasiswa saat Kuliah

Disinilah kesempatan kalian untuk menjawab dan ngebuktiin kalau kalian mengerti dengan penjelasan yang diberikan oleh dosen salah satu mata kuliah kalian. Gak jarang juga menjawab pertanyaan yang diberikan oleh dosen bisa jadi point plus juga nih buat lo.

5. Mencatat Setiap Hal Penting

Banyak tipe dosen di dalam dunia perkuliahan, dan banyak pula tipe mahasiswa yang ada di dalam 1 kelas. Ada yang suka mencatat, ada yang suka mendengarkan, bahkan yang tidur di dalam kelas pun ada. Dengan banyak tipe yang ada lo semua harus tetep rajin mencatat point penting dari penjelasan yang diberikan oleh dosen baik berupa materi ataupun pertanyaan yang diajukan oleh dosen atau temen lo. Karena gak jarang apa yang ditanyakan dan telah disampaikan bakalan di keluarkan kembali dalam bentuk soal ujian atau latihan sehari-hari. Jadi mencatat gak bikin rugi yah.

6. Mempelajari Kembali Materi Yang Disampaikan Dengan Cara Diskusi

Saat perkuliahan telah selesai, lo bisa mengulangi kembali materi yang telah disampaikan oleh dosen dengan cara berdiskusi dengan teman sekelas. Denga cara inilah kalian bisa bertukar fikiran dan juga memahami bersama-sama mengenai mata kuliah yang ada dijurusan kalian.

7. Mencari Informasi Tambahan

Saat penjelasan dosen dan cara berdiskusi menghasilkan informasi yang belum cukup untuk lo dapetin, lo bisa nanya langsung sama kakak tingkat lo dengan cara meminjam buku catatan nya atau memintanya untuk menjelaskan bagian yang belum lo ketahui. Selain itu, lo juga bisa manfaatin perpustakaan kampus dengan mencari buku-buku yang berhubungan dengan jurusan dan mata kuliah yang lo pelajari jadi gak ada alesan lagi tuh buat bilang “gak ada buku”.

8. Mengerjakan Tugas Dengan Sebaik-Baiknya

Gak cuma pemahaman yang diperlukan tapi juga kewajiban lo sebagai mahasiswa juga harus di jalankan. Salah satunya mengerjakan tugas yang diberikan dosen. Saat lo sudah memahami penjelasan dari dosen suatu mata kuliah, dan lo juga udah tau kakak tingkat mana yang enak buat lo tanya-tanya in tentunya semua itu bakalan bisa mempermudah lo dalam mengerjakan semua tugas yang diberikan oleh dosen.

Baca Juga: 9 Cara Menjadi Mahasiswa yang Produktif di Kampus

Jika 8 cara di atas udah lo terapin dengan baik di kehidupan kampus, lo bakalan dengan mudah untuk menjadi mahasiswa aktif di dalam dunia kampus dengan IPK gede. Nah terlepas dari itu semua masih ada 1 hal lagi yang harus lo lakuin yaitu, konsisten. Karena dalam mempertahankan keaktifan dan menjaga kestabilan IPK lo perlu ngelakuin 8 hal di atas sepanjang lo kuliah, jadi gak cuma semangat di awal doang, kan gak enak tuh kalau IPK nya gede di awal tapi semakin tinggi semester yang lo jalani IPK lo malah makin turun,,,, jangan sampe lah yah.

Inget pesen gue, konsisten itu penting, jangan terlena dengan keasyikan yang bisa membuat lo lupa dengan tujuan awal lo. Karena kalau lo kuliah cuma buat seneng-seneng doang sayang tuh uangnya, mending di tabungin aja ya kan?So, tetep semangat yah temen-temen semuanya, gue yakin lo pasti bisa buat semua impian lo jadi kenyataan.

Back to top button
error: