FinansialPengembangan Diri

Investasi Terbaik di Umur 20 Tahun

Mandiri secara finansial. Apakah kamu juga memimpikan hal yang sama? Bisa hidup tanpa bantuan finansial dari orang tua atau bahkan bisa memberikan uang untuk orang tua, tentu rasanya membanggakan banget. Bisa punya rumah pribadi di usia 20-an, bahkan bisa pensiun dini, juga salah satu tujuan keuangan yang menggiurkan buat anak muda. Ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk menambah pemasukanmu, salah satunya adalah investasi.

Percaya nggak, kesulitan mengatur keuangan adalah salah satu problem yang paling sering dihadapi anak muda. Bahkan, bukan cuma terjadi di Indonesia aja. Di negara adidaya seperti Amerika Serikat, hal ini juga terjadi. Boro-boro berpikir soal kemampuan untuk pensiun di masa tua, bahkan soal membeli makan di tanggal tua juga masih jadi struggle banyak anak muda.

Baca Juga: 4 Langkah Untuk Kamu Agar Sukses Lebih Cepat

Tau nggak sih, apa penyebab kesulitan ini? Ternyata, anak muda itu susah mengatur keuangan karena dua hal yaitu impulsive buying dan rasa nggak berani mengambil risiko untuk mencari sumber pemasukan lain, termasuk berinvestasi.

Pertanyaannya apasih investasi terbaik bagi anak muda? Investasi yang nggak kalah penting buat kamu yang baru menginjak usia 20 tahun yaitu pendidikan dan pengembangan diri. Pendidikan sangat penting untuk masa depan. Investasi pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang sangat bermanfaat dan sudah seharusnya menjadi prioritas.

Baca Juga: 7 Tahapan Mencapai Financial Freedom

Investasi pendidikan adalah cara berinvestasi yang bisa dibilang sangat pasti akan bisa mengembalikan modal awal investasi. Karena bisa dikatakan investasi pendidikan ini sangat berharaga bila dibandingkan dengan jenis investasi yang lainnya, Mengapa? Karena pendidikan merupakan investasi yang bisa dikatakan mulia dan sesuatu yang mulia tersebut akan sangat berharga. Kamu menempuh pendidikan setinggi-tingginya merupakan contoh investasi yang nanti pada saatnya return atau pengembaliannya mungkin jauh lebih besar dari apa yang kamu keluarkan saat ini untuk pendidikan. Jelas investasi pendidikan semacam ini bisa dikatakan investasi yang paling berharga di antara investasi lainnya.

Berikut beberapa alasan kalau pendidikan merupakan investasi yang terbaik.

1. Pendidikan dan ilmu perkembangannya akan terus berkembang dan meningkat, kita tidak bisa memprediksi seberapa besar penghasilan yang akan didapatkan dari investasi pendidikan ini yang jelas pasti akan mendapatkan returnnya.

2. Tidak bisa dipungkiri saat ini rata-rata perusahaan akan melihat latar belakang pendidikan seseorang sebagai bahan pertimbangan untuk penempatan kerja pada perusahaan tertentu.

3. Pendidikan tidak akan ada masanya dan tidak akan pernah habis pula, karena mencari ilmu itu akan terus dicari dan dikejar sampai ke liang lahat.

4. Pendidikan yang tinggi juga secara tidak langsung akan mengangkat derajat dan taraf kehidupan yang meningkat.

5. Manfaatnya memang tidak bisa diprediksi dan diukur tanpa pasti akan sangat bermanfaat dan menghasilkan untuk masa depan.

Jadi jangan sampai untuk tidak memanfaatkan peluang investasi pendidikan untuk tujuan mulia yaitu untuk mencari ilmu. Pasti nanti hasilnya akan mulia juga.

Latar belakang dari adanya berbagai macam program investasi adalah tidak ada yang bisa memprediksi keuangan kita di masa depan. Karena maka dari itu sangat dianjurkan untuk melakukan investasi agar kedepannya bisa mengantisipasi kondisi keuangan kita di masa depan. Maka demikian kita harus pandai-pandai mengelola dan merencanakan keuangan kita untuk tabungan pada saat masa pensiun tiba.

Baca Juga: 3 Cara Untuk Mulai Mengelola Keuangan Pribadi yang Baik

Seperti halnya investasi pendidikan ini sangat dianjurkan karena nanti kedepannya pasti akan bermanfaat. Memang untuk masalah investasi pendidikan sangat mahal namun kita harus benar-benar bisa memanajemen keuangan kita dengan baik, mana yang lebih prioritas itu yang diutamakan.

Back to top button
error: