close

4 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Berangkat Mengikuti UTBK

Kampusimpian.com – Hallo semuanya, bagaimana persiapakan kalian dalam mengikuti UTBK untuk tahun ini? Harus udah siap tempur donk, ya. Waktu belajar kalian sebenarnya banyak banget, kalau kalian manfaatkan dengan maksimal dimasa Pademi ini. Jangan bilang kalau banyak rebahannya dibanding belajarnya tuh.

Baca Juga: 5 Cara Efektif Mengatasi Rasa Malas Belajar UTBK dan Ujian Mandiri

Jadi kali ini kita mau membahas hal-hal yang harus kalian perhatikan banget, sebelum kalian berangkat mengikuti UTBK. Jangan sampai karena hal-hal kecil yang nggak kalian perhatikan, bisa menggagalkan kalian untuk ikut SBMPTN tahun ini.

Baca Juga: 6 Hal Yang Bisa Membuat Skor UTBK Kamu Menjadi Kecil

Yuk simak penjelasannya berikut ini:

1. Jadwal & Lokasi TES UTBK

Pastikan kalian mencatat dengan baik jadwal UTBK tahun ini, kalau bisa kalian tempel di dinding dengan tulisan besar-besar jadwal ini. Dan juga pastikan kalian sudah mensurvei lokasi tes yang bakalan kalian tuju. Teruntuk kalian yang mengambil lokasi TESnya diluar wilayah kalian, kalian harus benar-benar tau arah menuju lokasi tersebut. Kalau kalian belum sama sekali pergi kesana, cobalah minta dampingan orang yang sudah pernah kesana.

2. Menyiapkan Biaya Yang Dibutuhkan

Pastinya kalian bakalan mengeluarkan sejumlah uang  untuk beberapa kepentingan. Misalnya untuk biaya transportasi menuju lokasi tes, dan biaya penginapan, biaya makan,dll. Lebih bagus lagi kalau kalian punya keluarga disana, sehingga bisa menumpang nginap ditempat keluarga kalian dan ini akan lebih aman. Untuk itu pastikan kalian sudah memiliki tabungan untuk sejumlah kebutuhan diatas. Jangan sampai kalian tidak jadi berangkat, gara-gara terkedala biaya.

3. Menyiapkan Seluruh Dokumen Yang Dibutuhkan

Bisa jadi perjalanan kalian jauh dari rumah, kalau mengambil lokasi tes diluar tempat tinggal kalian. Untuk itu dokumen yang diperlukan atau dikira penting, untuk disiapkan dijauh-jauh hari. Misalnya saja Alat Tulis meskipun kalian ujiannya itu berbasis komputer. Dan siapkan juga perlengkapan lain yang penting, seperti:

  1. Masker
  2. Kartu Identitas
  3. Kartu Tanda Peserta UTBK
  4. Fotokopi Ijazah
  5. Sebagai jaga-jaga, persipakan juga surat keterangan sehat dari puskesmas.
  6. Dll

4. Usahakan Datang Tepat Waktu

Jangan sampai kalian datang kelokasi UTBK dalam keadaan terburu-buru. Hal ini bisa membuat kalian fokus saat akan mengikuti UTBK nantinya. Jadi pastikan kalian datang dengan cepat, untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan misalnya saja macet dijalan. Karena tidak ada toleransi untuk peserta yang telat.

Demikianlah hal-hal yang harus kalian perhatikan dengan baik sebelum berangkat mengikuti UTBK tahun ini. Semoga Bermanfaat!

Back to top button

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Silakan untuk Menonaktifkan Adblocker ya, agar bisa mengakses semua layanan ini secara gratis!