Rangkuman Materi Menyusun Laporan Hasil Observasi Kelas 10

Gimana sih caranya menyusun teks laporan observasi yang baik? yuk belajar bareng-bareng langkah-langkah membuat laporan observasi. Sebenarnya menyusun teks laporan observasi itu nggak sulit loh guys.

Yuk Langsung aja kita belajar bareng-bareng ringkasan Materi Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013, terkait dengan tata cara menyusun laporan observasi.

A. Pengertian Teks Laporan Observasi

Teks laporan hasil observasi merupakan teks yang berisi penjabaran umum atau melaporkan hasil pengamatan. Teks laporan hasil observasi akan mendeskripsikan suatu objek dalam bentuk, ciri, dan juga sifatnya. Objek tersebut dapat berupa manusia, benda, tumbuhan, hewan, dan berbagai peristiwa lainnya. Hasil observasi umumnya mengandung fakta, objektif, dan juga harus sesuai kenyataan.

B. Menginterpretasi Laporan Hasil Observasi

3 Langkah untuk menginterpretasikan laporan hasil observasi:

  1. Memahami Teks Laporan Hasil Observasi Dengan Seksama

Untuk dapat memahami dengan mudah teks laporan hasil observasi, maka harus membacanya dengan baik. Gunakan KBBI untuk dapat dengan mudah memahami istilah penting, sehingga dapat memahami semua teks dengan baik.

  1. Mencatat Fakta-Fakta

Kemudian catatlah fakta-fakta yang dijabarkan pada teks laporan hasil observasi yang sudah dibaca. Tulis fakta-fakta tersebut secara runtut sehingga mudah untuk dimengerti dan jelas

  1. Membuat kesimpulan isi

Setelah mengetahui fakta teks, tuliskan kesimpulan dan pahami esensi teks dalam laporan observasi. Catat kesimpulan dan urutankan yang benar, dengan menggunakan pikiran dan kata-kata sendiri.

C. Merevisi Isi Teks Laporan Hasil Observasi

Merevisi laporan observasi berarti memperbaiki struktur teks laporan observasi, khususnya pernyataan umum atau klasifikasi, deskripsi bagian dan deskripsi manfaat, serta kesalahan bahasa. 

Teks laporan hasil observasi harus memuat gambaran umum tentang suatu hal atau objek yang dianggap memiliki keunggulan dibandingkan objek lain, deskripsi bagian-bagian dari objek yang menjadi subjek laporan, dan menjelaskan atau menggambarkan manfaat dari laporan hasil observasi.

D. Menganalisis Kebahasan Teks Laporan Observasi

1. Kata dan Frasa Verba serta Nomina

Jenis kata dan kelompok kata (frasa) yang dominan digunakan dalam sebuah teks laporan hasil observasi adalah verba (kata kerja) dan nomina (kata benda). Pahami dahulu perbedaan antara kata dan frasa. 

Kata berbentuk morfem atau morfem bebas, yaitu satuan bahasa terkecil (dapat memiliki arti maupun tidak) yang bersifat bebas.  Frasa merupakan gabungan beberapa unsur namun tidak melebihi batas fungsi. Artinya, sekalipun terdiri atas beberapa unsur namun hanya memiliki satu fungsi dalam sebuah kalimat.. 

E. Mengonstruksi Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan observasi dimaksudkan untuk memberikan informasi tentang objek atau situasi setelah penyelidikan sistematis.  Untuk mengedit teks observasi: 

 1. Tentukan topik yang akan ditulis 

Topiknya meliputi tumbuhan, hewan, fenomena lokal, artefak, dan hal lain yang dapat Anda cari. 

2) Mengembangkan kerangka pelaporan 

 Kerangka pelaporan dibuat berdasarkan apa yang dilaporkan tentang objek atau peristiwa tertentu. 

 3) Putuskan informasi apa yang Anda butuhkan dan bagaimana menemukannya 

 4) Menyusun struktur teks observasi,

yaitu definisi umum, deskripsi bagian, dan informasi yang diperoleh sesuai dengan kesimpulan. 

 5) Perubahan kalimat dan pengembangan paragraf dalam teks berita acara observasi dengan cara menelaah hasil surat.

Guys kamu juga bisa lo, mendownload rangkuman materi pelajaran lainnya di Kampusimpian.com, tenang aja guys di Kampus impian kita sudah membuat Rangkuman mata pelajaran Kelas 10 Lengkap.

Back to top button