close

Passing Grade ITB dan Kuota Diterima Terbaru 2024 – 2025

Berikut ini kami bagikan Passing Grade ITB dan Kuota Diterima Terbaru 2024 – 2025. Kami banyak membagikan informasi terupdate seputar SNBP, SNBT  di kampusimpian.com, ini akan membantu kamu dalam mengikuti seleksi masuk PTN tahun ini ataupun yang akan datang. Kamu juga dapat mengecek beberapa informasi lain seperti Rata Rata Nilai Raport SNBP dan Nilai UTBK Untuk Lolos SNBT pada seleksi 2024 – 2025.

Institut Teknologi Bandung, atau yang lebih dikenal dengan singkatan ITB, yang juga ditulis dalam aksara Sunda sebagai ᮄᮔ᮪ᮞ᮪ᮒᮤᮒᮥᮒ᮪ ᮒᮦᮊ᮪ᮔᮧᮜᮧᮌᮤ ᮘᮔ᮪ᮓᮥᮀ, merupakan sebuah lembaga pendidikan tinggi negeri yang berlokasi di Kota Bandung. 

Nama ITB resmi diumumkan pada tanggal 2 Maret 1959. Sejak tanggal 14 Oktober 2013, status ITB telah berubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH), memberikan kewenangan otonomi dalam mengelola aspek akademik dan nonakademik.

Saat ini, ITB telah memiliki 27 program studi yang meraih akreditasi internasional, dengan sebelas program studi diantaranya diakui oleh ABET dan sebelas lainnya oleh ASIIN.

Passing Grade ITB

Join Group Telegram untuk Informasi Terupdate Seputar SNBT dan UTBK Setiap Harinya di https://t.me/kampusimpiancom

Lokasi kampus utama ITB saat ini menjadi tempat berdirinya sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia[note 4] dan juga merupakan lembaga pendidikan tinggi pertama di Hindia Belanda[note 5]. Meskipun institusi pendidikan tinggi awal yang menjadi cikal bakal ITB memiliki ciri khas dan tujuan masing-masing, semua telah memberikan dampak yang berkontribusi pada perkembangan yang mengarah kepada pendirian ITB.

Jejak sejarah Institut Teknologi Bandung (ITB) dimulai pada awal abad ke-20, berkat upaya dari masyarakat dan penguasa saat itu. Pendirian ITB awalnya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga teknik yang sulit dipenuhi akibat terputusnya hubungan antara Belanda dan wilayah jajahannya di Nusantara, akibat dari Perang Dunia Pertama. Pada tanggal 3 Juli 1920, didirikan Technische Hoogeschool te Bandoeng (sering disingkat sebagai TH te Bandoeng, TH Bandung, atau THS), yang menjadi sekolah tinggi pertama di Hindia Belanda[note 6]. Pada awalnya, TH Bandung hanya memiliki satu fakultas bernama de Faculteit van Technische Wetenschap yang terdiri dari satu bagian, yaitu de afdeeling der Weg- en Waterbouwkunde. Kampus ITB juga menjadi tempat di mana presiden pertama Indonesia, Soekarno, memperoleh gelar insinyurnya di bidang Teknik Sipil.

Pada tanggal 2 Maret 1959, didorong oleh ide dan keyakinan yang bersumber dari semangat perjuangan Kemerdekaan serta pandangan ke masa depan, Pemerintah Indonesia secara resmi mendirikan Institut Teknologi di Kota Bandung berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 1959 tentang Pendirian Institut Teknologi (tercantum dalam Lembaran Negara Tahun 1959 Nomor 9 dan Tambahan Lembaran Negara Nomor 1733), yang dikeluarkan pada tanggal 28 Februari 1959. Kepemimpinan Institut Teknologi ini (sesuai Pasal 4) dipegang oleh Presiden dari lembaga tersebut, dan institusi ini memiliki status hukum yang setara dengan sebuah Universitas. Pada awalnya, institusi ini terdiri dari departemen ilmu teknik, departemen ilmu pasti dan ilmu alam, serta departemen ilmu kimia dan ilmu hayat (sesuai Pasal 1 dan Pasal 2), di mana departemen pada saat itu setara dengan Fakultas. Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Pasti serta Ilmu Alam dari Universitas Indonesia secara resmi memisahkan diri (sesuai Pasal 3) untuk membentuk Institut Teknologi Bandung (ITB). Acara peresmiannya dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Soekarno.

Apa Itu Passing Grade?

