Info SBMPTN

Harus Mulai Belajar dari Mana TPS UTBK 2020 Tahun ini Ya?

Kampusimpian.com – UTBK sudah secara resmi di umumkan hanya menggunakan nilai TPS. Pernyataan tersebut menimbulkan banyak pertanyaan seperti? Harus mulai dari mana untuk belajar TPS? Dan Apakah tidak perlu belajar TKA jika yang diujikan hanya TPS?

Baca: 5 Cara Efektif Mengatasi Rasa Malas Belajar UTBK dan Ujian Mandiri

Tweet yang dinyatakan oleh salah satu pengguna twitter terhadap Sutrisna Wibawa Guru Besar Filsafat Jawa Universitas Negeri Yogyakarta, menanyakan untuk soal TPS yang diujikan di UTBK apakah subtest memiliki model yang sama seperti tahun lalu? Atau ada integrasi dari soal TKA?

Baca: 6 Hal Yang Bisa Membuat Skor UTBK Kamu Menjadi Kecil

Jawaban dari Sutrisna Wibawah, adalah bahwa soal TPS sama seperti tahun lalu. Berkaca dari TPS tahun lalu, TPS terbagi menjadi 4 subtest  yaitu.

  1. Penalaran Umum, yang terdiri dari:
    • Penalaran Bacaan
    • Penalaran Kuantitatif
  2. Pemahaman bacaan & menulis
  3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum
  4. Pengetahuan Kuantitatif

Baca: Prediksi Soal UTBK TPS SBMPTN 2020 + Kunci Jawaban

Yang menjadi pertanyaan adalah Harus mulai belajar darimana untuk bisa memaksimalkan nilai TPS kalian?

1. Buat Jadwal Belajar Subtest TPS perhari

Jadwal tersebut bisa disesuiakan dengan kebutuhan kalian. Contoh misalkan di hari senin kalian ingin belajar Penalaran Umum. Dihari selasa kalian ingin belajar Pemahaman bacaan & menulis, dihari rabu  kalian ingin belajar Pengetahuan dan Pemahaman Umum, dan hari kamis kalian akan belajar Pengetahuan Kuantitatif. Silakan sesuaikan kembali dengan kebutuhan kalian.

2. Punya Buku Latihan Soal dan Mengikuti Try Out

Bukunya nggak harus beli, bisa minta punya temen yang udah lulus SBMPTN tahun lalu. Dan Mengikuti try out  gratis bisa menjadi salah satu alternatif. Saat ini banyak sekali try out gratis, yang dapat kalian cobakan. Kalian bisa carinya di Instagram atau Gogling, berkaitan dengan hal tersebut.

3. Catat hasil Skor yang di dapatkan di Try Out pada setiap subtestnya.

Misalkan pada penalaran umum kalian dapat berapa?Di  pengetahuan Kuantitatif kalian dapat berapa? Hal tersebut gunanya untuk melihat sudah seberapa mahir kalian mengerjakan soal tersebut.

4. Pilihlah Jurusan Yang Di Inginkan Dan Sesuaikan Dengan Nilai Kalian

Tentu kalian sudah bisa melihat nilai hasil Try Out yang kalian coba. Kalian bisa mulai menganalisis dari nilai yang kalian dapatkan, kira-kira jurusan apa yang nilai UTBK nya berdekatan dengan nilai yang kalian dapatkan. Dan pastikan juga, bahwa jurusan yang kalian pilih itu benar-benar minat kalian.

Mungkin kalian masih bertanya, Apakah tidak perlu belajar TKA jika yang diujikan hanya TPS? Kalau menurut saya sih tetap perlu, namun yang tetap harus kalian fokuskan adalah TPS nya. Gunakan waktu 1-2 hari dalam seminggu untuk mengulang materi TKA yang ada. Kenapa perlu? Karena masih ada kemungkinan mandiri yang menggunakan TKA dalam tesnya.

Tapi kenapa hanya perlu di fokuskan di TPS? Karena banyak mandiri yang hanya menggunakan nilai UTBK dalam proses masuknya. Sehingga membuat skor UTBK setinggi mungkin itu penting untuk menggunakan nilai tersebut dalam seleksi mandiri.

Baca: 5 Daftar PTN yang Menggunakan Nilai UTBK pada Seleksi Mandiri

Hanya mandiri SIMAK UI di tahun lalu yang tidak menggunakan nilai UTBK. Dan ada beberapa mandiri yang menggunakan nilai UTBK dan ujian tulis contohnya UGM. Ada yang hanya benar-enar menggunakan nilai UTBK untuk proses seleksi masuknya. Sehingga tetap harus memperlajari TKA tetap tetap di fokuskan di TPSnya.

Nah itu dia Tips yang mungkin akan bermanfaat, untuk kalian yang mengikuti UTBK di tahun ini.

Tags

Alek Sander

CO-Founder Kampusimpian.com, Editor in Chief, Content Writer
Back to top button
Close