Info SBMPTNTips Pilihan

Tips Lolos SBMPTN Untuk Nilai Kecil di UTBK

Kenapa ya ka sekarang aku makin dilema etis aja untuk ngikuti yang namanya SBMPTN? Takutnya nanti pas ikut UTBK nilai aku nggak masuk Kriteria Nilai Aman nih k. So bagi kamu yang masih mikirin soal nilai UTBK yang rendah, jangan terlalu berkecil hati ya. Karena meskipun kamu dapetin nilai kecil, kamu masih berpeluang untuk masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri).

Baca Juga: Rata Rata Nilai UTBK Untuk Lolos SBMPTN

Benerin nih k, aku nggak di PHP in kan? Iya donk, selagi ada peluang artinya kamu masih punya kesempatan untuk lulus. Memang sih bisa terbilang susah ya untuk mendapatkan nilai diatas 655 keatas. Kebanyakan tu dapet nilai dari dengan rata-rata 550, 500, 450, 400 bahkan masih dibawah lagi. Apalagi kalau sekarang mengikuti UTBK hanya 1 kali, jadi tidak bisa memperbaiki nilai UTBK yang didapetin.

Baca Juga: Nilai Minimal dan Maksimal UTBK SBMPTN

Yakinlah masih ada peluang untuk kamu untuk lolos di SBMPTN tahun ini, dengan nilai dibawah nilai aman. Terutama kamu yang nantinya mendapatkan nilai dari rentan 500 – 655 masih berpeluang besar untuk lolos di SBMPTN.

Yuk disimak baik-baik ya penjelasan kk kali ini. Kita tau ni kalau di Indonesia terdapat banyak yang namanya Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Kamu bisa lihat di situs resmi SBMPTN, untuk daftar-daftar PTN yang masuk kategori SBMPTN. Dari sekian banyak PTN tersebut, ada yang namanya PTN Favorit, sedang saja, dan juga kurang di favoriti. Nggak cuman PTN nya aja, namun berlaku juga pada sebuah jurusan. Jadi ada juga namanya jurusan dengan peminat tinggi, sedang, hingga kurang diminati. Beberapa hal tersebut harus kamu ketahui dengan baik lho ya, kalau kamu sembarangan pilih peluang masuk PTN tadi bisa jadi hangus nantinya.hehehe

Terus apa aja donk k, tipsnya untuk aku yang nilainya bisa terbilang pas-pasan atau rendah untuk ikut SBMPTN? Nah berikut ini kk, udah siapin beberapa tips yang dapat kamu terapin dan ini membantu banget untuk kamu yang ingin memaksimalkan lolos SBMPTN.

1. Pilih PTN Sesuai Kapasitas Nilai

Ya kk ngerti kamu pengen banget masuk di Universitas Favorit, yang masuk dalam kategori PTN top Indonesia. Tapi yang jadi masalahnya tadi kan nilai, jadi kamu harus menurunkan sasaran kamu ke PTN yang bisa dikatakan populer banget ke yan sedang-sedang aja. Karena PTN ini berpegaruh besar terhadap kelulusan kamu, semakin tinggi rank dari Universitas yang kamu tujuh maka semakin tinggi tingkat juga persaingan untuk masuk kesana.

Catatan:

Sukses atau tidaknya kamu di PTN tersebut, itu kembali lagi gimana cara kamu berproses disana nantinya.

2. Pilih Jurusan Yang Diminati dan lihat Daya Tampungnya

Udah deh k, karena nilaiku rendah aku pengen milih jurusan yang biasa-biasa aja yang pentingkan lolos. Pemikiran seperti ini juga salah lho ya! Karena kuliah nggak sebentar, kamu bakalan mendalami jurusan yang kamu pilih. Saat kamu pilih jurusan yang kamu sendiri nggak fashion nya disana, ini bisa menghambat akademik kamu lo nantinya. Artinya kamu perlu juga memperhatikan jurusan yang bakal kamu pilih, dan memang kamu paham soal jurusan yang kamu pilih.

Ngomongin jurusan yang nggak kalah penting yang harus kamu perhatikan dengan baik adalah:

  • Ada Jurusan yang memiliki daya tampung sedikit dengan peminat tinggi
  • Ada Jurusan yang memiliki daya tampung banyak, dengan peminat tinggi
  • Ada Jurusan yang memiliki daya tampung banyak, dengan peminat rendah
  • Ada Jurusan yang memiliki daya tampung sedikit, dengan peminat rendah

Gimana cara memperhitungkan soal daya tampung ini terhadap nilai UTBK yang kita dapatkan.

Berikut ini sebagai contoh:

Contoh Jurusan 1:

Misalkan ni kamu ingin ngambil jurusan Psikologi di Universitas Andalas. Tahun 2020 lalu Memiliki Daya tampung (kursi) 56. Sedangkan peminat pada jurusan ini tahun 2019 sebesar 1.234. Maka perhitungan nilai UTBK kamu adalah 1.234 – 56 = 1.165. (Artinya kamu harus mendapatkan nilai UTBK diatas 1.165 Peserta yang meminati jurusan tersebut).

Contoh Jurusan 2:

Misalkan pada jurusan yang kedua ini adalah Jurusan Sistem Informasi di Andalas. Tahun 2020 memiliki daya tampung 50. Sedangkan peminatnya tahun 2019 adalah sebesar 500. Maka perhitungannya 500-50= 450. ( Artinya kamu harus mendapatkan nilai UTBK diatas 450 Peserta yang meminati jurusan tersebut).

Tahu donk kesimpulannya. Yups bener banget, kamu lebih besar peluangnya di jurusan Sistem Informasi dibandingkan jurusan Psikologi.

3. Analisis Lagi Jurusan Paling Berpeluang

Buatlah daftar list beberapa jurusan yang kamu minati, tentukan mana paling tinggi persaingannya, yang sedang, dan yang paling rendah. Dan lihat juga gimana kondisi nilai UTBK yang kamu dapatkan, apakah masuk kategor sedang atau terendah banget. Klo memang rendah banget, pilih juga jurusan yang persaingannya rendah juga tapi tetap masuk kategori jurusan yang kamu sukai.

4. Daftar Aja dulu…

Berapa pun nilai UTBK yang kamu dapatkan, ikuti aja dulu. Terpenting itu kamu usaha dulu, kamu juga harus menghargai perjuangan kamu selama ini yang sudah berjuang keras untuk mempersiapakan SBMPTN tahun ini.

Ingat kata-kata berikut ini:

99% adalah hasil perjuangan kamu, namun jangan lupakan yang 1% nya yaitu keberuntungan kamu.

5. Jangan Lupa Berdoa

Tugas kamu adalah belajar, dan berusaha semaksimal yang kamu bisa. Namun jangan lupa untuk berdoa. Karena usaha tanpa doa, juga akan sia-sia. Apapun hasil yang kamu peroleh nantinya, tetap positif thinking. Karena semuanya ada hikmanya.

Tetap semangat dan berjuang. Kami yakin kam bisa k.

Tags

Alek Sander

CO-Founder Kampusimpian.com, Editor in Chief, Content Writer
Back to top button
Close