TipsTips Sehat

Ubah Sibuk Jadi Produktif dan Sehat Mental

Tau gak sih kalau sibuk dan produktif itu suatu hal yang berbeda? Apa sih yg menyebabkan perbedaannya? Tidak ada definisi khusus tentang sibuk dan produktif. Tapi intinya sibuk itu terjadi ketika kamu mengerjakan segala sesuatu tapi merasa gak terarah, hal ini membuat kamu tidak merasakan maksimal dalam progres yang kamu lakukan dan cuma dapat capek nya aja. Berbeda dengan produktif, kalau produktif pekerjaan kamu lebih terarah karena kamu fokus sama target yang ingin kamu raih dihari itu atau apa yang ingin kamu kerjakan dihari itu. Karena sudah ada target dan tujuan yang jelas kamu bisa merasakan progres dihari itu gimana apakah hasilnya sudah sesuai atau belum, tentunya hal ini akan membuat kamu lebih sehat secara mental juga.

Baca Juga: Tips Mengatasi Kesepian dan Cemas pada Diri Kamu


Pasalnya, seseorang yang produktif cenderung mengerjakan tugas-tugasnya secara mendalam dengan hasil yang terus meningkat. Sedangkan seseorang yang sibuk cenderung mengerjakan banyak hal dalam satu waktu namun hanya di permukaannya saja, sehingga hasil yang didapat pun tidak maksimal. Bahkan, seseorang yang sibuk seringkali memiliki sederet to do lists tapi hanya beberapa yang berhasil dikerjakan dengan tuntas. Jika kebiasaan seperti ini terus berlangsung, kita akan selalu berdalih “terlalu sibuk untuk melakukan pekerjaan yang lain” dan menyebabkan diri kita menjadi tidak produktif. Lantas, bagaimana caranya agar kita menjadi pribadi yang produktif?
Nah kamu bisa mengubah sibukmu menjadi produktif dengan cara berikut ini.

1. Kamu perlu sadar dulu sama apa aja yang mau kamu kerjain hari ini

Misalnya sehari ini kamu mau bikin tugas kuliah, karena tugas kuliahnya banyak kamu bisa tentuin tuh mau ngerjain berapa dulu hari ini atau tugas mata kuliah mana yang deadlinenya udah dekat. Dengan menentukan apa yang mau kamu lakukan sendiri, kamu jadi dapat gambaran gimana ngerjainnya lebih jelas dan terarah.

2. Buat prioritas hal yang mau kamu lakukan


Kalau kamu merasa melakukan banyak hal dalam bersamaan ini relate banget sih, kalau kita lagi stress biasanya kita merasa semua hal yang harus kita kerjain penting dan urgent buat dikerjain. Padahal ada beberapa yang bisa kamu prioritaskan dan ada juga yang bisa kamu kerjakan nanti aja gitu. Kamu bisa metain apa aja yang kamu kerjain dan mana yang menurut kamu penting yang harus dikerjakan sekarang atau mana yang pekerjaan penting tapi bisa kamu kerjakan dilain waktu. Dengan bikin pemetaan seperti itu kamu bisa menjalankan keseharian kamu dengan lebih santai.

3. Coba untuk mengurangi multitasking


Kamu bisa mencoba untuk kurangi multitasking atau mengerjakan beberapa hal dalam waktu bersamaan, karena pada dasarnya manusia adalah multitasker yang buruk. Misalnya waktu kita mengerjakan dua hal secara bersamaan kemampuan konsentrasi dan fokus jadi berkurang karena fokus kita pasti terbagi dan alhasil malah gak dapat dua-duanya. Berbagi fokus akan membuat pekerjaan kita jadi gak maksimal, lebih baik fokus ke pekerjaan satu aja dulu.
Nah ketiga cara ini bisa kamu praktekkan biar hidup kamu gak sibuk dan lebih produktif dari pada sekarang. Untuk menjadi produktif pun tidak harus langsung meraih pencapaian besar, tapi bisa dimulai dari hal paling sederhana. Jadi, pastikan diri kamu menjadi pribadi yang produktif dan bukan hanya sibuk, ya!

Back to top button
error: