SBMPTNTipsUTBK

Cara Merasionalisasi Pilihan Jurusan di SBMPTN 2020

Bagaimana cara merasionalisasikan  pilihan jurusan? Itu adalalah pertanyaan yang masih ditanyakan oleh calon mahasiswa. Dan seperti yang kita ketahui tipe soalnya sama seperti tahun lalu. Oleh karena itu sebenarnya ada loh beberapa  hal yang bisa dilakukan untuk merasionalisasikan Jurusan kuliah kalian.

#Langkah Pertama

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah lihat sebaran skor UTBK di web LTMPT http://ltmpt.ac.id . Disana sudah ada pilihan  Statistik persebaran  Nilai UTBK, kalian bisa kebawah dan melihat Rekapitulasi Kumulatif Penyebaran jumlah peserta menurut Range nilai UTBK 13 April 2019 – 26 Mei 2019.

Statistik Nilai UTBK 2019

Dari kelompok yang saintek jika kalian lihat Tes Potensi Skolastiknya , kebanyakan orang mendapatkan nilai antara 500 – 600. Sedangkan sangat jarang sekali seseorang mendapatkan nilai 800-900.

Rata-Rata Nilai UTBK yang diperoleh 2019

Untuk  ujian soshumnya, sama untuk Range nilai kebanyakan mendapatan nilai antara 500-600. Kalau kalian ingin masuk di jurusan Favorit dan Universitas Favorit, Nilai ujian kalian harus 650-800 atau lebih. Karena Rata-rata skor itulah yang paling banyak masuk di Universitas Favorit seperti  contohnya (UI, ITB, UGM).

#Langkah Kedua

Buat target di setiap subtest yang ada di TPS. Target TPS yang ingin saya capai adalah

  • Penalaran Umum 800
  • Pengetahuan Kuantitatif 700
  • Kemampuan Membaca dan Menulis 650
  • Pengetahuan dan Pemahaman Umum 640

Rata-Rata 697an.

#Langkah Ketiga

Setelah kalian sudah punya target terhadap skor UTBK kalian, langkah ketiga yang harus kalian lakukan adalah Mengikuti TO dan Latihan Soal. Karena dari TO inilah kalian mendapatkan nilai apakah  target yang ingin kalian capai sudah tercapai atau belum.

#Langkah Ke Empat

Lihat Skor UTBK tahun lalu, kalian bisa mencari di berbagai sumber. Setelah kalian melihat niali skor UTBK tahun lalu. Lihat nilai per subtesnya dan apaah nilai kalian sudah melebihinya atau belum.

#Langkah Kelima

Lihatlah Keketatan yang ada di di Web LTMPT.

  • Buka situs LTMPT lagi http://ltmpt.ac.id lalu klik menu SBMPTN.
  • Pilih PTN yang kalian ingin kalian lihat keketannya, lalu klik Lihat Prodi.
  • Pilih prodi yang ingin kalian lihat keketannya. Contohnya disini saya mengecek keketatan di Jurusan Statistika UNPAD. 
  • Disanan terlihat bahwa jurusan Statistika UNPAD, miliki daya tampung 40 dan Peminat 2018 sebesar 1478. Maka untuk melihat keketannya dapat menggunakan rumus Daya Tampung/Jumlah Peminat= 40/1478= 1,4%.

Sudah saya jelaskan pada Strategi Memilih Jurusan dan PTN di SBMPTN. Kenapa kita harus menggunakan peminat SBMPTN tahun 2018 kenapa nggak tahun 2019 saja?  Karena sistem tahun ini sama dengan sistem di tahun 2018 lalu. Kalau memakai tahun 2019 itu kurang tepat, karena  kita udah tau nilainya dan kita memilih jurusannya berdasarkan nilai yang kita punya.

Baca Juga: Rata Rata Nilai UTBK Untuk Lolos SBMPTN 2020

Kalau sudah melihat keketatan, pilihlah 2 jurusan yang di inginkan:

Pilihan 1: Sesuai Cita-cita

Pilihan 2: Jurusan yang sesuai keinginan tapi dibawah rata-rata skor kalian.

Contonya skor kalian 697

Ada loh tahun lalu yang lolos dengan skor 697 pada jurusan  Manajemen UI. Kalian bisa pilih jurusan ini pada jurusan pertama kalian. Pada jurusan kedua kalian pilih jurusan Ilmu Administrasi Niaga UI yang materi belajarnya sama seperti jurusan Manajemen. Namun Nilai UTBKnya tidak sebesar jurusan  Manajemen UI. Sehingga sangat aman memilih jurusan tersebut.

Baca Juga: Tips Lolos SBMPTN Untuk Nilai Kecil di UTBK 2020

Itu dia cara rasionalisasi pilihan jurusan kalian di SBMPTN 2020. Jangan lupa Share keteman-teman kalian juga ya!

Back to top button