Gaya HidupPengembangan Diri

3 Cara Cepat untuk Belajar Apapun

3 Cara Cepat untuk Belajar Apapun – Belajar itu membosankan? Apalagi jika aktivitas belajar itu menyita waktu yang sangat banyak, dan nggak paham-paham juga.

Banyak dari kita yang merasa sibuk, dalam artian kita sempat terpikirkan untuk belajar sesuatu hal yang baru, tetapi kita merasa tidak punya waktu untuk melakukannya.Faktanya, memang semua orang mampu melakukan aktivitas belajar. Hanya saja yang menguasai cara belajar efektif dan efisian lah yang mampu menyerap hasil belajar lebih baik.

Baca Juga: Cara Mudah Meningkatkan Kemampuan Critical Thinking Kamu

Dan tidak setiap orang ingin menjadi jago dalam suatu bidang, hanya ingin bisa apalagi profesional jauh dari kata itu. Tidak harus jago yang terpenting bisa. Dari sinilah muncul pertanyaan baru, berapa waktu yang harus diluangkan agar kita bisa melakukan sesuatu dengan benar di bidang yang kita inginkan ?

Baca Juga: Cara Ampuh Meningkatkan Motivasi Belajarmu

Josh Kaufman menyatakan, bahwa waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari sesuatu yang tidak kamu ketahui hingga tahu adalah 20 jam. Ya, hanya 20 jam saja. Misalnya saja, kamu ingin belajar bermain musik, belajar membaca dengan bahasa yang baru, atau menyetir mobil. Kamu bisa membagi 20 jam itu ke dalam beberapa bagian. Misalnya dibagi menjadi 3 hari, satu minggu atau bahkan satu bulan.

Tips belajar yang efektif

1. Deconstruct the skill

Kamu bisa melihat skill menjadi subskill bukan dalam satu kesatuan besar. Misalnya kamu ingin belajar bermain gitar, pecahan-pecahan yang dimaksud itu adalah bagian-bagian dari gitarnya, misalnya belajar mengenal cord, belajar memetik senar, belajar kunci gimana dan itu harus kamu dekonstruksi sekecil mungkin. Dan nanti pada akhirnya ketika kamu sudah bisa dan mahir bemain gitar kamu akan bisa memainkan sebuah lagu, nah memainkan lagu inilah skill besarnya setelah kamu sudah terbiasa mempelajari skill kecil atau pecahan-pecahan tadi. Nanti kamu akan tertantang memainkan berbagai genre lagu misal nih kamu sudah bisa lagu pop, tidak berhenti sampai disitu kamu juga akan belajar lagu dangdut dan sebagainya.

2. Keluar dari Zona Nyaman

Kalo kamu sudah bisa melakukan dan ahli skill tertentu, patikan juga kamu harus belajar hal-hal baru yang kamu belum bisa sama sekali. Jadi keluarlah dari zona nyamanmu karena itu akan membuat kamu berkembang dalam artian kemampuan kamu akan terus meningkat tidak cukup sampai disitu-situ saja.

3. Jangan Menunda

Ketika kamu ingin belajar sesuatu hal yang baru, misal kamu membuat target minggu depan atau kamu tidak tau kapan akan memulainya. Inilah salah satu kebiasaan manusia  selalu menunda, misalnya kamu ada tugas kuliah deadline nya tiga hari lagi pasti kamu mikir aduh nanti ajalah ngerjainnya masih lama juga rebahan dulu, nonton youtube dulu, scroll instagram berjam-jam, ujung-ujungnya pasti deadline. Sikap seperti ini sebaiknya harus diubah, lakukan lah apa yang bisa kamu lakukan selagi ada waktunya dan seproduktif mungkin. Jadi intinya kalo kamu ingin belajar sesuatu hal langsung aja mulai jangan ditunda-tunda.

Itulah tips yang bisa kamu terapkan dalam belajar yang efektif. Pastikan kamu mengalokasikan waktumu untuk sesuatu yang bermanfaat. Selamat belajar dan mencoba hal-hal baru.

Back to top button
error: