close

4 Cara Mengurangi Ketakutan Apapun dalam Hidupmu

Pernah nggak sih kamu merasakan yang namanya insecure? Dalam menjalani sebuah kehidupan, pasti setiap orang memiliki rasa insecure didalam dirinya masing-masing, entah itu insecure akan kegagalan, cemas akan kehidupan di masa depan, dan lainnya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Rasa Takut Gagal

Akibat lain yang akan ditimbulkan dari rasa insecure adalah seseorang bisa menjadi takut untuk berinteraksi dengan orang lain. Hal ini bisa disebabkan mungkin karena berat badannya, warna kulit yang berbeda, dan perbedaan fisik lainnya ataupun segala perbedaan yang menyebabkan seseoarang merasa insecure sehingga timbul rasa tidak aman untuk berinteraksi. Mereka akan berpikiran negatif dan mereka akan menilai dirinya sendiri rendah dan tidak percaya diri.

Dalam kondisi tertentu, meragukan diri sendiri secara berlebihan bisa berdampak pada hilangnya rasa percaya diri, ketakutan yang berlebihan akan kegagalan, merasa diri tidak memiliki kapasitas yang cukup, kekhawatiran akan tidak mendapat penerimaan, atau berakhir dengan rasa putus asa terhadap hidup dan akhirnya lari dari tanggung jawab kita.

Baca Juga: Merasa Khawatir dengan Masa Depan

Perlu kamu ingat bahwa setiap orang memiliki waktunya masing-masing di dalam hidup baik itu bekerja, sukses, menikah, memiliki anak, dan lain sebagainya. Kamu dan mereka diluar sana pun mungkin memiliki proses berkembang yang berbeda-beda juga. Membandingkan sesuatu dengan orang lain hanya akan menghambat dirimu untuk berkembang maka hal ini harus secepatnya kamu tinggalkan.

Rasa insecure wajar terjadi pada setiap manusia bisa disebabkan mungkin karena pengalaman masa lalu yang buruk sehingga menjadikan seseorang tidak percaya diri. Jika kamu ada di fase seperti ini cobalah untuk belajar memahami diri sendiri sehingga kamu bisa untuk lebih menghargai diri kamu sendiri.

Gimana Cara Mengatasi Agar Tidak Merasa Insecure?

1. Fokus Dalam Menjadi Dan Mencintai Diri Sendiri

Lebih mencintai diri sendiri membuat kamu bisa mengetahui kekuatan dan kelemahan yang ada pada diri kamu sehingga cepat atau lambat kamu akan paham akan karakteristik dirimu. Hal ini bertujuan agar memudahkan langkahmu kedepannya untuk bisa mengetahui dan mengembangkan apa yang sebenarnya menjadi passion kamu. Harapannya adalah agar kamu bisa fokus dengan tujuan dan proses kamu bukan oleh proses dan tujuan orang lain.

2. Kelilingi Dirimu Dengan Orang Yang Suportif

Lingkungan pertemanan dan cara bergaul salah satu faktor yang menentukan sifat dan karakteristik kamu di dalam hidup. Berteman dan dikelilingi oleh orang-orang yang tidak suportif akan mendorong kamu untuk semakin tidak percaya diri dan berujung menjadi insecure. Memiliki teman yang suportif akan memudahkanmu untuk bisa lebih berpikiran positif dan menjauhkan diri dari pikiran insecure.

3. Temukan Kelebihan Dan Keunikan Dirimu

Mencoba untuk mencari kelebihan dan keunikan dirimu akan jauh lebih bermanfaat dibandingkan kamu hanya fokus membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain karena bisa jadi kelebihan dan keunikan dirimu memiliki value yang sangat tinggi dan berguna bagi dirimu kedepannya. Atau bahkan berguna juga untuk orang lain.

4. Selalu Bersyukur

Dengan bersyukur banyaknya beban pikiran yang kamu pikirkan akan perlahan berkurang dan hilang seiring dengan berjalannya waktu tapi yang perlu kamu ingat adalah bersyukur saja tidak cukup, kamu harus tambahkan dengan selalu berusaha dan diiringi dengan doa.

Setiap manusia memiliki masalah dan kecemasannya masing-masing tidak perlu kamu pungkiri bahkan hindari cukup kamu terima dengan lapang dada tanpa harus membanding-bandingkannya dengan orang lain.

Sebenarnya rasa insecure adalah perasaan yang wajar dirasakan oleh setiap orang. Rasa insecure, keraguan, tidak percaya diri, dan ketakutan pasti pernah dirasakan oleh semua orang. Nah, tapi kalau perasaan insecure ini malah membuat kamu jadi nggak nyaman bahkan membuat kehidupan kamu terganggu, mungkin kamu bisa segera buat mencari bantuan profesional.

Back to top button