close

5 Tips Agar Kamu Menjadi Cerdas

Kamu merasa tidak pintar atau kurang cerdas seperti teman-temanmu yang lain? Ketahuilah bahwa otak manusia ternyata memiliki potensi kecerdasan luar biasa. Namun sayangnya, tak banyak orang yang menggunakannya dengan maksimal. Kabar baiknya, kecerdasan otak bisa diasah. Namun, membuat otak lebih pintar tak melulu harus menjadi kutu buku dan belajar ekstra keras. Kamu hanya perlu memaksimalkan potensi yang ada di diri kamu.

Baca Juga: 3 Cara Untuk Mulai Mengelola Keuangan Pribadi yang Baik

Dalam kehidupan sehari-hari, perbedaan merupakan suatu hal yang gak bisa kita hindari. Ditambah kita tinggal di negara yang terdiri dari berbagai ras, suku, sampai agama. Mulai tentang seputar perpolitikan bangsa sampai pandangan tentang suatu hal. Karena itulah, kita perlu menjadi orang yang open minded.

Apa sih sikap open minded itu? Open minded adalah sebuah cara pikir dimana kita dapat menghargai ,menerima sudut pandang orang lain yang berupa ide atau gagasan, masukan atau saran dan lain sebagainya ,namun tetap harus menyaring sudut pandang tersebut berdasarkan kebenaran yang telah kita dapatkan.

Baca Juga: Tips Mudah Mengubah Pola Pikir Agar Terhindar Dari Kesalahan Berpikir

Menjadi pribadi yang open minded bukan berarti kamu harus setuju sama pendapat orang lain. Lewat menghargai dan mempertimbangkan pendapat mereka, kamu sudah bisa dibilang open minded. Karena perbedaan merupakan suatu hal wajar.

Banyak yang masih bingung dan bertanya-tanya apakah dia open minded. Ada beberapa ciri orang yang termasuk kategori open-minded. Yuk simak ulasannya.

1. Mereka Gak Butuh Pengakuan Kalo Open Minded

Karena sejatinya orang yang punya sifat open minded selalu pengen terus belajar dalam hidupnya. Serta gak ada kata cukup bagi mereka buat belajar suatu hal. Selain itu, gak penting buat mereka apakah orang tau kalo mereka open-minded, karena mereka tidak butuh pengakuan itu.

2. Mereka Gak Langsung Menyimpulkan Sesuatu

Orang yang open-minded biasanya mencoba melihat sesuatu dari berbagai sisi. Dalam prosesnya, mereka mencoba mengumpulkan fakta sebanyak-banyaknya. Hingga mereka akhirnya menyimpulkan sesuatu dari fakta-fakta tersebut.

Dalam melihat sesuatu, tentu mereka bakal mencoba buat mempertimbangkan pendapat dari orang lain. Mereka juga gak langsung men-judge pendapat orang lain. Karena mereka sadar bahwa tiap orang punya dasar pemikiran yang berbeda-beda.

3. Mereka Bersikap Sewajarnya Terhadap Suatu Hal

Maksudnya apa sih? Orang yang open-minded biasanya bersikap gak terlalu menyukai serta membenci suatu hal. Mereka percaya bahwa dalam sesuatu pasti ada baik buruknya. Jadi, mereka lebih bersikap sewajarnya ketika melihat sesuatu. Misalnya, kamu mungkin mengidolakan boyband asal Korea. Di mata kamu, mungkin mereka terlihat sempurna karena suara dan tariannya yang sangat indah. Akan tetapi, belakangan ada kabar bahwa boyband tersebut terseret kasus narkoba. Dengan begitu, artinya kamu perlu sadar bahwa gak ada satu orang pun yang benar-benar sempurna. Tak terkecuali boyband kesayangan kamu tersebut.

4. Mereka Sadar Bahwa Tidak Ada Hal Yang Tidak Mungkin

Karena mereka berpikir bahwa tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Ditambah mereka merasa bahwa ilmu yang mereka miliki belum seberapa dan masih banyak hal lain yang mungkin mereka belum ketahui. Dari situlah mereka akan terus belajar hal baru yang bisa membuat mereka menjadi open minded.

Contohnya, orang mungkin mempertanyakan ketika BJ Habibie menciptakan pesawat terbang. Mereka berpikir mustahil manusia bisa menciptakan alat buat terbang. Tapi, kenyataannya dia berhasil menciptakan alat tersebut dan dapat bermanfaat bagi banyak orang. Jadi, gak ada hal yang gak mungkin bukan?

5. Mereka Penasaran Sama Pendapat Orang Lain

Nah, biasanya orang yang open-minded selalu kepo lewat nanyain pendapat orang lain tentang suatu hal. Kenapa? Karena mereka ingin terus belajar lebih tentang suatu hal dalam hidup mereka. Bisa belajar lewat pengalaman pribadi, dan sampai pendapat orang lain.

Contohnya, pas lagi nongkrong sama temen-temen kamu sering nanyain pendapat mereka tentang demo mahasiswa. Kamu penasaran sebenarnya apa sih yang menyebabkan aksi demo mahasiswa tersebut.

Penting bagi kamu buat menjadi orang open minded di zaman yang semakin canggih ini. Kenapa? Karena banyak hal yang bisa kamu gali lagi tentang suatu hal. Bisa lewat berselancar di dunia maya. Emang gak mudah buat jadi orang yang bener-bener open minded. Butuh waktu serta usaha buat kamu memahami sudut pandang orang lain. Tapi percayalah sifat satu ini bakal bermanfaat untuk kamu dalam menjalani kehidupan. Kenapa? Karena bakal membuat kamu belajar memahami orang lain serta memperluas sudut pandang kamu.

Untuk menjadi pribadi yang betul-betul berpikiran terbuka, tentu butuh proses dan waktu yang gak sebentar. Jadi kamu perlu konsisten agar bisa menjadi open minded.

Back to top button

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Silakan untuk Menonaktifkan Adblocker ya, agar bisa mengakses semua layanan ini secara gratis!