close

Menghadapi Masa Lalu Seperti The Flash

Kalo Kamu punya kemampuan untuk balik lagi ke masa lalu apa yang akan Kamu lakukan?  Apa Kamu ingin bisa melupakan masa lalu dengan cepat seperti the flash?

 “Yesterday’s the past, tomorrow’s  the future, but today is a gift. That’s why it’s called the present”. Seperti quotes tersebut, seakan-akan kalau kita mengingat masa lalu artinya kita tidak bisa move on dan melihat ke masa depan. Tapi sebenarnya, boleh atau tidak sih, kita menengok ke masa lalu dan seberapa jauh kita boleh melihat masa lalu?

Baca Juga: 4 Tips Mengatasi Rasa Tidak Berharga

Terkadang kita ingin kembali ke masa lalu dan mengubah yang buruk menjadi lebih baik, apalagi kalau masa lalu yang kita alami bukanlah yang menyenangkan untuk kita kenang. Tapi sebenarnya boleh menengok ke masa lalu, asalkan masa lalu yang buruk, bukan untuk kita sesali, tapi untuk pelajaran di masa sekarang ataupun di masa depan.

Ada yang beranggapan bahwa melihat ke masa lalu hanya membuang-buang waktu saja. Karena waktu tidak bisa kembali. Justru kalau kita tidak pernah melihat masa lalu , tidak akan ada proses belajar dari hal-hal yang sebelumnya sudah terjadi pada diri kita. Bisa saja kita akan tersandung pada masalah yang sama kalau kita tidak belajar dari kesalahan kita di masa lalu.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengatasi Rasa Minder

Kenapa keinginan untuk mengubah masa lalu itu buruk dan menandakan ada yang salah dengan Kamu. Gimana sih cara untuk memperbaikinya?

1. Paham Bahwa Kita Tidak Bisa Balik Kemasa Lalu

Kamu tentunya tidak bisa memutar waktu kembali ke masa lalu untuk memperbaiki berbagai kesalahan atau menghindari hal buruk terjadi pada diri Kamu, namun cara Kamu melihat masa lalu masih bisa Kamu ubah dari sekarang.

Bagaimana sih mengubah pandangan terhadap masa lalu? Pertama-tama cobalah terima masa lalu menyakitkan tersebut. Kamu mungkin tidak terima akan perlakuan orang lain dan merasa dunia tidak adil, namun percayalah sesuatu terjadi pasti dengan suatu hikmah, walaupun Kamu belum menyadari hikmahnya.

Kemudian maafkanlah orang-orang yang terlibat dalam masa lalu Kamu yang kelam karena cara terbaik untuk melupakan adalah dengan memaafkan.

2. Ikhlaskan Apa Yang Sudah Terjadi Dan Bersyukurlah

Ikhlas juga hal wajib untuk diterapkan untuk bisa melupakan masa lalu. Ikhlas berarti memaafkan segala hal buruk yang terjadi di masa lalu, memaafkan diri sendiri dan juga menerima bahwa hal tersebut menjadi bagian dari masa lalumu. Menyesal boleh saja, namun terus-terusan menyesal adalah tindakan yang salah besar dan penyesalan tidak akan mengubah hal yang sudah terjadi. Kalau Kamu belum bisa mengikhlaskan apa yang sudah terjadi di masa lalu, bersyukurlah. Intinya, ikhlas dan bersyukur adalah kunci yang paling ampuh.

3. Percaya Bahwa Masa Depan Itu Lebih Indah

Sudah banyak kata motivasi untuk keluar dari masa lalu, salah satunya yang mengatakan bahwa “Masa lalumu adalah hal yang sudah lalu, tapi sekarang dan masa depan adalah milikmu!”. Tanamkan pikiran tersebut di benak dan keyakikanmu bahwa hanya Kamu yang mampu mengendalikan masa sekarang dan masa depan. Kalau Kamu terjebak dalam masa lalu, sampai kapan masa indah itu akan datang? Kamu juga masih punya kesempatan untuk memperbaiki kesalahan di masa lalu agar bayangan masa lalu yang buruk itu tidak mengikuti Kamu lagi, setidaknya Kamu sudah mengubah itu menjadi lebih baik lagi.

Kamu harus bisa menerima dan mengikhlaskan kesalahan-kesalahan dimasa lalu dan bisa belajar dari kesalahan tersebut untuk mengubah beberapa hal agar tidak salah lagi dikemudian hari. Kamu juga harus bisa membedakan mana sih kesalahan yang bisa diubah dan yang nggak. Jadi intinya Kamu harus menerima, belajar apa yang bisa Kamu ubah dan tau mana yang Kamu tidak punya kontrol terhadapnya. Karena sejatinya manusia harus pernah salah untuk mengevaluasi diri.

Back to top button

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Silakan untuk Menonaktifkan Adblocker ya, agar bisa mengakses semua layanan ini secara gratis!