close

Arti dan Ciri Seorang Extrovert

Apakah kamu mempunyai kepribadian extrovert? Setiap dari kamu bisa dibilang memiliki karakteristik yang berbeda-beda dalam berkehidupan sosial. Ada yang hobinya baca buku sendirian, namun ada juga yang senang bertemu orang banyak. Hal itu disebabkan oleh keragaman latar belakang yang beragam, sehingga membentuk kepribadian yang kamu miliki. Oleh sebab itu, gak ada yang salah dengan hal itu, sebab setiap orang memiliki preferensinya tersendiri.

Misalnya, kamu punya teman kuliah yang kerjaannya tiap pulang kuliah nongkrong ke café lah, pergi main lah, ngumpul terus setiap harinya. Kalo gak ngumpul dengan teman, rasanya ada yang kurang gitu dalam sehari-harinya. Dari situ, kamu pun merasa tidak bisa seperti dia, kalau kamu baru ketemu orang banyak sebentar udah capek banget rasanya kayak energi kamu habis gitu.

Baca Juga: 5 Ciri Bahwa Kamu Seorang Introvert

Nah, dalam perspektif psikologi, temanmu itu mungkin termasuk orang yang extrovert. Salah satunya ditandai melalui caranya dalam mengisi ulang energinya yang telah habis dalam sehari-harinya.

Apa sih extrovert itu? Nah, ekstrovert merupakan individu dengan ciri kepribadian extraversion, yang memperoleh energi melalui hal yang bersifat eksternal. Hal Ini pertama kali diperkenalkan oleh Carl Jung, pencetus aliran psikologi psikoanalisis asal Swiss. Dari situ, extraversion bisa dibilang bertolak belakang dengan kepribadian introversion, yang memperoleh energinya melalui dalam diri. Tentunya, setiap dari kamu memiliki tingkat introversion serta extraversion yang berbeda-beda.

Baca Juga: Kamu Merasa Introvert? Inilah 5 Jurusan Kuliah yang Cocok Untukmu

Ibaratkan sebuah baterai nih, seorang ekstrovert mengisi ulang energinya melalui komunikasi serta interaksi sosial. Mulai dari berinteraksi dengan orang baru, teman-teman, sampai teman dari teman-temannya. Selain itu, mereka juga dikenal sebagai individu yang terbuka, mudah bergaul, menyenangkan, sampai antusias ketika bertemu orang baru. Dengan begitu, seorang ekstrovert memiliki kecenderungan untuk menyukai interaksi sosial dengan orang lain

Berikut ini ciri-ciri seseorang dengan kepribadian extrovert:

1. Senang Berinteraksi Dan Bersosialisasi

Seorang ekstrovert sangat senang mengadakan suatu kegiatan di lingkungan sekolah/kampus atau di lingkungan tempat tinggal dan tempat kerja. Bagi seorang ekstrovert hal itu adalah hal yang menyenangkan. Seorang ekstrovert akan senang sekali dalam berinteraksi dengan banyak kawan dan rekan kerja. Mereka dapat serta bersosialisasi dengan para tetangga sekitar. kalau mereka sehari aja didalam rumah sudah rasa setahun mungkin, karena orang ekstrovert ini tidak akan betah berada di rumah. Mereka akan mencari energinya di luar rumah dengan berinteraksi dengan orang-orang maka akan membuat mereka menemukan semangat baru.

2. Selalu Antusias Dan Semangat

Didalam kesehariannya orang extrovert selalu tampak ceria, sumringah dan selalu bersemangat di setiap waktu. Jika di hadapkan dengan hal-hal yang baru mereka akan sangat berantusias terhadap hal dan kondisi tersebut.

Inilah ciri khas seorang extrovert. Akan tetapi, seorang ekstrovert juga bisa down. Hal ini terlihat saat tingkah laku mereka tidak seperti biasanya. Mereka yang kesehariannya selalu berantusias lalu tiba-tiba menjadi pendiam. Hal ini bisa disimpulkan bahwa mereka sedang berada pada titik bawah yang membuat pikiran mereka sedih dan galau. Tidak berarti seorang ekstrovert ini tidak bisa diam, saat dihadapkan dengan masalah mungkin saja mereka kehilangan semangat untuk berinteraksi seperti biasanya, tapi hal seperti ini biasanya bersifat sebentar. Karena untuk mengembalikan mood tersebut mereka butuh orang-orang sekitar, mungkin dengan keramaian akan membuat mereka melupakan masalah tersebut.

3. Cenderung Spontan Dalam Bertindak Atau Berbicara

Orang-orang extrovert memang tidak seperti tipe kepribadian introvert. Seorang introvert yang hampir selalu berpikir terlebih dahulu dalam melakukan sesuatu atau berbicara. Mereka cenderung spontan dalam bertindak dan terkesan ceplas-ceplos dalam berbicara. Apa yang ingin mereka bicarakan biasanya langsung seketika itu mereka sampaikan, tanpa takut salah atau garing.

4. Menyukai Popularitas Dan Senang Menjadi Pusat Perhatian

Orang extrovert senang menjadi pusat perhatian orang-orang di sekitar. Mereka pun cenderung popular di kalangan teman, rekan dan lingkungan tempat mereka berada.

Mungkin hal ini yang menjadi penyebab kebanyakan selebritis itu orang-orang dengan tipe kepribadian extrovert. Walaupun tidak semuanya ektrovert. Mereka ingin terlihat menonjol dari yang lainnya.

5. Senang Jadi Pembicara Daripada Pendengar

Seorang extrovert akan senang menuangkan ide dan gagasan mereka kepada orang lain. Di dalam sebuah diskusi mereka akan banyak mendominasi suara serta usulan yang cukup kreatif. Namun terkadang, pembicaraannya masih kalah berbobot dengan mereka yang introvert. Meskipun introvert jarang menuangkan ide dan gagasan mereka, analisa dan perencanaan si introvert cukup detail dan terstruktur. Perlu kamu ketahui, bahwa gak ada yang lebih baik antara menjadi ekstrovert dan introvert. Keduanya hanyalah sebuah preferensi bagi setiap orang dalam mengisi ulang energi. Oleh sebab itu, jangan menjadikan ciri kepribadian sebagai tolak ukur permanen, melainkan untuk memahami dirimu dalam berkehidupan sosial.

Back to top button

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Silakan untuk Menonaktifkan Adblocker ya, agar bisa mengakses semua layanan ini secara gratis!