Ketika pendaftaran perguruan tinggi negeri dibuka, konsep “passing grade” menjadi sangat penting dalam proses seleksi. Passing grade adalah nilai ambang yang ditentukan sebagai acuan bagi calon mahasiswa yang ingin diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Biasanya, passing grade merupakan nilai minimum yang dibutuhkan. Nilai ini mencerminkan tingkat persaingan di program studi tersebut, dimana semakin tinggi angka passing grade, semakin kompetitif program studi tersebut. Oleh karena itu, kamu harus mencapai atau melebihi nilai minimum ini agar bisa diterima di PTN impianmu. Beberapa fakta penting tentang passing grade adalah:

  1. Perubahan Tahunan: Setiap tahun, nilai daya tampung dan passing grade di setiap kampus dapat berubah. Informasi mengenai passing grade atau daya tampung yang kamu peroleh berasal dari seleksi tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh variasi jumlah pendaftar, kualitas pendaftar, dan kebijakan kampus.
  2. Bukan Penilaian Mutlak: Meskipun passing grade memberikan indikasi, kamu sebaiknya tidak menggunakannya sebagai satu-satunya tolok ukur dalam memilih kualitas universitas atau program studi. Nilai passing grade yang rendah tidak selalu mengindikasikan kualitas yang buruk. Untuk menilai kualitas kampus dan program studi, kamu bisa melihat akreditasi yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).
  3. Informasi Tidak Resmi: Perguruan tinggi dan lembaga pemerintah biasanya tidak merilis passing grade secara resmi. Informasi yang disediakan oleh PTN hanya berupa persentase penerimaan, yaitu perbandingan antara jumlah pendaftar yang diterima dengan jumlah yang mendaftar secara keseluruhan.

Baca Juga: Rata Rata Nilai Raport SNBP ITB

Analisis  Passing Grade ITB

  1. Kapasitas: Jurusan dengan kapasitas mahasiswa yang lebih besar biasanya memiliki passing grade yang lebih rendah daripada jurusan dengan kapasitas yang lebih kecil.
  2. Popularitas: Jurusan yang sangat populer biasanya memiliki passing grade yang lebih tinggi karena persaingannya lebih ketat.

Passing Grade Jalur SNBP ITB

Baca Juga: Daya Tampung dan Peminat SNBP ITB

Passing Grade Jalur SNBT ITB

Baca Juga: Daya Tampung dan Peminat SNBT ITB 

Tips Sebelum Memilih Jurusan di Semua Jalur Masuk ITB 

Memilih jurusan di  jalur SNBP ataupun SNBT ITB (Institut Teknologi Bandung) merupakan keputusan penting yang akan berdampak pada masa depan Kamu. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu Kamu dalam memilih jurusan:

Kenali Diri Sendiri

  1. Minat dan Bakat: Pilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat Kamu, bukan karena tekanan dari orang lain.
  2. Kecocokan Karakter: Pertimbangkan juga apakah karakter dan kepribadian Kamu cocok dengan jurusan yang dipilih.

Pelajari Jurusan dan Prospek Kerja

  1. Kurikulum: Pelajari materi atau kurikulum yang diajarkan di jurusan tersebut.
  2. Prospek Kerja: Cari tahu prospek kerja dari jurusan yang diminati, termasuk gaji, lapangan kerja, dan kesempatan untuk karier.
  3. Relevansi dengan Kebutuhan Masa Depan: Pertimbangkan juga apakah jurusan tersebut akan tetap relevan di masa depan.

Informasi dari Orang dalam

  1. Konsultasi dengan Senior atau Alumni yang ada di ITB : Kamu bisa mendapatkan wawasan yang lebih mendalam tentang jurusan tersebut dari mereka yang sudah mengalaminya.
  2. Kunjungi Kampus ITB: Jika memungkinkan, kunjungi kampus dan fakultas terkait untuk mendapatkan gambaran langsung.

Faktor Praktis

  1. Lokasi: Pertimbangkan juga lokasi kampus, apakah Kamu ingin tinggal dekat dengan keluarga atau siap untuk merantau.
  2. Biaya: Beberapa jurusan memiliki biaya kuliah yang lebih tinggi daripada yang lain. Pastikan Kamu atau keluarga Kamu siap untuk membiayainya.
  3. Fasilitas: Cek juga fasilitas yang ditawarkan oleh jurusan tersebut, seperti laboratorium, perpustakaan, atau fasilitas penelitian.

Pertimbangkan Beberapa Pilihan

  1. Opsi Pertama dan Kedua: Biasanya, Kamu akan diminta untuk memilih lebih dari satu pilihan jurusan. Pastikan pilihan kedua atau ketiga Kamu juga adalah jurusan yang Kamu minati.
  2. Risiko dan Peluang: Pertimbangkan peluang Kamu untuk diterima di masing-masing jurusan berdasarkan persyaratan dan tingkat kompetisi.

Luangkan Waktu untuk Berpikir

Setelah mengumpulkan semua informasi, luangkan waktu untuk merenung dan mempertimbangkan semua pilihan Kamu sebelum membuat keputusan.

Memilih jurusan di ITB adalah keputusan besar, jadi pastikan Kamu telah mempertimbangkannya dengan matang. Semoga tips ini dapat membantu Kamu!

Baca Juga: Rata Rata Nilai UTBK ITB Untuk Lolos SNBT

Passing Grade PTN Lainnya

  1. Passing Grade UNJ
  2. Passing Grade UI 
  3. Passing Grade UNILA
  4. Passing Grade ITERA
  5. Passing Grade UBB

Info Kampus Lainnya

Back to top button

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Silakan untuk Menonaktifkan Adblocker ya, agar bisa mengakses semua layanan ini secara gratis!