close

Rangkuman Materi PAI Kelas 7 Bab 6 Kurikulum Merdeka

Berikut ini adalah Rangkuman Materi PAI Kelas 7 tentang Bab 6 Alam Semesta Sebagai Tanda Kekuasaan Allah Swt. Kami banyak membagikan rangkuman materi mata pelajaran dari kelas 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10 11, dan 12. Kami juga akan terus memperbaharui ringkasan untuk Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013. Silakan lihat Rangkuman Materi PAI Kelas 7 Lengkap, untuk melihat semua materi yang telah kami rangkum.

Bab 6 Alam Semesta Sebagai Tanda Kekuasaan Allah Swt

Dapatkan update rangkuman materi sekolah gratis dari Kampusimpian.com. Dengan bergabung di Grup Telegram “Rangkuman Materi Sekolah”, caranya klik link https://t.me/rangkumandansoal

Q.S. al-Anbiyā’/21: 30 dan Kandungannya

“Apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwa langit dan bumi dulunya adalah bersatu, kemudian Kami pisahkan keduanya? Dan Kami jadikan segala sesuatu yang hidup dari air. Mengapakah mereka masih tidak beriman?” (Q.S. al-Anbiyā’/21: 30)

Ayat ini menyoroti ketidaktahuan orang-orang musyrik Mekah akan tanda-tanda alam. Mereka tidak pernah memperhatikan atau merenungkan penciptaan alam semesta, yang seharusnya menguatkan kepercayaan kepada Allah. Ayat ini mengacu pada awal alam semesta yang padu, kemudian terpisah, mengaitkan konsep ini dengan teori Big Bang. Air juga disebut sebagai sumber kehidupan. Pesan terakhirnya menegaskan betapa perbuatan orang kafir bertentangan dengan kekuasaan Allah.

Q.S. al-A’rāf/7: 54 dan Kandungannya

“Sungguh, Tuhanmu adalah Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas Arsy. Dia mengatur pergantian malam dan siang yang mengikuti dengan cepat. Dia menciptakan matahari, bulan, dan bintang-bintang, semuanya tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, segala penciptaan dan urusan adalah hak-Nya. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.” (Q.S. al-A’rāf/7: 54)

Ayat ini menjelaskan penciptaan langit dan bumi oleh Allah dalam enam masa. Dia adalah Penguasa yang bersemayam di atas Arsy, mengendalikan pergantian malam dan siang dengan cepat. Matahari, bulan, dan bintang-bintang juga tunduk kepada-Nya. Pesan yang diambil dari ayat ini adalah bahwa Allah-lah pencipta dan pengatur seluruh alam semesta.

Pesan Nabi Muhammad tentang Ilmu Pengetahuan

Nabi Muhammad mengajarkan pentingnya menuntut ilmu. Beliau bersabda bahwa menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap Muslim. Bahkan, menuntut ilmu akan memudahkan jalan menuju surga. Beliau mendorong orang untuk menjadi pandai, pembelajar, pendengar, atau mereka yang cinta ilmu. Pesan ini menunjukkan betapa pentingnya ilmu dalam pandangan Nabi.

Nilai-Nilai dari Penciptaan Alam Semesta

Penciptaan dan pengaturan alam semesta mengandung nilai-nilai seperti kecerdasan intelektual, ketakwaan, keajaiban Al-Qur’an yang terkait dengan ilmu pengetahuan, keimanan, penghargaan pada ciptaan Allah, dan tanggung jawab terhadap lingkungan. Penciptaan alam semesta mengajarkan tentang kebesaran dan kekuasaan Allah serta memberikan dorongan untuk menggali ilmu pengetahuan.

Menerapkan Hukum Bacaan Gunnah

Dalam membaca Al-Qur’an, diperlukan pemahaman dan penggunaan aturan tajwid, termasuk hukum bacaan gunnah. Hukum ini berkaitan dengan pengucapan huruf nun atau mim bertasydid dengan dengung panjang selama 2 harakat. Setiap kali huruf tersebut muncul, cara membacanya adalah dengan mendengungkan nun atau mim bertasydid itu.

Download PDF

Rangkuman PAI Kelas 7 Bab 6 Alam Semesta Sebagai Tanda Kekuasaan Allah Swt..pdf
Kampusimpian.com
Jika tidak terdownload otomatis silahkan klik Download Ulang. Dan jika link rusak silahkan lapor melalui halaman Contact Us.

Rangkuman Lain

Back to top button

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Silakan untuk Menonaktifkan Adblocker ya, agar bisa mengakses semua layanan ini secara gratis!