close
Pengembangan Diri

7 Tips Agar Publik Speaking Lancar

Pernah gak sih lo disuruh pidato di depan temen-temen lo, atau disuruh jadi penyiar berita dan lo bawa sebuah kertas isinya materi yang bakalan lo sampein tapi kertasnya malah gerak-gerak atau kertasnya malah basah gara-gara tangan lo jadi keringetan?Duhh, pasti gak enak banget kann rasanya.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Rasa Malas Kamu dengan Metode Woop

Tenang, lo gak sendiri kok, gue juga gitu dulu tapi sekarang udah nggak, karena solusinya sangat sederhana aja yang bisa lo lakuin sendiri yaitu latihan ngomong secara terus menerus. Mau itu lagi mandi, lagi ngaca, mau sok-sokan jadi youtuber juga boleh asal jangan berlebihan aja porsinya.

Oke, kali ini gue bakalan bahas tips lancar public speaking buat temen-temen semuanya:

1. Rileks

Dalam public speaking rileks merupakan point terpenting dalam menghindari kegugupan dan terbata-bata dalam berbicara. Saat kamu rileks, maka saat itu juga tubuh dan otak bisa merespon dengan baik. namun, untuk pemula mungkin ini bukan sesuatu yang mudah dilakukan karena rasa gugup jauh lebih besar dari rasa rileks dan terkadang sulit untuk mengendalikannya.


Saat gue merasa gugup, gue punya cara untuk buat diri gue rileks kembali yaitu dengan menganggap semua orang di dalam ruangan atau tempat itu tidak ada. Cara ini gak ada manipulasi sama sekali atau sulap dengan menghilangkan orang di suatu ruangan atau tempat tertentu, cara ini merupakan minset gue terhadap otak supaya bisa berfikir kalau gue itu sendirian dan gue bisa ngomong apa aja saat sendirian.

Baca Juga  Ikuti Passion atau Karir Ya Sekarang?


Sama halnya saaat lo merasa bosen dengan keramaian, atau saat lo lagi ada masalah. Lo pastinya pengen punya waktu buat sendiri, teriak-teriak melampiasin semua masalah lo atau bahkan marah-marah dan akhirnya nangis. Dalam ngelakuin itu semua pastinya lo lebih nyaman sendiri, karena kalau ada orang lain disana yang ada lo bakalan dikira gak waras sama orang tersebut.


Dari penjelasan gue yang lumayan panjang itu intinya lo harus merubah minset lo dulu supaya bisa relaks.

2. Menguasai Materi yang Akan Disampaikan

Point kedua ini berpengaruh banget terhadap kejelasan suatu materi yang bakalan lo sampein karena itu lo harus menguasai materi itu dengan baik agar orang yang dengerin juga bisa paham. Sebelum lo mau nyampein materi entah itu pidato, presentasi atau hal yang berhubungan dengan public speaking lainnya yang harus lo lakuin adalah latihan.


Kak, kok latihan terus sih?
Ya iya dong harus latihan, tapi kali ini latihannya beda, dalam point kedua latihannya berupa penyampaian materi tapi, di depan kaca. Kalau lo nanya kenapa di depan kaca? Jawabannya ya harus di depan kaca, karena saat lo latihan menyampikan materi di depan kaca, lo bisa liat gimana cara penyampaian lo, ekspresi lo, atau bahkan gerakan tubuh lo, maksud gue gerakan tubuh yang spontan yah seperti menggerakan tangan saat sedang menjelaskan sesuatu.

3. Menggunakan Bahasa Yang Mudah Di Pahami

Saat lo udah rileks dan bisa menguasai materi dengan baik, pastiin juga apa yang lo sampein itu menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh semua orang, karena meskipun materi yang lo sampaikan cukup jelas tapi bukan berarti semua orang bisa paham apa yang lo sampein nah disinilah peran penting bahasa untuk membuat audiens mengerti dengan apa yang lo sampein.

