Pengembangan Diri

Pentingnya Mengenal Diri Sendiri

Ternyata penting ya mengenal diri? Iya, tentu sangat penting untuk mengenal diri sendiri. Tak sedikit dari kamu yang belum mengenal diri sendiri, tetapi kamu malah sibuk mengenal dunia. Sebetulnya kamu lupa bahwa masih ada hal yang lebih penting untuk kamu kenali terlebih dulu, sebelum kamu mengenali lebih jauh tentang dunia luar ialah mengenali dirimu sendiri, kamu butuh menyelami apa yang ada dalam dirimu sendiri yang masih terpendam belum kamu ketahui. Dengan mengenali diri sendiri akan lebih membuatmu mengerti bahwa hidup tanpa mengenali dirimu sendiri hanya kan membawa kegelisahan, keresahan, bahkan tak tahu arah kemana kamu hendak membawa hidupmu karena kamu belum tahu apasih sebenarnya potensi yang terpendam dalam dirimu, seperti apakah kepribadianmu? Tentu, kamu belum tahu seperti apakah kamu sesungguhnya.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Menemukan Passion Diri Kamu

Jika kamu telah mengenal dirimu, mengetahui seperti apa kamu, paham betul akan kepribadianmu maka, kamu juga dapat mengetahui kekuatan yang terdapat dalam dirimu agar bisa digunakan jika kamu sedang rentan menghadapi masalah atau hal lainnya yang mengancam dirimu. Positifnya kamu mengenal diri sendiri akan lebih membuatmu tidak mudah untuk menjadi iri dengan hal – hal yang menjadi pencapaian banyak orang. Ya, itu karena kamu tahu dan paham betul bahwa semua orang memiliki karekteristik dan kemampuan memiliki pencapaian yang berbeda-beda.

Baca Juga: Ikuti Passion atau Karir Ya Sekarang?

Nah, apabila kamu tidak mengenal dirimu sendiri akan lebih membuat kamu rentan ketika dihadapkan dengan masalah yang mana emosi kamu menjadi sangat tidak stabil. Misalnya, diantara teman – teman terdekatmu hanya kamu yang belum mempunyai pasangan dan kamu merasa ini adalah suatu kekalahan bagi kamu dalam suatu kompetisi. Mengapa? Ya, karena kamu tidak memahami dirimu sendiri. Dampaknya kamu jadi memilih orang untuk dijadiikan pasanganmu tanpa perlu banyak pertimbangan, sehingga pada akhirnya kamu merasa tidak nyaman dengan pasanganmu itu karena dia terlalu mengekangmu. Oke, itu artinya kamu sebetulnya tidak membutuhkan pasangan yang seperti itu  karena jika kamu sudah mengenal dirimu sendiri, bisa saja kamu belum berfokus dalam membutuhkan pasangan tetapi kamu butuh fokus dalam mengejar karirmu, atau kamu butuh untuk melanjutkan pendidikanmu dan hal lainnya.

Baca Juga: 3 Cara Menghentikan Kebiasaan Buruk

Well, hal apa sih hal yang bisa kamu lakukan agar bisa memahami dirimu sendiri? Ya, kamu seharusnya memperlambat tempo dalam mengejar ambisimu. Luangkan waktumu sejenak untuk merenungi dan menyelami dirimu sendiri. Tidak ada salahnya jika kamu kebut-kebutan mengejar ambisimu, tetapi ingatlah diri sisi lain kebutuhanmu yang manfaatnya juga untuk masa depanmu. Ya, kamu harusnya sejenak saja kenali dirimu perlahan. Perlu kamu ingat bahwa dalam mengenali diri, kamu harus bersikap jujur dan mau menerima karena akan ada sisi positif serta negatif dalam dirimu. Yang pastinya sisi negatif dari dirimu itu menjadi hal yang paling kamu benci tetapi kamu tidak boleh menutup diri untuk tidak menerimanya. Kemudian, terima sisi positif yang  selama ini tidka pernah kamu akui dan kamu abaikan saja karena kamu merasa tidak mungkin ada dalam diri kamu.

Nah, hal – hal yang sangat esensial perlu kamu kenali dapat terdiri dari beberapa hal yang akan saya jelaskan sebagai berikut.

1. Sisi Personalmu

Mengenali personal kamu adalah bagian terpenting karena dengan kamu mengetahui seperti apa kepribadianmu akan membantu interaksi kamu dengan sekitarmu. Kamu bisa perhatikan responsi diri kamu dalam beberapa keadaan seperti saat sedang bersama keluarga, atau sedang berada dalam keramaian bersama teman – temanmu atau orang asing. Apakah kamu menjadi pendiam disaat bersama mereka, dan apakah kamu menjadi sosok yang sangat aktif sekaligus heboh, atau malah kamu menjadi pendiam disaat itu. Jadi, kamu bisa tahu kamu adalah sosok introvert, atau ekstrovert, atau ambivert.

2. Ketahui Kelebihan Dan Kekuranganmu

Mungkin kamu tidak asing dengan kalimat ini, yang mana pertanyaan seperti ini sering kali di lontarkan oleh pewawancara saat kamu hendak melamar kerja, beasiswa, komunitas, organisasi  dan masih banyak lagi.  Dengan mengenali kelebihan dan kekurangan ini kamu bisa tahu dimana letak kelebihan dan yang ada pada dirimu. Sehingga, kamu bisa mengambil tindakan terhadap dua hal tersebut; mengembangkan skill yang menjadi kelebihanmu, dan mengetahui cara memperbaiki atau melakukan hal yang bisa menutupi kekuranganmu agar suatu ketika ada seseorang yang mengomentari buruk atas kekuranganmu tidak membuatmu tersinggung atau bahkan marah karena memang tahu kekuranganmu itu.

3. Perhatikan Nilai dan Prinsip yang Dianut

Nilai dan prinsip merupakan hal yang penting kamu perhatikan karena  hal inilah yang lumayan berdampak bagi diri kamu dalam mengambil keputusan, dan komunikasi dengan orang lain serta masih banyak lagi. Jangan sampai kamu berusaha dengan sangat keras untuk menemukan satu nilai dan prinsip yang paling cocok denganmu, tetapi buatlah list terlebih dahulu kemudian lakukan crosscheck terhadap list tersebut hingga kamu menemukan yang paling sesuai dengan hati kamu.

4. Kenali Fisikmu

Kesehatan adalah kekuatan yang paling utama bagi kamu agar bisa melakukan  segala hal. Ketahui letak kelemahan dan kekuatan fisikmu agar kamu tahu batasan dalam bertindak, sehingga tidak akan melukai dirimu karena kamu melebihi batas kekuatanmu. Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan gizi bagi tubuhmu agar memperbesar frekuensi kekuatan dalam tubuhmu.

5. Tujuan Hidup, Cita – Cita, Dan Prioritas

Pikirkan hal yang sesungguhnya ingin kamu capai dalam hidup di dunia ini agar hidupmu bermakna. Untuk mencapai tujuan hidup, impian, dan skala prioritas kamu memerlukan perencanaan dan konsistensi. Jadi, kenali dirimu adalah orang yang seperti apa dalam menjalani sebuah pekerjaan, dan perbanyaklah pengalaman karena itu mempertambah gelombang kebermanfaatan dalam diri kamu, kamu jadi tahu mengenai banyak hal karena hal tersebut akan membentuk pribadi kamu yang sesungguhnya.

Lakukanlah proses pengenalan diri ini secara berkesinambungan, jangan lewatkan 15menit saja dalam satu itu sudah cukup. Karena mengenali diri juga membutuhkan proses agar kamu bisa mengenali diri kamu sendiri dengan baik.

Semoga Bermanfaat, Arigatou J

Back to top button
error: