Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTS

Rangkuman Pelajaran Bahasa Indonesia  kelas 8 merupakan ringkasan materi dari seluruh BAB yang ada di bukupaket kelas 8 untuk jenjang SMP maupun MTS. Rangkuman materi ini dibuat, untuk Kamu yang ingin membaca point-point penting pada setiap bagian yang ada di buku Bahasa Indonesia kelas VIII ini. Rangkuman materi ini sudah lengkap dari semester 1 dan 2, sudah update untuk kurikulum 2013.

Tujuan Kamu belajar Bahasa Indonesia, ialah untuk memfokuskan pada pembentukan warganegara yang baik yang mampu memahami dan dapat melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warganegara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945.

Rangkuman Bab 1 Materi Teks Berita 

A. Pengertian Berita

Teks berita adalah laporan peristiwa yang disajikan dalam sebuah teks dengan tujuan memberikan informasi kepada banyak orang (orang lain).

B. Unsur-Unsur Berita

Unsur yang terdapat dalam teks berita berisi tentang jawaban dari pertanyaan yang mengandung kata tanya 5 W dan 1 H. Antara lain:

  1. Apa peristiwa yang terjadi?
  2. Dimana peristiwa terjadi?
  3. Kapan peristiwa terjadi?
  4. Siapa pelaku yang ada dalam peristiwa?
  5. Mengapa peristiwa dapat terjadi?
  6. Bagaiaman proses terjadinya peristiwa?

>> Selengkapnya Rangkuman Bab 1

Rangkuman Bab 2 Materi Iklan, Slogan, dan Poster

  1. Pengertian Iklan, Slogan dan Poster

Iklan adalah teks yang bersifat mendorong dan membujuk khalayak (banyak orang) agar tertarik pada barang, layanan atau jasa yang ditawarkan. Isinya berupa pemberitahuan yang dikemas menarik. Penyampaian iklan dilakukan dalam berbagai media.I

Slogan adalah kalimat pendek yang menarik dan memiliki fungsi untuk menyampaikan pesan tertentu agar orang tertarik dengan pesan yang ada di dalamnya.

Poster adalah plakat berupa gabungan kata-kata dan gambar yang dipajang di tempat-tempat umum. Tujuan pembuatannya tidak jauh berbeda dengan iklan. Hanya saja, titik pembedanya ada pada kombinasi gambar dan kata-kata yang ada di dalamnya.

  1. Unsur Iklan, Slogan dan Poster

1. Unsur Iklan

Iklan bersifat memadukan berbagai unsur yakni kata-kata, gambar, gerak, serta suara untuk memberikan efek persuasi.

2. Unsur Slogan

Slogan hanya mengedepankan unsur kekuatan dari kata-kata sebagai daya tarik persuasinya. Baik dituliskan maupun diungkapkan dalam bentuk suara.

3. Unsur Poster

Poster mengkolaborasikan antara kekuatan gambar dan kekuatan kata-kata untuk memberikan pengaruh menarik.

>>Selengkapnya Rangkuman Bab 2

Rangkuman Bab 3 Teks Eksposisi

  1. Pengertian Teks Eksposisi
    Teks eksposisi adalah teks yang berisi gagasan atau pernyataan pendapat yang didukung dengan berbagai argumen untuk meyakinkan orang yang membacanya. Biasanya, teks eksposisi ditemukan dalam media massa. Baik media cetak, elektronik, maupun digital. Sering juga muncul dalam aktivitas debat atau diskusi.
  2. Gagasan dan Fakta dalam Teks Eksposisi
    1. Gagasan
      Gagasan adalah ide atau pendapat. Umumnya gagasan berupa komentar, penilaian, saran, dorongan, serta bujukan.
    2. Fakta
      Fakta merupakan kenyataan yang benar-benar terjadi. Biasanya berupa uraian peristiwa faktual, data, dan sejenisnya.

>>Selengkapnya Rangkuman Bab 3 

Rangkuman Bab 4 Teks Puisi

  1. Pengertian Puisi.
    • Puisi adalah salah satu jenis karya sastra yang dibentuk dari rangkain baris dan bait. Isinya berupa ekspresi perasaan dan pemikiran yang dituangkan secara estetis untuk dibacakan (tampilkan) di depan khalayak.
  2. Unsur-Unsur Puisi
    • Puisi dibentuk dari unsur-unsur berikut ini:
      1. Majas
        • Majas adalah gaya bahasa kias yang digunakan untuk menciptkan efek atau kesan tertentu. Majas ada banyak macamnya, misalnya hiperbola dan personifikasi.
      2. Irama
        • Irama adalah alunan bunyi yang teratur dan berulang. Fungsinya membuat kata-kata memiliki emosi tertentu apabila disajikan
      3. Kata konotasi
        • Kata konotasi adalah kata yang memiliki makna yang bukan sebenarnya. Orang sering menyebutnya juga dengan kata yang memiliki makna tersirat.
      4. Kata Berlambang
        • Kata berlambang atau simbol adalah kata yang menjadi simbol bagi suatu makna tertentu. Misalnya kata hujan dalam puisi bisa saja jadi lambang kesedihan, api jadi lambang kemarahan, dan sebagainya.
      5. Imaji
        • Imaji atau pengimajian adalah kata atau susunan kata yang dapat memberikan pengaruh membangkitkan daya khayal atau imajinasi, sehingga pembaca atau pendengar puisi dapat seolah-olah melihat, mendengar, merasa, mengecap, atau meraba.

>> Selengkapnya Rangkuman Bab 4

Rangkuman Bab 5 Teks Eksplanasi atau Cerita Menarik

  1. Pengertian Teks Eksplanasi Cerita Menarik
    • Teks eksplanasi adalah teks yang berisi paparan atau proses mengenai terjadinya suatu fenomena atau peristiwa. Baik alam maupun sosial.
  2. Isi Teks Eksplanasi/Pola Pengembangan
    • Dalam proses paparannya, isi teks eksplanasi bisa berupa dua jenis. Yakni:
      1. Teks Eksplanasi Kausalitas
        • Teks eksplanasi kausalitas adalah teks eksplanasi yang disajikan dengan pola sebab dan akibat. Biasanya menjawab pertanyaan mengapa fenomena/peristiwa terjadi?
      2. Teks Eksplanasi Kronologis
        • Teks eksplanasi kronologis adalah teks eksplanasi yang disajikan dengan pola urutan waktu. Biasanya menjawab pertanyaan bagaimana fenomena/peristiwa terjadi?

>> Selengkapnya Rangkuman Bab 5

Rangkuman Bab 6 Teks Ulasan

  1. Pengertian Teks Ulasan
    • Teks ulasan adalah teks yang berisi ulasan atau penilaian terhadap suatu karya. Baik itu buku, film, dan sebagainya.
  2. Fungsi dan Manfaat Teks Ulasan
    1. Menambah pengetahuan 
    2. Meningkatkan pemahaman
    3. Memunculkan sikap apresiatif
    4. Memperkuat daya kritis

>> Selengkapnya Rangkuman Bab 6

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Lainnya:

Back to top button