close

2 Tips Agar Kamu Tidak Mudah Baperan

Tahukah kamu? perasaan serta emosional yang dimiliki seseorang berbeda – beda dan  bervariasi setiap orangnya. Namun, ada salah satu sifat perasaan dan emosional yang cukup tidak baik jika berlebihan dimiliki seseorang yaitu, sifat sensitif dan baperan. Seseorang yang memiliki sifat sensitif dan baperan lebih cenderung mudah untuk tersinggung ambil hati karena terlalu berlebihan dalam menanggapi dan memikirkan perkataan ataupun tindakan dari orang lain. Hal ini dapat memicu seseorang tersebut lebih mudah stress, karena tidak bisa mengontrol perasaan dan emosionalnya. Tetapi, sisi baik dari seseorang yang memiliki sifat ini ialah mempunyai rasa empati dan toleransi yang cukup tinggi terhadap orang lain.

Baca Juga: Depresi dan Kurang Iman

Mungkin kamu yang membaca artikel ini salah satunya adalah orang yang sensitif, baperan, dan mudah sekali untuk tersindir dengan komentar – komentar orang diluar sana. Misalnya saja, ada yang berkomentar buruk pada sosial mediamu lalu kamu merasa sangat kesal dan ingin rasanya marah. Tetapi, itu hanyalah hal sepele yang tidak seharusnya dipermasalahkan.

Baca Juga: Tips Mudah Mengubah Pola Pikir Agar Terhindar Dari Kesalahan Berpikir

Jika kamu mempunyai peraasaan kesal dan mudah sekali terganggu dengan suara – suara keras yang ada disekitarmu, merasakan sangat tersindir dengan perkataan orang – orang disekitarmu itu artinya kamu tergolong sebagai salah satu highly sensitive person (HSP). Orang yang memiliki kepribadian seperti ini adalah orang yang memiliki tingkat sensitivitas yang sangat tinggi. Orang yang seperti ini sangat peka terhadap hal – hal apapun itu yang berbau akan memancing sensitivitas dalam dirinya meskipun itu hanya sekedar hal kecil. Sering kali orang yang memilik sensitivitas tinggi ini dijuluki lebay atau baperan.

Baca Juga: Tips Mudah Mengubah Pola Pikir Agar Terhindar Dari Kesalahan Berpikir

Hal apapun akan menimbulkan bahaya jika terlalu berlebihan, termasuk rasa sensitif ini yang jika dialami seseorang sudah secara berlebihan maka akan berbahaya karena sudah menjadi over sensitif. Jikalau kamu sudah menjadi over sensitif maka, kamu akan memikirkan apapun yang orang sekitarmu katakan atau lakukan yang pada dasarnya belum tentu berkaitan denganmu dan bahkan sama sekali tidak ada sangkutannya denganmu.

Pada artikel kali ini terdapat dua prinsip untuk menyikapi sifat sensitif yang berlebihan ini.

1. Jangan Terlalu Peduli Banyak Hal

Pada prinsip yang pertama ini berasal dari buku seorang penulis yang berjudul ‘Filosofi Teras’ yang mana pada buku tersebut prinsip ini berdasarkan filsafat stoicism atau stoa. Pada prinsip ini bermaknakan bahwa disaat kamu menemui suatu perlakuan atau perkataan dari luar, kamu harus bisa menentukan kamu harus bersikap bagaimana. Misal, ada seseorang yang menyindir penampilanmu dan menegur kamu bahwa kamu bepakaian tidak layak. Nah, pada saat ini kamu harus memilah, apakah penting untuk ditanggapi atau hanya cukup didengarkan tetapi abaikan saja dan tidak perlu ambil tindakan lebih dan pikirkan hal yang lebih penting dari pada komentar orang yang tidak ada gunanya.

Jika kamu terlalu peduli dan memikirkan perkataan orang yang menyindirmu, itu hanya akan membuat hidupmu tidak fokus karena kamu terlalu peduli banyak hal tidak penting sama sekali. Banyak hal yang lebih penting dan lebih layak untuk mendapat peduli darimu, karena hidupmu bukan hanya tentang komentar – komentar orang disekitarmu. Kamu lebih baik peduli akan hal yang lebih berkaitan dengan hidup dan masa depanmu.

2. Pandang Highly Sensitive Person Sebagai Hal Yang Menguntungkan

Pada prinsip yang kedua ini didapat dari seorang psikolog Elaine Aaron dalam bukunya yang berjudul ‘Highly Sensitive Person’. Yang dimaksudkan memandang sensitivitas tinggi sebagai suatu hal yang menguntungkan adalah orang yang memiliki sensitivitas tinggi ini lebih unggul dari yang lainnya karena memiiliki sifat yang lebih peka dan bertoleransi tinggi pada orang sekitarnya. Kalau kamu memiliki suatu kesalaha atau terjadi suatu hal yang janggal dalam hubunganmu dengan teman atau pacar, kamu bisa menjadi lebih peka akan hal itu dan kamu bisa ambil tindakan lebih dulu untuk mengatasinya. Yap, inilah hal yang istimewa dari sosok yang sensitif, maka tidak ada salah jika memiliki sifat sensitif hanya saja jangan terlalu berlebihan.

Nah, overall itulah tips agar kamu tidak terlalu berlebihan dalam bersikap sensitiv dan baperan.

Semoga Bermanfaat, Arigatou.

Back to top button

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Silakan untuk Menonaktifkan Adblocker ya, agar bisa mengakses semua layanan ini secara gratis!