close

5 Ciri Bahwa Kamu Seorang Introvert

Apa sih yang kamu ketahui tentang orang yang introvert? Orang-orang mengenal introvert sebagai pribadi yang pemalu, tidak punya banyak teman, dan lebih senang menyendiri. Namun apakah pengertian sebenarnya dari introvert? Lalu apa saja ciri-ciri dan karakter yang menunjukan bahwa seseorang tersebut memiliki kepribadian introvert?

Baca Juga: Pentingnya Mengenal Diri Sendiri

Introvert adalah jenis kepribadian yang lebih suka menikmati waktu dengan dirinya sendiri atau orang yang mendapatkan energinya dari dalam dirinya sendiri. Sayangnya pengertian introvert sering disalah artikan oleh masyarakat sebagai pribadi yang menutup diri dari interaksi sosial. Sehingga arti introvert mendapat stigma yang negatif dalam pandangan orang lain.

Jadi, jika hidup kita diibaratkan sebuah baterai, orang-orang introvert adalah orang yang rechargenya dengan diri mereka sendiri. Mereka mendapat energinya ketika mereka sendiri. Hal ini berbeda dengan ekstrovert dimana mereka charging dengan cara bertemu serta berinteraksi dengan seseorang.

Baca Juga: Kamu Kesepian? Ini Cara Mudah Mengatasi Kesepian

Padahal kepribadian ini sebenarnya mempunyai sifat yang lembut dan bisa dipercaya, hanya saja tingkah laku mereka seolah membuat tindakan yang berbeda. Oleh karenanya kondisi ini membuat mereka seolah memiliki perilaku khusus, yang membuatnya terlihat seperti pendiam.

Secara tidak sadar orang-orang berkepribadian tertutup ini menunjukkan sifat tersendiri. Adapun beberapa ciri Introvert adalah sebagai berikut.

1. Menghindari Komunikasi Yang Tidak Perlu

Sikap yang selalu menginginkan ketenangan memang sangat konsisten dengan penjelasan apa itu introvert. Maka dari itu kebutuhan ini terkadang mendorong mereka untuk menghindari komunikasi yang tidak dibutuhkan dan menarik diri dari keramaian. Namun jika kamu memiliki teman seorang introvert tidak perlu sungkan menyapanya, karena mereka adalah orang yang sangat peka dan pendengar yang baik jika sudah akrab.

2. Menghindari Keramaian

Ciri ciri introvert lainnya seperti lebih memilih jalan yang sepi daripada harus melewati kerumunan. Seorang introvert artinya akan menghindari keramaian meskipun dia harus menempuh jalan yang lebih jauh.

3. Senang Dengan Kesendirian

Berada sendiri di rumah adalah suatu kesenangan untuk orang introvert. Waktu menyendiri yang dihabiskan oleh seorang introvert sangatlah penting untuk mengembalikan energi, kesehatan, dan kebahagiannya. Karena seorang introvert ketika sendiri akan lebih nyaman dan seperti mendapatkan kekuatan dari dalam dirinya.

4. Menyukai Pertemanan Yang Lebih Kecil

Biasanya lingkaran pertemanan seorang introvert tidak terlalu besar. Bahkan tak jarang banyak orang yang beranggapan bahwa orang introvert dianggap tidak suka dengan orang lain. Padahal, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Orang introvert hanya lebih suka berkumpul dengan orang-orang terdekat, dibandingkan dengan banyak orang.

Poin ini sebenarnya karakterisitik yang unik. Hal ini karena ketika seorang introvert bergabung dengan kelompok kecilnya mereka tidak akan terlalu menghabiskan banyak energi. Namun, beda lagi hal nya jika mereka dihadapkan dengan segerombolan orang yang jumlahnya banyak. Mereka akan merasa lebih banyak meguras energi.

5. Sulit Mengungkapkan Perasaan

Arti introvert yang kesulitan berkomunikasi bukan berarti mereka bersikap dingin, namun setiap orang punya cara tersendiri saat mengungkapkan emosi mereka. Pemilik kepribadian Introvert artinya akan lebih nyaman menuliskan isi hatinya dibandingkan harus membicarakannya, bahkan dengan teman yang sudah akrab sekalipun.

Bukan berarti orang introvert itu gak suka ngobrol. Namun, biasanya seorang introvert lebih suka obrolan yang tidak basa-basi, cenderung lebih kepada inti dari obrolan tersebut. Mereka suka percakapan yang lebih meaningful dan bermanfaat.

Dibalik sifat pendiamnya sebenarnya Introvert adalah orang yang punya banyak kelebihan, hal ini dikarenakan sebagian waktu mereka digunakan untuk berpikir saat sendirian. Demikian halnya dalam berkomunikasi kelebihan introvert adalah mengamati terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan.

Sehingga mereka cenderung memiliki gaya bahasa yang sopan dan teratur supaya tidak melukai orang lain nantinya. Maka jangan heran bila introvert memiliki kemampuan memimpin yang baik, karena mereka cenderung melakukan analisa dan mendengarkan masukan dengan seksama.

Back to top button

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Silakan untuk Menonaktifkan Adblocker ya, agar bisa mengakses semua layanan ini secara gratis!