close
Info Kampus

5 Tips Menyelamatkan IPK Walau Sibuk Organisasi

Saat dikampus tentu diantara kita punya kesibukan masing-masing tu. Ada yang sibuk kegiatan organisasi, bekerja, ataupun malah nggak ikut kegiatan apapun. Semuanya sih memang pilihan, itu semua kembalikan kepada kita lagi. Namun kali ini saya akan ngebahas sedikit untuk Mahasiswa yang aktif di kegiatan organisasi. Berorganisasi dikampus itu penting lo, karena dengan ikut organisasi bisa memperluas relasi kamu dengan orang -orang dari latar belakang yang berbeda.

Sebenarnya sih kegiatan organisasi itu lebih ngembangin softskill kamu gitu, meskipun kadang ini nggak dirasakan oleh kita secara langsung. Tapi banyak juga Mahasiswa yang menganggap sebuah organisasi sebagai beban di kampus. Banyak yang mengkambing hitamkan sebuah organisasi dalam hal Akademik.

Tak sedikit orang yang bilang bahwa dari organisasi ” membuat nilai (IPK) seseorang menjadi turun”. Padahal nyatanya banyak juga tuh, Mahasiswa yang nggak ikut organisasi IPK nya juga hancur. Jadi ya intinya kembali ke orangnya lagi, gimana menyikapi hal semacam itu. Agar IPK (indeks prestasi kumulatif) kamu nggak mengalami penurunan, kamu bisa nerapin beberapa tips berikut ini.

Saat dikelas benar-benar Fokus Belajar

Nah klo dikelas, kamu harus benar-benar fokus dengan mata kuliah yang sedang kamu ikuti. Karena bisa dikatakan dengan ikut orgnisasi, waktu belajarmu menjadi sedikit berkurang. Artinya disini kamu harus punya energi yang lebih dari Mahasiswa lain.

Sempatkan Baca Materi sebelum Masuk ke Kelas

Nah kadang ada tuh dosen yang nggak tepat waktu saat ke kelas. Jadi sambil nunggu dosen sampai ke ruangan, manfaatin dulu tu waktu yang ada untuk membaca materi kuliah yang akan kamu ikuti hari itu. Biar menambah ingatan kamu tentang materi mata kuliah tersebut.

Baca Juga  Ternyata Jalur Masuk PTN Tahun 2023 Mengalami Perubahan, 3 Jalur Baru Yang Wajib Kamu Tau!

Buat Catatan Kuliah dan Review Lagi

Nah hal ini jangan sampai kamu lupakan. Catat point-point pokok yang dibicarakan dari dosen kamu. Terkadang kebanyakan mahasiswa, tidak mencatat apa yang dibicarakan dosennya. Karena itu akan membantu kamu banget, pas untuk menghadapi ujian atau semacamnya. Ya nggak perlu banyak nyatetnya, kan udah mahasiswa jadi bisa donk ngambil inti dari pembicaraan sang dosen.

Pahami Kisi-Kisi Dari Dosen

Nah biasanya ada tuh dosen yang suka ngasih kisi-kisi ke Mahasiswanya. Mana yang harus dipelajari sama yang nggak, dan ini harus kamu catet dengan baik. Hal semacam ini harus kamu catet dengan baik, agar nggak lupa.

Mencicil Kegiatan Belajar

Karena posisinya kita tu nggak cuman belajar aja. Jadi ya harus nyiapin waktu jauh-jauh hari untuk belajar. Karena klo kita nyiapinnya pas mau ujian aja, yang terjadi menjadi beban besar ke otak. Dan akhirnya kita menjadi nggak maksimal tu dalam negerjain soal.

Nah seperti itulah tips yang dapat kamu coba terapin, agar ipk nggak turun meski sibuk kegiatan organisasi.

Alek Sander

Founder Kampusimpian.com | Penulis | Programer “You do not need to be great to start something. Do it now and do not ever put off because the chance may not come twice.”

Artikel Terkait

Back to top button
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.