Gaya HidupMotivasiSBMPTNTips

5 Cara Efektif Mengatasi Rasa Malas Belajar UTBK dan Ujian Mandiri

Akibat wabah virus corona dan pelaksanaan UTBK yang hanya menggunakan materi TPS, membuat kita menjadi tidak mood untuk belajar dan menimbulkan rasa malas. Ditambah lagi kondisi yang harus #dirumahaja membuat kita menjadi bosan dan tidak produktif.

Baca: 6 Hal Yang Bisa Membuat Skor UTBK Kamu Menjadi Kecil

Akhirnya sering kali timbul pertanyaan, bagaimana cara mengatasi malas belajar untuk UTBK dan Ujian Mandiri?

1. Ingat Tujuan

Semua orang pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai. Apa tujuan kalian? Kalian mau jadi apa 5 tahun kedepan? Siapa yang akan mengatasi masalah kalian dan keluarga kalian kalau kalian masih malas-malasan? Dan bagaimana cara kalian membuktikan keberhasilan kalian, terhadap orang yang merendahkan kalian?

Baca: 5 Daftar PTN yang Menggunakan Nilai UTBK pada Seleksi Mandiri

2. Ingat Keluarga

Semua orang terdekat kalian menunggu kabar baik dari kalian. Bagaimana kalian membalas jerih payah orang tua kalian yang sudah membiayai kalian selama ini? Kapan kalian terakhir kali membahagiakan orang tua kalian? Jangan membuat mereka menunggu lebih lama lagi. Kita gak akan tahu kapan terakhir kali bisa bertemu mereka. Kalau ini memang waktu terdekat untuk membahagiakan mereka maka bahagiakanlah.

3. Print Logo Univ yang Kalian Ingin dan Letakan di Tempat yang Mudah Terlihat

 Melihat logo univ yang ada di tempat yang mudah terlihat dapat membuat kalian semangat belajar. Tidak hanya itu, saat kalian belajar dan lelah, melihat logo univ tersebut bisa membuat lelah belajarnya menjadi hilang loh. Karena semakin kalian belajar, kalian akan semakin dekat dengan PTN tujuan kalian.

Baca: Strategi Memilih Jurusan dan PTN di SBMPTN 2020 Wajib Kamu Ketahui

4. Membayangkan Kuliah di PTN yang Kalian Inginkan

Coba ketika malas datang, bayangkan kalian kuliah di PTN yang kalian inginkan. Bayangkan pertama kali kalian menginjakkan kaki di PTN tersebut, belajar bersama teman-teman seperjuangan, dan lulus dengan hasil yang memuaskan.

5. Tulis Konsekuensi yang Akan Muncul Ketika Kalian Malas Belajar dan Letakkan di Tempat yang Mudah Terlihat

Apa konsekuensi yang akan muncul?  Kekecewaan orang tua? Membebani Orang tua lagi? Harus gap year ketika teman-teman sudah kuliah? Menyia-nyiakan waktu yang sudah ada selama ini? Dan ingat berapa banyak orang yang akan kecewa jika kalian gagal nanti? Itulah dia 5 tips bagaimana cara mengatasi malas belajar.  Semoga bermanfaat dan membuat kalian tidak malas belajar lagi.

Oh ya kalau ada yang ingin kalian tanyakan, bisa ni koment dibawah ya. Nanti kalau misalkan mendukung akan saya buatkan artikel khusus untuk pertanyaan kalian.

Back to top button
error: