Pengembangan Diri

4 Tips agar Kamu Tetap Fokus

Kenapa sih setiap kita ingin fokus malah tergoda sama banyak hal, sama hp sama kasur dan banyak hal lagi. Kita sering teralihkan sama hal-hal yang kita tahu nggak penting untuk tujuan kita. Kenapa scroll media sosial lebih enak dibanding fokus dengan tujan apa yang seharusnya kita lakukan? Bayangin kalau kamu bisa fokus mengerjakan hal yang seharusnya kamu selesaikan, pasti hari kamu akan lebih produktif.

Baca Juga: Pentingnya Meditasi Agar Tetap Fokus

Teralihnya fokus kamu ini biasanya disebut dengan distraksi. Sebenarnya kamu bisa terdistraksi karena tiga hal. Yang pertama ada sesuatu yang merenggut fokus kamu dari hal yang kamu kerjakan, contoh misalnya kamu lagi bikin tugas dan tiba-tiba smartphone kamu bunyi ternyata ada WhatsApp dari teman kamu, setelah membalas pesan tersebut kamu malah berselancar ke yang lain youtube lah instagram lah atau mungkin main game dan lain-lain. Nah dari contoh ini itu artinya ada sesuatu dari luar yang mendorong kamu untuk meninggalkan pekerjaan kamu dan membuat kamu hilang fokus.

Yang kedua masalahnya dari dalam diri kamu sendiri. untuk masalah ini kamu perlu berpikir dalam-dalam. Coba kamu pikirin sutau kejadian ketika kamu lagi fokus nggak ada terdistraksi tapi otak kamu nggak bisa berhenti ngomongin hal lain sama diri sendiri, kamu belum makan siang atau kamu belum tidur siang nih. Tapi mari kita kesampingkan dulu semua pikiran random itu. Sebenarnya ketika kita terdistraksi karena dorongan dalam diri, penyebabnya biasanya adalah kita mau menghindari perasaan negatif, perasaan nggak enak yang bisa disebabkan oleh kegiatan yang harusnya kita lakukan.

Baca Juga: 3 Tips Agar Kamu Menjadi Disiplin

Yang ketiga basically kamu sebenarnya ngablu aja. Maksudnya gimana sih, jadi kamu emang nggak tau mau ngapain dan nggak ada kerjaan dan plan, kamu juga merasa hal-hal yang lain masih bisa ditunda karena nggak penting untuk diselesaikan sekarang. Nah kalau sudah kayak gini kamu tidak ada usaha juga untuk fokus. Jadinya fokus kamu dikendalikan sama faktor eksternal, ketika ada stimulus sedikit kamu akan ngejar, ada yang lain pindah lagi begitu seterusnya, ini malah bikin kamu jadi orang yang nggak konsisten.

Gimana caranya melatih fokus supaya kamu tidak terdistraksi dan supaya kamu bisa menyelesaikan apa yang seharusnya kamu selsesaikan. Nah nama konsepnya adalah indistractable model.

1. Ketahui Traction Kamu

Ketahuilah apa yang seharusnya kamu lakukan pada waktu itu. Pertanyaannya adalah sebenarnya apa sih yang bisa kamu lakukan saat ini? Nah baru setelah kamu terdistraksi kamu baru bisa benar-benar bilang, ”Oh iya, saya hari ini mau bikin tugas kuliah deadline nya besok”. Kunci buat bisa menakhlukkan distraksi kamu adalah kamu harus tahu the traction first. Tahu apa yang harusnya kamu lakukan, jadi kamu bisa benar-benar tau kalau kamu emang lagi terdistraksi. Kenapa? Karena terkadang kita memang tidak sadar kalau kita terdistraksi.

2. Jadwalin

Kamu harus tau waktu yang kamu punya, kamu itu seharusnya ngapain aja. Bahkan penting untuk kamu membuat plan untuk besok dan beberapa hari kedepannya. Dan ini bukan hanya soal kerjaaan atau kuliah, kamu juga harus tahu juga kapan harus ngurus diri sendiri, kapan kamu harus jalan-jalan, semua ini harus ada dikalender kamu. Ingat hidup ini dalam jangka waktu panjang, kamu harus juga memperhatikan diri kamu, misalnya kamu butuh makan, kamu juga butuh tidur dan istirahat. Kenapa sih harus dijadwalin? Alasannya sederhana supaya kamu nggak kewalahan dan bisa realistis berapa jam yag kamu perlukan buat menyelesaikan sesuatu yang lebih penting, ini juga akan membuat kamu lebih efisien.

3. Blokir Possible Distraction

Ketika waktunya kamu udah masuk buat kerja, siapkan lingkungan yang cocok. Kalau kamu emang nggak butuh smartphone untuk kerja, simpanlah dan jauhkan dari kamu. Dan kamu juga perlu bikin tulisan “lagi fokus” di meja kamu supaya orang-orang ragu untuk menyapa kamu dan mengganggu kamu. Ini akan membantu kamu agar bisa tetap fokus.

4. Tunda Terdistraksi

Caranya gimana nih? Bilang kediri kamu lima belas menit lagi ke hal yang bisa mendistraksi kamu. Nah ketika kamu dapat sebuah distraksi misalnya, aduh aku belum makan nih, bilang kediri kamu sendiri lima belas menit lagi deh aku makan dan balik lagi fokus ke kerjaan kamu. Tapi biasanya pikiran itu akan hilang dalam waktu lima belas menit itu, kenapa seperti ini, karena sebenarnya ketika kamu terdistraksi kamu hanya perlu menjawab itu dan kamu nggak perlu untuk melakukannya yang penting kamu kasih kepastian aja kapan kamu melakukan itu. Dengan seperti ini keinginan untuk melakukan hal lain bisa teratasi karena kamu sudah tau kamu bisa aja melakukan itu tapi nggak sekarang.

Ada banyak cara menjaga agar tetap fokus saat bekerja yang bisa kamu coba. Dengan menjaga diri tetap fokus, kamu dapat mengerjakan pekerjaan dengan maksimal. Dan pada akhirnya, akan berpengaruh positif terhadap produktivitas kamu.

Back to top button
error: