AkreditasiAkreditasi PTN

Akreditasi ITK (Institut Teknologi Kalimantan) 2021/2022

Akreditasi ITK (Institut Teknologi Kalimantan) 2020/2021 – ITK atau yang dikenal dengan Institut Teknologi Kalimantan merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berada di Kalimantan Timur . Lokasi Kampus ITK di Jl. Soekarno Hatta No.KM 15, Karang Joang, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur . ITK telah mendapatkan Akreditasi “B” berdasarkan 385/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018 yang diberikan oleh BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). ITK merupakan salah satu Universitas Terbaik dan Terfavorit di Kalimantan Timur .

Pengertian Akreditasi

Akreditasi merupakan suatu bentuk pengakuan pemerintah terhadap suatu lembaga pendidikan tinggi. Nilai Akreditasi ini dikeluarkan oleh badan atau institusi yang berwenang, yaitu BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Pada umumnya nilai Akreditasi ini, diperbaharui setiap 5 tahun sekali.

Nilai untuk Akreditasi

Berikut ini beberapa point untuk nilai Akreditasi yang diberikan:

  • Akreditasi A = 361 – 400
  • Akreditasi B = 301 – 360
  • Akreditasi C = 201 – 300

Minimal untuk saat ini Akreditasi kampus, maupun jurusan itulah B. Tentu ini memiliki pengaruh juga terhadap Izajah yang terbitkan nantinya.

Fungsi Akreditasi

Fungsi Akreditasi itu untuk menilai kualitas Perguruan Tinggi apakah sudah sangat baik, baik, atau cukup baik. Akreditasi ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu Akreditasi Kampus dan Program Studi. Pastikan sebelum memilih jurusan di PTN/PTS, untuk memperhatikan keduanya.

Akreditasi Prodi S1 ITK

Program StudiJenjangAkreditasi
Teknik LingkunganS1C
Teknik IndustriS1C
Teknik KelautanS1C
InformatikaS1C
MatematikaS1C
Teknik MesinS1B
FisikaS1C
Teknik PerkapalanS1C
Teknik KimiaS1B
Teknik Material Dan MetalurgiS1B
Perencanaan Wilayah Dan KotaS1B
Teknik ElektroS1C
Sistem InformasiS1C
Teknik SipilS1B

Baca Juga

Demikianlah Informasi mengenai seluruh Akreditasi Program Studi (Jurusan) yang di Institut Teknologi Kalimantan. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa bagikan dengan teman kalian yang membutuhkan.

Back to top button
error: