Pengembangan Diri

Bicara Tentang Body Positivity

Apakah kamu pernah merasa tidak sempurna saat bercermin? Itu perasaan yang umum terjadi. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengubah kekurangan menjadi kelebihan dengan menerapkan body positivity. Apa itu body positivity?

Body positivity menandakan semua orang berhak untuk memiliki citra tubuh yang positif. Bahkan, sekalipun masyarakat memiliki standar yang jauh berbeda mengenai tubuh dan penampilan. Artinya, semua orang boleh-boleh saja memiliki penerimaan terhadap tubuhnya, meski orang lain mungkin memandang tubuhnya tidak sempurna. Sederhananya body positivity merupakan bentuk apresiasi manusia terhadap bentuk tubuh dan bagaimana mereka menerima bentuk tubuh mereka dengan apa adanya.

Baca Juga: 4 Tips agar Kamu Tetap Fokus

Selain itu, jika kamu memahami apa yang dimaksud dengan body positivity, tandanya kamu juga akan menerima tubuh kamu walau terjadi perubahan bentuk, ukuran, hingga kemampuan kamu secara fisik dalam melakukan sesuatu. Hal ini berarti kamu tidak akan menilai diri kamu hanya berdasarkan fisik dan penampilan saja.

Rasa tidak pernah puas sudah menjadi sifat alami manusia. Bertubuh gemuk, ingin kurus dengan melakukan diet. Sudah mencapai tubuh kurus, tetap menjalani diet supaya lebih langsing. Jika sudah mencapai berat badan ideal, lantas mengapa masih merasa tidak puas?

Belum lagi dengan gaya rambut, warna kulit, hingga perawatan ke klinik kecantikan demi mendapatkan predikat cantik menurut orang lain. Padahal, semua orang telah terlahir cantik dan tampan tanpa perlu melakukan perubahan. Kamu hanya perlu belajar mencintai tubuh kamu apa adanya.

Baca Juga: 3 Tips Agar Kamu Menjadi Disiplin

Membudayakan atau menanamkan body positivity tentu bukanlah perkara yang mudah mengingat kita yang hidup di zaman dengan tinggi dan rumitnya ekspektasi society akan ukuran atau bentuk tubuh yang dianggap ‘ideal’ dan dianggap sempurna.

Bagaimana Agar Seseorang Bisa Memiliki Body Positivity?

Agar memiliki persepsi yang positif terhadap tubuh, pertama kamu harus memahami apa yang tubuh kamu perlukan. Praktiknya memang lebih sulit dibandingkan dengan saran dan nasihat yang disampaikan orang lain. Sisihkan waktu luang untuk kamu memenuhi semua kebutuhan diri kamu. Percayakan kemampuan sendiri tentu jauh lebih baik.

Selanjutnya, kamu bisa mulai mendengarkan “pesan” yang disampaikan oleh tubuh kamu, alias merasakan keluhan dan memahami kondisi tubuh. Tak hanya dari catatan medis atau saran dari pakar kesehatan, tak ada salahnya menerima saran dari keluarga atau teman terdekat. Setelah itu, kamu akan menentukan sendiri mana yang terbaik untuk kesehatan tubuh kamu. Jika memang informasi tersebut baik, kamu bisa melakukannya. Namun, jika tidak, kamu tidak perlu melakukannya.

Jadi, dari sekarang mulailah mencintai diri sendiri dengan menerima keadaan tubuh kamu apa adanya. Menjadi diri sendiri tentu lebih baik dibandingkan dengan kamu yang berusaha untuk melakukan segala perubahan hanya demi terlihat menarik di mata orang lain.

Baca Juga: 4 Cara Membangun Kepercayaan Diri Kamu

Kecantikan sebenarnya tidak dapat diukur dengan standar apapun, karena manusia diciptakan dengan bentuk tubuh dan kecantikan yang berbeda-beda. Tidak seharusnya kita mengalami krisis percaya diri hanya karena orang memandang tubuh kita berbeda dengan tubuh orang lain. Kita seharusnya merayakan perbedaan tersebut dan menerima bentuk tubuh kita apa adanya. Karena sejatinya perbedaan itu keren bagi orang yang paham akan hal itu. Jadi jangan takut beda dengan orang lain.

Ingat bahwa kecantikan sejati bukan hanya kecantikan fisik, intinya kamu harus nyaman dengan dirimu sendiri. Karena pada dasarnya kecantikan adalah kondisi pikiran kamu, bukan kondisi tubuh.

Back to top button
error: