Gaya HidupPengembangan Diri

3 Cara Menghentikan Kebiasaan Buruk

3 Cara Menghentikan Kebiasaan Buruk  – Kenapa sih saya bisa punya kebiasaan buruk? Apakah kalian pernah sempat berpikir seperti itu. Tidak peduli seberapa dalam kebiasaan buruk kita tertanam dalam diri kita, kita masih memiliki kekuatan untuk mengubahnya. Itu tidak mudah, tetapi itu mungkin. Perubahan dimulai dengan memahami bagaimana kebiasaan bekerja. Apa itu kebiasaan? Bagaimana itu terbentuk? Apa yang memotivasi kita untuk tetap berpegang pada kebiasaan yang tidak sehat? Ini adalah pertanyaan penting yang harus kita jawab sebelum kita dapat membuat strategi yang efektif untuk menghentikan kebiasaan buruk.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Mengelola Stress

Dalam buku The Power of Habit, Charles Duhigg mendefinisikan kebiasaan sebagai “pola perilaku yang mendarah daging”. Kebiasaan memiliki tiga tahap yang mana, isyarat adalah hal yang memicu kebiasaan dalam pikiran kamu, rutin hanyalah aksi dari kebiasaan, dan reward atau hadiah untuk perilaku kamu.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Menemukan Passion Diri Kamu

Dalam kebiasaan jangka panjang, yang sudah mendarah daging, ada juga keinginan. Keinginan ini terjadi setelah otak kamu selalu mendapat reward yang kuat untuk suatu kebiasaan, seperti kafein yang didapatkan dari secangkir kopi.

Sebuah kebiasaan buruk adalah setiap rutin yang menghalangi kamu dari tujuan pribadi atau profesional, daripada membantu kamu ke arah tujuan itu. Biasanya, kebiasaan buruk ini memberikan hadiah jangka pendek dengan mengorbankan kesehatan, kebahagiaan, atau produktivitas kamu.

Apa saja sih cara yang bisa kamu lakukan untuk menghentikan kebiasaan buruk?

1. Kembangkan Alasan Nyata

Kunci pertama untuk menghentikan kebiasaan buruk adalah memvisualisasikan alasan nyata mengapa kamu ingin menghentikan kebiasaan itu. Jika kamu tidak tahu mengapa kamu ingin menghentikan kebiasaan buruk, kemungkinan kamu tidak akan pernah mulai untuk berubah. Misalnya nih kamu tau bahwa seluruh alasan kamu tidak produktif adalah karena kebiasaan tidur yang kemaleman dan bangun kesiangan, jadi itu memberi kamu alasan yang nyata untuk tidur lebih cepat bangun pagi-pagi dan mulai segera menyelesaikan pekerjaan.

Jadi, cari tahu apa yang cocok untuk kamu. Pastikan saja bahwa itu adalah insentif yang cukup kuat dan nyata sehingga kamu ada keinginan untuk berubah, dan kamu akan berada di jalan yang baik untuk menghentikan kebiasaan buruk itu untuk selamanya.

2. Ganti Rutin

Rasanya tidak mungkin untuk benar-benar menghentikan kebiasaan buruk sama sekali.

Maka dari itu kamu perlu mengganti kebiasaan buruk dengan kegiatan yang lebih bermanfaat tapi dengan reward yang sama. Misalnya kamu mempunyai kebiasaan saat bangun tidur langsung buka sosial media sampai lupa sarapan, akan lebih baiknya kamu bangun tidur langsung melakukan aktivitas yang bermanfaat misalnya olahraga pagi, mendengarkan podcast untuk memotivasi diri kamu sebelum melakukan aktivitas yang mungkin membuat jiwa dan raga kamu lelah.

“Kamu tidak akan bisa menghapus kebiasaan buruk, yang perlu kamu lakukan adalah mengubahnya dan MULAI lakukan kebiasaan baik.”

3. Berkomitmen untuk Berubah

Langkah pasti yang perlu kamu ambil saat menghentikan kebiasaan buruk adalah dengan menghapus sebanyak mungkin akses ke kebiasaan buruk itu. Sebagai aturan, semakin banyak langkah yang harus kamu ambil sebelum kamu bisa mendapatkan hadiah yang kamu inginkan, semakin kecil kemungkinan kamu untuk benar-benar menjalani seluruh lingkaran kebiasaan.

Misalnya kamu telah berkomitmen akan mengurangi waktu bermain game apalagi sampai begadang. Sebaliknya kamu akan belajar hal-hal baru yang kamu belum bisa atau kamu mengerjakan tugas kuliah atau sekolah, itu artinya kamu telah menyingkirkan dan menghapus bermain game itu dari kebiasaan kamu. Dengan begitu, jauh lebih mudah bagi kamu untuk melawan keinginan itu, dan otak kamu akan berhenti pada opsi yang tepat.

Setelah kamu memahami bagaimana kebiasaan bekerja, dan tahu apa yang memicu kebiasaan buruk kamu sendiri, kamu pasti akan sukses mengubah kebiasaan buruk. Percayalah, kamu pasti bisa melakukannya! Yang harus kamu lakukan adalah memulai.

Sadarilah kebiasaan buruk hanya akan mendatangkan kenikmatan sesaat. Tanamkan pada diri untuk selalu melakukan kebiasaan yang baik, karena membentuk kebiasaan baik adalah life changing move. Artinya sukses atau tidaknya hidupmu, bahagia atau tidaknya hidupmu, menarik atau tidaknya hidupmu ditentukan oleh apa yang kamu lakukan sehari-hari.

Back to top button
error: