close

Rata Rata Nilai UTBK ITB Untuk Lolos SNBT 2024 – 2025

Berikut ini kami bagikan Daftar Nilai UTBK Rata Rata Untuk Lolos di SNBT ITB 2024 – 2025. Institut Teknologi Bandung, atau yang lebih dikenal dengan singkatan ITB, yang juga ditulis dalam aksara Sunda sebagai ᮄᮔ᮪ᮞ᮪ᮒᮤᮒᮥᮒ᮪ ᮒᮦᮊ᮪ᮔᮧᮜᮧᮌᮤ ᮘᮔ᮪ᮓᮥᮀ, merupakan sebuah lembaga pendidikan tinggi negeri yang berlokasi di Kota Bandung. 

Nama ITB resmi diumumkan pada tanggal 2 Maret 1959. Sejak tanggal 14 Oktober 2013, status ITB telah berubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH), memberikan kewenangan otonomi dalam mengelola aspek akademik dan nonakademik.

Saat ini, ITB telah memiliki 27 program studi yang meraih akreditasi internasional, dengan sebelas program studi diantaranya diakui oleh ABET dan sebelas lainnya oleh ASIIN.

Join Group Telegram untuk Informasi Terupdate Seputar SNBT dan UTBK Setiap Harinya di https://t.me/kampusimpiancom

Sekilas Tentang ITB

Lokasi kampus utama ITB saat ini menjadi tempat berdirinya sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia[note 4] dan juga merupakan lembaga pendidikan tinggi pertama di Hindia Belanda[note 5]. Meskipun institusi pendidikan tinggi awal yang menjadi cikal bakal ITB memiliki ciri khas dan tujuan masing-masing, semua telah memberikan dampak yang berkontribusi pada perkembangan yang mengarah kepada pendirian ITB.

Jejak sejarah Institut Teknologi Bandung (ITB) dimulai pada awal abad ke-20, berkat upaya dari masyarakat dan penguasa saat itu. Pendirian ITB awalnya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga teknik yang sulit dipenuhi akibat terputusnya hubungan antara Belanda dan wilayah jajahannya di Nusantara, akibat dari Perang Dunia Pertama. Pada tanggal 3 Juli 1920, didirikan Technische Hoogeschool te Bandoeng (sering disingkat sebagai TH te Bandoeng, TH Bandung, atau THS), yang menjadi sekolah tinggi pertama di Hindia Belanda[note 6]. Pada awalnya, TH Bandung hanya memiliki satu fakultas bernama de Faculteit van Technische Wetenschap yang terdiri dari satu bagian, yaitu de afdeeling der Weg- en Waterbouwkunde. Kampus ITB juga menjadi tempat di mana presiden pertama Indonesia, Soekarno, memperoleh gelar insinyurnya di bidang Teknik Sipil.

Pada tanggal 2 Maret 1959, didorong oleh ide dan keyakinan yang bersumber dari semangat perjuangan Kemerdekaan serta pandangan ke masa depan, Pemerintah Indonesia secara resmi mendirikan Institut Teknologi di Kota Bandung berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 1959 tentang Pendirian Institut Teknologi (tercantum dalam Lembaran Negara Tahun 1959 Nomor 9 dan Tambahan Lembaran Negara Nomor 1733), yang dikeluarkan pada tanggal 28 Februari 1959. Kepemimpinan Institut Teknologi ini (sesuai Pasal 4) dipegang oleh Presiden dari lembaga tersebut, dan institusi ini memiliki status hukum yang setara dengan sebuah Universitas. Pada awalnya, institusi ini terdiri dari departemen ilmu teknik, departemen ilmu pasti dan ilmu alam, serta departemen ilmu kimia dan ilmu hayat (sesuai Pasal 1 dan Pasal 2), di mana departemen pada saat itu setara dengan Fakultas. Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Pasti serta Ilmu Alam dari Universitas Indonesia secara resmi memisahkan diri (sesuai Pasal 3) untuk membentuk Institut Teknologi Bandung (ITB). Acara peresmiannya dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Soekarno.

UTBK SNBT ITB

Apa yang dimaksud dengan SNBT? SNBT merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Tes. Ini adalah sebuah metode seleksi untuk masuk perguruan tinggi negeri yang diterapkan di Indonesia. SNBT menggunakan tes ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) serta mungkin juga mempertimbangkan kriteria yang ditetapkan oleh perguruan tinggi negeri (PTN). SNBT berfungsi sebagai pengganti SBMPTN mulai tahun 2023.

Dalam konteks Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), calon mahasiswa dinilai terutama berdasarkan hasil UTBK dan kriteria yang ditetapkan oleh PTN. Setiap siswa berhak mendaftar dengan syarat-syarat yang telah ditetapkan untuk UTBK-SNBT.

