Tips SNMPTN

4 Strategi Memilih Prodi dan Kampus Agar Lolos SNMPTN

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan adalah bagaimana agar kita memiliki peluang besar untuk lolos di jalur SNMPTN? Kuncinya terletak pada bagaimana Kamu, menerapkan strategi dalam menghadapi SNMPTN. Meskipun Kamu masuk dalam kategori Siswa yang layak mengikuti SNMPTN, bukan berarti itu menjamin Kamu lolos ya. Kamu bakalan bersaing dengan banyak peserta yang juga mengikuti jalur SNMPTN yang sama. Jika Kamu tidak menerapkan strategi yang baik di jalur SNMPTN, maka kecil sekali potensi untuk kamu berhasil mengikuti jalur ini. Sebelumnya mimin sudah pernah bahas tentang 6 Kesalahan Umum Siswa Yang Gagal SNMPTN

Berikut ini beberapa tips, yang mimin ingin bagikan ke Kamu. Agar kamu lebih siap dalam menghadapi SNMPTN:

1. Paham Aturan SNMPTN

Aturan yang dimaksud disini adalah, aturan dalam memilih PTN:

  • Kamu dapat memilih maksimal 2 PTN.  Salah satu PTN yang Kamu pilih itu harus PTN yang berada di Provinsi Kamu. Satunya lagi boleh diluar provinsi wilayah Kamu.
  • Kamu juga dapat memilih Maksimal 3 Program studi. Dalam 1 PTN kamu hanya, boleh memilih maksimal 2 prodi, dan 1 lagi harus di PTN yang berbeda.

2. Menentukan Jurusan Sesuai Kapasitas Dirimu

Pada tahap ini, Kamu harus membuat daftar list jurusan yang akan Kamu pilih. Seperti yang sudah mimin jelasin diatas, kamu harus tau aturan memilih Prodi dan Kampus. Jurusan yang Kamu pilih, harus benar-benar relevan dengan cita-cita Kamu. Pertimbangkan juga Prospek atau karir dari jurusan yang Kamu pilih. Buat presentase untuk masing-masing jurusan yang akan Kamu pilih. Catat  kelebihan dan kekurangan masing-masing jurusan, urutkan berdasarkan presentase teratas ke terendah. Jurusan yang memiliki  presentase teratas, merupakan pilihan utama di PTN yang kamu tuju. Pastikan PTN yang Kamu tuju, memiliki jurusan tersebut.

3. Melakukan Pemetaan Jurusan

Bisa jadi teman-teman Kamu 1 sekolah, memilih jurusan yang sama dengan Kamu. Jika demikian, maka Kamu harus menganalisa kembali dari sisi Akademik Kamu dan temanmu yang memilih jurusan yang sama itu. Jika temanmu lebih unggul dari sisi Akademik dan juga prestasi, lebih baik Kamu mengalah atau mengganti jurusan yang masih relevan dengan jurusan itu. Atau Kamu bisa mengganti PTN yang Kamu tuju, agar berbeda dengan temanmu yang tadi. 

4. Berdoa 

Ada banyak artikel yang menjelaskan tentang Tips dalam memilih jurusan di jalur SNMPTN. Namun menurut mimin, 4 Tips ini lebih dari cukup jika Kamu memahaminya dengan baik. Berdoa merupakan salah satu bagian yang tidak kalah penting, saat kita ingin mencapai sesuatu.  Untuk itu bertawakalah sama yang Maha Kuasa, karena tidak ada yang tidak mungkin bagi kita untuk mencapai dan berhasil pada sesuatu yang ingin kita capai.

Semoga Sukses ya.

Back to top button
error: