close

Hilangkan Kecemasan Kamu Dengan Filosofi Hidup (Taoism)

Selalu merasa cemas dan overthinking terhadap hal apapun yang mengganggu pikiranmu? Karena selalu overthinking jadi sulit untuk santuy terhadap suatu hal, dari hal kecil hingga ke hal yang kompleks juga harus dipikirkan, “Tugasku kapan ya selesainya? Skripsiku kapan ya kelarnya? Seusai wisuda nanti aku bakal kerja dimana ya? Apakah besok aku akan jalan sama doi?  Terkumpul gak ya tabunganku tahun depan?”. Yah, semua hal kamu pikirkan hingga jadi overthinking dan kamu jadi mencemaskan banyak hal yang takutnya tidak bisa kamu capai sesuai ekspektasi. Terlebih lagi jika kamu hidup di kota metropolitan, manusianya telah terbiasa dengan hidup dibawah tekanan yang harus serba cepat tanggap. Bahkan seperti yang kita ketahui sendiri bahwa hidup dan bekerja di kota metropolitan harus kuat fisik dan mental karena tidak kenal waktu, banyak orang – orang yang bekerja hingga dini hari dan sudah pasti jadwal semua orang selalu padat untuk bekerja dari pagi hingga malam. Tentunya, kamu yang kerja terus menerus, kerja keras bagai kuda hanya demi mencari uang, mengontrol banyak elemen dan banyak hal agar tidak terjadi hal fatal dimasa depan  dan dapat menjamin masa depan kelak menjadi lebih baik. nah, perlu kamu sadari hal ini membawa dampak kurang baik bagi kamu yaitu overthinking   yang membuat kamu menjadi susah tidur, cemas berlebih, dan kecapean, hingga kamu kehilangan motivasi.

Baca Juga: Sosial Media Berdampak pada Kesehatan Mental

Maka dari itu, untukmu yang merasa selalu cemas dan overthinking disini saya saya akan berbagi informasi terkait filosofi hidup ‘Taoism’  atau filosofi santuy.

Filosofi ini pertama kali didirikan di cina ketika dinasti zhou sedang dalam keadaan tidak stabil ribuan tahun lalu. Dikarenakan saat itu pemerintahan sedang tidak stabil dan mulai muncul beberapa aliran baru yang salah satunya adalah Taoism dicetuskan oleh Lao Tze.  Taoism ini pada intinya merupakan aliran yang mengajakan tentang cara menjalani hidup dengan mengikuti tao/jalannya. Jadi, istilah kerennya adalah hiduplah dengan mengikuti aluranya saja. Kita sebagai manusia ya hidup tanpa harus bertolak belakang melawan semesta, tanpa harus juga menjadi orang yang sangat ambisius terhadap banyak hal, tanpa perlu juga mengontrol banyak hal, tetapi hiduplah saja dengan mengikuti jalannya secara santuy.

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Overthinking Pada Diri Kamu

Terdapat sebuah prinsip penting dalam filosofi Taoism yaitu Wu Wei, yang Wu Wei sama dengan non-action. Yang artinya hidup dengan cara terbaik tanpa banyak aksi – aksi aneh untuk melawan semesta. Enjoy the flow as well. Jelas bukan? filosofi ini adalah filosofi santuy, dan jika kamu mempertanyakan “mengapa harus santuy? Kan hidup itu kalau mau sukses harus berusaha”. Yap, that’s right! Tetapi, harus dipahami betul bahwa sebetunya hidup di dunia ini bukan berarti semua hal bisa dan perlu kita kontrol, terutama nasib dimasa depan. So, hiduplah saja dengan santuy agar lebih bahagia, jangan memaksakan segala hal harus kamu lakukan hingga kamu lupa bahwa ada banyak sekali hal yang bisa kamu lakukan agar membuatmu lebih bahagia.

Kunci dalam filosofi ini adalah percaya (trust), karena kamu harus percaya bahwa dunia ini terdiri dari harmoni Yin dan Yang   dan siklusnya akan terus begitu. So, jika sudah percaya dan ikhlas pada apa yang terjadi dalam dunia hidupmu maka, jika ada hal yang menimpamu tidak akan terlalu berpengaruh padamu meski hal itu dapat terbilang negatif ataupun positif. Jika, kamu telah merasa lelah dengan segala hingar – bingar di kota, kamu sudah lelah dengan segala tuntutan apapun dalam pekerjaan, kamu sudah mulai memikirkan banyak hal, mencemaskan masa depan, itu sudah saatnya kamu mulailah hidup dengan santuy atau hiduplah dengan filosofi taoism.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Keraguan Diri (Imposter Syndrome)

Jika ada yang tidak setuju dengan filosofi taoism ini, perlu kamu ketahui bahwa ketika hidup dengan filosofi taoism ini dapat meningkatkan performa kamu dalam melakukan apa yang sedang kamu kerjakan secara fokus, kamu menikmati peranmu saat itu dan kamu tidak terlalu memikirkan dan mencemaskan masa depan kamu.

Nah, itulah artikel singkat mengenai filosofi hidup yang santuy yaitu taoism.

Semoga Bermanfaat, Arigatou Subete.

Back to top button

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Silakan untuk Menonaktifkan Adblocker ya, agar bisa mengakses semua layanan ini secara gratis!