Materi UTBK ITB

  1. Tes Potensi Skolastik (TPS): digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk mencapai kesuksesan dalam lingkungan pendidikan formal, terutama di jenjang pendidikan tinggi. Ujian ini akan menilai berbagai aspek, termasuk kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pemahaman umum, serta keterampilan dalam memahami teks dan menulis. Dalam bagian kemampuan kuantitatif, materi yang diuji mencakup pemahaman dasar matematika.
  2.  Kemampuan berbahasa dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris: Ujian ini bertujuan untuk menilai kemampuan seseorang dalam memahami, menggunakan, mengevaluasi, dan merenungkan berbagai jenis teks untuk mengatasi tantangan dan untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai anggota masyarakat Indonesia dan masyarakat global, agar mampu memberikan kontribusi yang produktif.
  3. Penalaran Matematika: Bagian ini akan mengukur kemampuan individu dalam berpikir menggunakan konsep matematika, prosedur, fakta, dan alat untuk mengatasi masalah sehari-hari dalam berbagai situasi yang relevan baik dalam konteks sebagai warga negara Indonesia maupun sebagai anggota masyarakat global.

Cara Daftar UTBK ITB

Secara keseluruhan, prosedur pendaftaran untuk UTBK-SNBT ITB dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Mendaftarkan Akun SNBT. Semua calon pendaftar UTBK-SNBT diwajibkan untuk melakukan registrasi menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Tanggal Lahir melalui situs web https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.
  2. Masuk (Login). Setelah mendaftar, calon peserta harus masuk menggunakan akun SNPMB yang telah dibuat di https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.
  3. Verifikasi dan Validasi Data. Di dalam akun, calon peserta harus mengisi dan melengkapi informasi pribadi, mengunggah pas foto terbaru berwarna, melakukan verifikasi data diri, serta mengunduh dan mengunggah pernyataan untuk calon peserta tuna netra atau dengan gangguan penglihatan rendah.
  4. Pendaftaran UTBK-SNBT. Pada langkah ini, Silahkan pilih Program Studi ITB yang diminati, mengunggah portofolio yang diperlukan, memilih Pusat UTBK di perguruan tinggi negeri yang dituju, dan mendapatkan Slip Pembayaran Biaya UTBK.
  5. Pembayaran. Instruksi mengenai pembayaran akan diumumkan kemudian.
  6. Pencetakan Kartu Peserta UTBK-SNBT. Calon peserta harus masuk ke laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id, memilih menu pendaftaran UTBK-SNBT, dan mengunduh Kartu Peserta UTBK.

Catatan: Pastikan untuk selalu mengikuti instruksi dan jadwal yang diberikan oleh pihak penyelenggara dalam proses pendaftaran ini.

Rata Rata Nilai UTBK ITB Semua Jurusan

Kamu dapat mengecek nilai UTBK untuk masing-masing Prodi yang ada di ITB, pada data tabel berikut ini. Masukan nama jurusan yang ingin kamu cek nilai utbknya.

JURUSAN ITBDAYA TAMPUNG 2023NILAI UTBK
SEKOLAH FARMASI (SF)56633,46
SEKOLAH ILMU & TEKNO. HAYATI – PROG. SAINS69603,70
SEKOLAH TEKNIK ELEKTRO DAN INFORMATIKA (STEI) – KOMPUTASI110687,18
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI (FTI) – KAMPUS JATINANGOR40629,81
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI (FTI) – KAMPUS CIREBON20601,28
FMIPA-MATEMATIKA56632,35
SEK. ARSITEKTUR, PERENC & PENGEMB KEBIJAKAN64654,54
SEKOLAH ILMU & TEKNO HAYATI – PROG REKAYASA101616,56
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI (FTI) – KAMPUS GANESA122657,27
FAKULTAS ILMU DAN TEKNOLOGI KEBUMIAN (FITB) – KAMPUS CIREBON20587,36
FMIPA-ILMU PENGETAHUAN ALAM91615,52
FAK. TEKNIK PERTAMB. & PERMINYAKAN (FTTM)125686,23
FAK. TEKNIK PERTAMB. & PERMINYAKAN (FTTM) – KAMPUS CIREBON48630,00
FAKULTAS TEKNIK MESIN & DIRGANTARA (FTMD)107643,55
SEK. ARSITEKTUR, PERENC & PENGEMB KEBIJAKAN (SAPPK) – KAMPUS CIREBON20598,77
FAKULTAS SENIRUPA DAN DESAIN (FSRD)171675,42
SEKOLAH TEKNIK ELEKTRO DAN INFORMATIKA (STEI) – REKAYASA99636,04
FAK. ILMU DAN TEKNOLOGI KEBUMIAN (FITB)150638,76
FAKULTAS TEKNIK SIPIL & LINGKUNGAN (FTSL) – KAMPUS GANESA134642,28
SEKOLAH BISNIS DAN MANAJEMEN (SBM)84683,23
FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN LINGKUNGAN (FTSL) – KAMPUS JATINANGOR40613,52
FAKULTAS SENIRUPA DAN DESAIN (FSRD) – KAMPUS CIREBON28585,18

Cara Menghitung Nilai UTBK ITB

  1. Jumlahkan nilai dari keempat subtes Tes Potensi Skolastik (TPS): Tes Penalaran Umum (TPU), Tes Pengetahuan dan Pemahaman Umum (TPPU),
  2. Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM), Tes Pengetahuan Kuantitatif (TPK).
  3. Selanjutnya, jumlahkan juga nilai dari tiga subtes Literasi dalam Bahasa Indonesia, Literasi dalam Bahasa Inggris, serta Tes Penalaran Matematika.
  4. Gabungkan hasil penjumlahan kedua kelompok subtes tadi, lalu bagi hasilnya dengan angka 2.
  5. Hasil dari pembagian tersebut adalah skor rata-rata UTBK.

Tips Lolos UTBK SNBT ITB

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat membantu Kamu untuk lolos dalam UTBK-SNBT ITB:

  1. Pahami Format dan Materi Ujian:Kenali format ujian UTBK-SNBT ITB, termasuk jenis soal dan materi yang akan diuji. UTBK-SNBT ITB meliputi Tes Kemampuan Kognitif (TKK), Tes Kemampuan Saintifik (TKS), dan Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI).
  2. Belajar Secara Teratur: Buatlah jadwal belajar yang teratur dan konsisten. Alokasikan waktu untuk setiap bagian materi yang akan diuji. Hindari belajar mendadak dan lakukan revisi secara berkala.
  3. Gunakan Materi Referensi: Manfaatkan buku panduan, materi pembelajaran online, dan sumber-sumber lain yang relevan dengan materi ujian. Pastikan Kamu memahami konsep-konsep dasar dan penerapan dalam soal-soal ujian.
  4. Latihan Soal: Lakukan latihan soal UTBK-SNBT ITB dari tahun-tahun sebelumnya. Ini akan membantu Kamu untuk mengenali jenis soal, meningkatkan kecepatan dan ketepatan dalam mengerjakan, serta mengidentifikasi area-area yang perlu ditingkatkan.
  5. Simulasi Ujian: Cobalah untuk melakukan simulasi ujian dengan kondisi sebenarnya. Waktu yang diberikan dalam ujian terbatas, jadi latihan simulasi akan membantu Kamu mengelola waktu dengan lebih efektif.
  6. Focus on Problem-Solving: Banyak soal ujian yang menguji kemampuan pemecahan masalah dan logika. Latih kemampuan ini dengan berlatih mengerjakan berbagai jenis soal.
  7. Perhatikan Waktu:Keterampilan mengelola waktu sangat penting dalam UTBK-SNBT ITB. Jika Kamu menemui kesulitan pada suatu soal, lebih baik lanjutkan ke soal berikutnya dan kembali ke soal yang sulit tersebut jika masih ada waktu tersisa.
  8. Beristirahat Cukup: Jangan lupakan istirahat yang cukup selama proses belajar dan menjelang ujian. Kondisi fisik dan mental yang baik akan membantu Kamu dalam konsentrasi dan kinerja ujian.
  9. Pahami Petunjuk Ujian: Sebelum ujian dimulai, luangkan waktu untuk membaca dan memahami petunjuk dengan seksama. Pastikan Kamu tahu cara menjawab soal dan tata tertib selama ujian.
  10. Tetap Tenang: Jaga ketenangan saat mengerjakan ujian. Jika menemui soal yang sulit, tetap tenang dan coba fokus pada solusi. Panik hanya akan mengganggu konsentrasi Kamu.
  11. Pantau Pengumuman dan Jadwal: Pastikan Kamu selalu memantau pengumuman dan jadwal terkait UTBK-SNBT ITB. Persiapkan semua persyaratan yang diperlukan untuk pendaftaran.
  12. Ingatlah bahwa persiapan yang baik, disiplin, dan kemauan keras untuk belajar adalah kunci keberhasilan dalam lolos UTBK-SNBT ITB.

Disclaimer: Nilai UTBK yang kami bagikan ini adalah sifatnya adalah prediksi, PTN manapun tidak pernah mempublikasikan nilai UTBK secara langsung. Data dihasilkan dari analisis dan sebagian dari hasil survei ke peserta yang pernah lolos di SNBT ITB tahun sebelumnya. Silakan gunakan data nilai UTBK ITB ini dengan bijak ya!

Semoga informasi ini bermanfaat dan memberikan gambaran kepada Kamu, nilai utbk yang berpeluang lolos di UTBK SNBT ITB 2024!

Show More
Back to top button