close

Daftar Segera! Ini 6 Beasiswa Menarik untuk Mahasiswa UGM di Bulan Maret

Apakah kamu mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) yang sedang mencari beasiswa? Jika iya, kamu beruntung karena UGM sedang membuka enam program beasiswa di bulan Maret 2023.

Enam program beasiswa yang bisa kamu daftar adalah beasiswa Bank Indonesia untuk skema unggulan dan skema reguler dengan kuota 130 mahasiswa, beasiswa PT Indomegah Sehat dengan kuota 24 mahasiswa, dan beasiswa Bank OCBC NISP Syariah dengan kuota 10 mahasiswa. Selain itu ada juga beasiswa Tenaris Roberto Rocca dengan kuota 14 mahasiswa serta beasiswa VDMI.

Beasiswa-beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa program sarjana dan sarjana terapan yang memiliki prestasi akademik yang baik dan berasal dari keluarga kurang mampu. Dengan mendapatkan beasiswa ini, kamu bisa meringankan biaya kuliahmu dan fokus pada studimu.

Direktur Kemahasiswaan UGM, Dr Sindung Tjahyadi, mengatakan bahwa UGM sangat peduli dengan mahasiswa yang membutuhkan bantuan finansial dan memiliki potensi yang tinggi. Oleh karena itu, UGM memberikan beasiswa sebagai salah satu bentuk dukungan dan usaha yang dilakukan UGM untuk membantu mahasiswa.

“Universitas Gadjah Mada merupakan perguruan tinggi yang sangat memperhatikan mahasiswa berekonomi lemah dan memiliki prestasi yang tinggi. Salah satu bentuk perhatian dan bentuk nyata dari usaha yang dilakukan UGM itu adalah pemberian beasiswa,” ujar Dr Sindung Tjahyadi pada Senin (13/03/2023) seperti dikutip dari situs ugm.ac.id.

UGM merupakan universitas yang memiliki visi dan misi untuk memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa melalui pendidikan berkualitas. Sebagai universitas yang berdiri sejak masa perjuangan kemerdekaan, UGM tidak hanya melayani kepentingan golongan tertentu, tetapi juga berupaya untuk memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh anak bangsa yang memiliki potensi akademik.

Salah satu upaya UGM untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan menyediakan berbagai macam beasiswa bagi mahasiswa yang membutuhkan bantuan finansial maupun penghargaan atas prestasi yang dicapai. Pada tahun 2022 lalu, UGM berhasil mengalokasikan dana sebesar Rp 304.619.659.421,00 untuk memberikan beasiswa kepada 14.122 mahasiswa. Sumber dana tersebut berasal dari berbagai pihak, baik internal maupun eksternal UGM, termasuk alumni, pemerintah, BUMD, BUMN, dan mitra luar negeri.

Beasiswa yang dikelola oleh Direktorat Kemahasiswaan UGM mencakup enam kategori, yaitu beasiswa tidak mampu, beasiswa berprestasi tidak mampu, beasiswa ikatan dinas, beasiswa prestasi, beasiswa khusus (bagi mahasiswa difabel dan mahasiswa terdampak bencana), serta beasiswa kemitraan. Beasiswa tersebut dapat berupa bantuan dana pendidikan (bantuan UKT), bantuan biaya hidup, penghargaan prestasi mahasiswa dan bantuan lainnya. Informasi lebih lanjut tentang program beasiswa dapat diakses melalui laman ditmawa.ugm.ac.id.

Selain itu, beberapa Fakultas/Sekolah juga memiliki program beasiswa sendiri untuk mahasiswa di lingkungan Fakultas/Sekolah tersebut. Sementara itu, untuk Program Pascasarjana, sebagian besar beasiswa yang tersedia adalah beasiswa tugas belajar yang diberikan melalui kerja sama dengan berbagai instansi pemerintah maupun non pemerintah.

Dengan adanya berbagai jenis beasiswa ini, diharapkan UGM dapat terus meningkatkan kualitas dan kuantitas mahasiswanya serta memberikan dampak positif bagi pembangunan nasional.

Menurut Sindung, UGM selalu berkomitmen untuk memperluas jaringan kerjasama dengan lembaga-lembaga beasiswa, sehingga lebih banyak mahasiswa yang dapat memperoleh bantuan pendidikan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas mahasiswa UGM, baik di tingkat diploma, sarjana, maupun pascasarjana.

UGM telah menunjukkan prestasinya dalam mengelola beasiswa bagi mahasiswa. Dari data Direktorat Kemahasiswaan UGM, sejak Januari hingga Maret 2023, terdapat lebih dari 90 jenis beasiswa yang diberikan kepada 7.894 mahasiswa UGM dengan total nilai mencapai Rp78.645.363.000,00. Beasiswa-beasiswa ini merupakan bentuk apresiasi dan dukungan UGM kepada mahasiswa yang berprestasi akademik maupun non-akademik.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftar beasiswa yang sesuai dengan minat dan kualifikasimu. Informasi lebih lengkap tentang persyaratan dan cara pendaftaran bisa kamu lihat di laman resmi UGM atau di kantor kemahasiswaan UGM. Jangan sampai ketinggalan kesempatan emas ini ya!

Back to top button

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Silakan untuk Menonaktifkan Adblocker ya, agar bisa mengakses semua layanan ini secara gratis!