Info SBMPTN

6 Hal Yang Bisa Membuat Skor UTBK Kamu Menjadi Kecil

UTBK sudah semakin dekat. Setiap orang yang akan mengikuti UTBK pun menginginkan nilai sebagus mungkin. Untuk membuat dirinya berhasil lolos di PTN yang di inginkan. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan, karena ha tersebut bisa membuat skor UTBK kamu menjadi kecil lo.

Baca: Strategi Memilih Jurusan dan PTN di SBMPTN

Apa saja hal-hal tersebut? Mari kita simak penjelasan berikut:

1. Malas Membaca

Teks UTBK itu bentuknya panjang-panjang, sudah seperti berita yang ada di Koran dan artikel yang ada di majalah. Sifat malas membaca ini, membuat informasi yang ingin diserap tidak dapat terserap secara maksimal. Sehingga, dapat membuat kamu salah memilih jawaban yang benar.

2. Terpaku di Satu Soal

Bagi kalian yang selalu terpaku di satu soal, akan banyak membuang waktu di ujian. Banyak orang yang bilang penasaran dan harus sampai tuntas dikerjakan. Padahal belum tentu soal yang kita kerjakan mempunyai bobot nilai yang besar.

Baca: Cara Merasionalisasi Pilihan Jurusan di SBMPTN

3. Panik

Kepanikan sering terjadi saat kalian baru mengerjakan soal, atau menemukan soal yang susah. Ketika panik datang kadang kita malah tidak mengerjakan apapun atau menjadi tidak fokus dalam mengerjakan soal. So kalau kalian lagi panik. Coba pejamkan mata, tarik nafas dalam-dalam dan katakan aku pasti bisa.

4. Lihat Angka Langsung bilang “Gak Bisa”

Banyak orang yang tidak mau mengerjakan soal hitungan karena takut tidak bisa mengerjakannya. Padahal kalau dicoba pelan-pelan dan fokus bisa ketemu jawabannya loh.

5. Membaca Seluruh Teks

Walaupun di UTBK teksnya panjang-panjang, tapi ada soal-soal yang ditunjukkan untuk paragrap tertentu. Sehingga akan lebih baik untuk membaca soal terlebih dahulu untuk mengetahui apa yang ditanyakan dan menghemat waktu ujian.

Baca: 7 Hal yang Harus dilakukan Saat Menjadi Mahasiswa Baru

6. Keterbatasan Kosakata

Teks  di UTBK sudah menggunakan kata-kata yang baku. Sehingga keterbatasan kosa kata yang dipunya dapat membuat kita salah mengerti.  Mengenai informasi yang disampaikan. Itu dia enam hal yang dapat membuat skor UTBK kamu menjadi kecil.

Tags

Alek Sander

CO-Founder Kampusimpian.com, Editor in Chief, Content Writer
Back to top button
Close