Baca Juga  9 Tips Anti Bosan Menjalani Kuliah Online Selama Pandemi

Misalnya lo diundang menjadi pembicara dalam suatu acara atau bisa juga saat lo mempresentasikan hasil diskusi mengenai public speaking lo bisa menggunakan bahasa yang sederhana seperti:
“baiklah teman-teman semuanya, disini saya ….. (nama kamu) akan menyampikan materi mengenai public speaking. Public speaking adalah sebuah seni berbicara di depan khalayak ramai untuk mempresentasikan sesuatu atau yang bisa kita lihat di kehidupan kita sehari-hari seperti berpidato, presentasi, atau menjadi pemateri”.

Dalam kalimat diatas audients bisa memahami inti dari pengertian public speaking itu sendiri dengan mengetahui point pentingnya yaitu berbicara di depan orang banyak.

4. Menggunakan Intonasi Yang Tepat

Dalam penyampaian materi intonasi diperlukan pada saat pengucapan kalimat-kalimat yang memiliki makna dan fungsi tertentu, misalnya “Public speaking merupakan seni berbicara di depan orang banyak untuk menyampaikan sesuatu” nah di dalam kalimat tersebut lo dapat menekan kata “Seni Berbicara” dan “untuk”. di dalam kata “Seni berbicara” memiliki arti bahwa saat berbicara kita memiliki nilai keindahan yang bisa dirasakan dan dalam kata “untuk” memiliki arti bahwa berbicara memiliki sebuah tujuan.

5. Pintar Memanajemen Waktu

Saat lo sedang menyampaikan materi di depan khalayak ramai, memanajemen waktu juga penting untuk melihat sudah berapa lama lo berbicara dan apa aja yang udah lo sampein. Gak mungkin juga kan kalau lo mau ngomong sampe seharian penuh, nah untuk mempermudah lo mengingat berapa lama waktu yang udah di habisin, lo bisa menggunakan time keeper atau melirik jam yang lo gunakan.

6. Menyisipkan Humor/Candaan

Misalkan materi yang lo bawain merupakan sebuah materi yang serius atau memiliki durasi waktu yang lama, pastiin audients tetap betah dan nyaman dengerin apa aja yang lo sampein, supaya mereka juga gak ngerasa bosen dengerin lo ngomong, di sela-sela pembicaraan lo bisa menyisipkan sedikit humor yang bisa memecah fokus mereka dan membuat audients yang ngantuk atau mulai bosen jadi melek lagi dengan adanya humor-humor yang menarik atau bahkan lucu. Setelah lo berhasil memecah fokus audients, boleh tuh lo lanjut bahas lagi materi yang sedang lo sampein.

Baca Juga  3 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Masa Kini

7. Gunakan Mimik Muka/Ekpresi

Dalam public speaking ekspresi juga termasuk point yang sangat penting, karena saat lo mulai berbicara dan tampil di depan banyak orang, mereka akan melihat gimana ekspresi lo sebelum mulai berbicara, saat sedang berbicara, dan ketika selesai berbicara. Dan pastikan sebelum mulai berbicara pastikan lo tersenyum dan menyapa ramah audiens seperti kata “Hallo Semuanya”, “Selamat Pagi”, “Assalamu’alaikum”. saat sedang berbicara mainkan ekspresi lo sesuai dengan materi yang dibawakan misalnya ekspresi bertanya, bingung, marah dan lain sebagainya. Saat materi yang lo sampaikan telah selesai, pastikan lo menutupnya dengan kata-kata yang hangat seperti “Sekian dari saya, sampai bertemu kembali”, atau bisa juga dengan sedikit berpantun ria.

Baca Juga: 7 Hal yang Harus dilakukan Saat Menjadi Mahasiswa Baru

Itu 7 tips public speaking dari gue, jangan lupa untuk selalu latihan sebelum memulai sesuatu. Buat lo yang belum kebiasa ngomong bisa ngelakuin senam mulut seperti mengucapkan kata A I U E O saat lo sedang latihan. Walaupun lo udah bisa public speaking sekalipun, latihan tetep penting yah untuk menghindari kesalahan-kesalahan kecil yang gak terduga saat lo sedang berbicara. So, jangan ragu buat nyoba hal-hal baru 🙂

Artikel Terkait

Back to top button
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.